alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Makanan Kampung Jadul yang Sekarang Justru Ngehits Lagi!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbb8643902cfefe318b4585/5-makanan-kampung-jadul-yang-sekarang-justru-ngehits-lagi

5 Makanan Kampung Jadul yang Sekarang Justru Ngehits Lagi!

5 Makanan Kampung Jadul yang Sekarang Justru Ngehits Lagi!

Setiap daerah di Indonesia punya kuliner khasnya sendiri, namun seiring berkembangnya zaman dan inovasi kuliner, beberapa makanan mulai jarang ditemui, bahkan ada yang sudah menghilang. Penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari langkanya bahan baku sampai kesulitan dalan pembuatannya.

Tapi, beberapa makanan ini justru muncul lagi dan masih banyak peminatnya. Kamu termasuk salah satunya gak guys?


1. Papeda
5 Makanan Kampung Jadul yang Sekarang Justru Ngehits Lagi!
Makanan ini aslinya dari Maluku dan Papua. Kalau di sana, dimakannya dengan ikan tongkol atau disebut mubara dengan bumbu kuning. Di Jakarta sih abang-abang yang suka mangkal di sekolahan mengolahnya dengan cara yang berbeda. Biasanya mereka akan menuangkan telur yang sudah dikocok di penggorengan datar. Kemudian mengambil sagu dengan stik dan menggulungnya sehingga berbentuk. 

Gulungan sagu ini diletakkan di atas telur setengah matang yang sudah terbentuk seperti kulit lumpia. Kemudian digulung lagi sehingga gulungan sagu tertutup. Gulungan ini digoreng kembali sampai matang. Selagi hangat dicelupkan ke saos deh atau ditaburi cabe bubuk.

Rasa asalnya sih tawar dengan tekstur lengket seperti lem. Makanan ini cukup bernutrisi karena kaya akan serat dan rendah kolesterol. Jadi coba ya.


2. Dongkal
5 Makanan Kampung Jadul yang Sekarang Justru Ngehits Lagi!
Tiba-tiba saja makanan jadul ini muncul. Makanan sehat sederhana ini terbuat dari tepung beras kukus yang dicampur kelapa dan gula putih, kemudian diikukus kembali. Kalau mau lebih manis lagi ditengah-tengahnya ditambahin gula aren atau gula merah. Atau apa saja yang kamu suka lho guys. Ketika akan disantap lebih enak lagi kalau kamu taburi kelapa parut.

Tau gak guys makanan ini benar benar asli Indonesia lho. Ayo coba ingat lagu almarhum Benyamin Sueb yang ini nih, “Pak pung pak mustape, ade gule di rumahnye. Ade tepung ade kelape, ampas gule aduh enaknye.” Nah cocok banget kan makanan jadul ini dengan lagunya?

Dongkal ini proses pembuatannya mirip kue putu yang berwarna putih juga sih. Tapi jangan salah guys, makanan seperti ini juga ada lho di daerah lain seperti di Sumatera Utara namanya ombus ombus, kohul kohul atau itak itak. Kalau di Jawa Barat namanya Awug. Penyebutannya kedaerahan banget ya. Kalau di daerah kamu apa ya namanya ya. Ada yang tahu?


3. Lupis
5 Makanan Kampung Jadul yang Sekarang Justru Ngehits Lagi!
Makanan ini ada di masyarakat Betawi. Makanan lezat yang berbahan dasar ketan ini ceritanya dulu merupakan makanan raja raja lho. Hanya orang tertentu yang mampu menyediakannya. Biasanya kalau ada acara kenduri atau hajatan.

Cara buatnya mudah sih. Beras ketan di masukkan ke dalam lapisan gulungan daun. Kemudian diikat. Direbus deh selama lebih kurang lima jam. Kalau pake panci presto cukup 2 jam saja. Mudah kan?

Kalau sudah matang dipotong potong, lalu letakkan di piring saji. Taburi kelapa parut, kemudian siram deh dengan kuah gula aren.

Bikin kuah ini juga gampang kok. Larutkan saja gula aren dengan air. Kemudian dimasak hingga berbentuk gula canting atau cairan gula kental. Siap disantap. Hmm lezatnya kue lupis. Kalau di Sumatera Barat dan Sumatera Utara kue lupis ini bentuknya segitiga. Rasanya sama sih dengan yang di Jakarta.


4. Bola Ubi
5 Makanan Kampung Jadul yang Sekarang Justru Ngehits Lagi!
Jajanan berbentuk bola ini tiba tiba saja ngehits lagi. Jajanan ini sudah ada sejak dulu banget lho guys. Ubi dengan berbagai variannya banyak tumbuh di Indonesia. Banyaknya varian ini menyebabkan warna ubi menjadi beraneka. Ada yang warnanya putih, merah, ungu, putih dalamnya ungu, kuning, bahkan pink.

Cara masaknya pun bermacam macam pula. Salah satunya dengan dibuat bentuk bola atau lebih dikenal dengan nama bola bola ubi.

Membuatnya pun cukup mudah lho. Pertama rebus ubi hingga empuk, ulenin rata. Kemudian  campurkan dengan tepung aci atau tapioka dan gula bubuk. Sesudah tercampur merata lalu bentuk deh.

Untuk isiannya terserah kesukaan ya. Mau diisi gula merah boleh. Ini sih selera alami. Diisi keju, cokelat, mesis aneka rasa atau selai juga boleh.

Jangan lupa ketika memasukkan adonan pastikan minyak sudah panas dan adonan tertutup minyak semua biar bola bola mu mengembang sempurna. Angkat deh jika sudah kelihatan berkulit. Siap untuk disantap nih.


5. Kue Cubit
5 Makanan Kampung Jadul yang Sekarang Justru Ngehits Lagi!
Cemilan ini bentuk kue kecil kecil. Konon dulu kalau ingin makannya dengan cara dicubit. Maklum yang makan anak kecil, mungkin karena itu disebut kue cubit ya. Kalau anak gede sih langsung aja utuh dilempar ke mulut. Tekstur kue ini empuk dan lembut. Enaknya dimakan hangat lho.

Cara buatnya pun mudah kok. Adonan dasarnya susu bubuk, tepung terigu segitiga, telur ukuran besar, gula pasir, soda kue, baking powder, mentega/margarin. Lelehkan dulu mentega ini dan biarkan. Ketika membakarnya, agar bentuknya lebih lucu dan menarik, kamu bisa menggunakan cetakan yang unik ya. Untuk topingnya ya terserah selera kamu.

Kue ini kabarnya dari Jakarta lho. Dengan kreasi baru kue cubit yang dulunya dijajakan abang abang kaki lima bermetamorfosis menjadi kue cubit green tea dan sudah naik kelas lho guys.

Selamat mencoba atau kalau males beli aja ya.


Sumber : https://www.idntimes.com/food/dining...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Makanan Kampung Jadul yang Sekarang Justru Ngehits Lagi! 6 Jajanan Jadul Ini Masih Digemari Hingga Sekarang

- 5 Makanan Kampung Jadul yang Sekarang Justru Ngehits Lagi! 6 Mie Instan Ini Laris Manis di Era 90an Murah tapi Bikin Kenyang

- 5 Makanan Kampung Jadul yang Sekarang Justru Ngehits Lagi! Bikin Rindu Yuk Bikin Kue Gabin Tape Cemilan Sederhana di Masa Kecil

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di