alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Donny Imam Priambodo: Hoax Bisa Dibasmi dengan Literasi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbb8dc1d44f9f53758b4567/donny-imam-priambodo-hoax-bisa-dibasmi-dengan-literasi

Donny Imam Priambodo: Hoax Bisa Dibasmi dengan Literasi

Donny Imam Priambodo: Hoax Bisa Dibasmi dengan Literasi
Donny Imam Priambodo: Hoax Bisa Dibasmi dengan Literasi

Jakarta – Menanggapi soal maraknya berita hoax yang menjalar di Indonesia selama beberapa tahun terakhir ini, Donny Imam Priambodo Caleg DPR RI Partai Nasdem Dapil Jateng III memberikan komentarnya. Menurutnya, efek yang ditimbulkan juga memembuat miris. Banyak sekali masyarakat yang percaya begitu saja, sehingga membuat mereka terjebak pada tipu daya hoax.
“Mereka (masyarakat, red) susah membedakan mana berita yang benar, dan mana yang salah. Bahkan, ada beberapa di antara mereka yang dengan penuh kesadaran menganggap semua informasi  yang mereka terima itu benar. Tidak ada upaya filterisasi di situ,” kata Donny pada sebuah kesempatan di kawasan Mampang, Jakarta, Senin (8/10/2018).
Jika persoalan ini terus dibiarkan, lanjutnya, maka tidak menutup kemungkinan pola pikir masyarakat kita akan hilang kritisisme. Jika sudah demikian, maka jangan salahkan masyarakat jika perilaku mereka hanya mau menang sendiri, tidak peduli pada penjelasan orang lain, atau menganggap informasi yang mereka dapatlah yang paling ‘shahih’.

“Saya rasa pangkal dari masalah hoax ini adalah ketidak tahuan. Karenanya, dalam beberapa kali kesempatan saya sering bilang ke masyarakat bahwa untuk melawan informasi hoax, harus melalui upaya cek dan ricek atau tabayun. Sedangkan proses tabayun ini menuntut wawasan serta pengetahuan kita terbuka. Menuntut akal yang sehat,” ujar Donny.
Selain itu, katanya, dari pemerintah tentu harus ada dukungan agar peningkatan wawasan dan pengetahuan masyarakat berjalan lancar. Misalkan dengan mengadakan program atau kegiatan literatif, atau program lain yang dapat memberikan masyarakat pemahaman bahwa setiap informasi itu wajib dikoreksi.
 “Tidak bisa tidak persoalan ini harus diselesaikan. Karena tentu kita sama-sama tidak ingin bangsa ini terkikis hanya karena persoalan hoax. Karenanya, upaya untuk meningkatkan wawasan serta pengetahuan adalah langkah yang saya rasa tidak cukup sulit agar hoax ini bisa dibasmi,” tandasnya. (MN)http://www.plimbi.com/news/172106/donny-imam-priambodo-hoax-bisa-dibasmi-dengan-literasi
Urutan Terlama
terms hoaks mesti diganti, orang kira cuma main-mainan. ganti ama yang lebih dimengerti. ganti hoaks dengan "fitnah", "hasutan", "kabar bohong" apalah yang bisa dicerna dan diartikan sebagai pelanggaran moral, etika dan hukum.

ga bisa dikecilin tulisannya bos?
Kalo hoax nasional gmn


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di