alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Waktu Liburan di Jepang, Megawati Kaget Warganya Santai Saat ada Gempa
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbb723ca09a39206a8b4575/waktu-liburan-di-jepang-megawati-kaget-warganya-santai-saat-ada-gempa

Waktu Liburan di Jepang, Megawati Kaget Warganya Santai Saat ada Gempa

Waktu Liburan di Jepang, Megawati Kaget Warganya Santai Saat ada Gempa
Ketua Umum PDIP Megawati saat akan secara ceromonial melepas bantuan untuk korban gempa di Palu dan Donggala. (Gunawan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) Megawati Soekarnoputri menceritakan kisahnya saat mengalami gempa di Jepang. Saat itu, Ia dan keluarganya sedang liburan.

Megawati menuturkan, waktu itu keluarganya ingin makan di sebuah restoran cepat saji, namun tiba-tiba dirinya merasakan gempa bumi. Dia dan keluarga pun panik, namun warga Jepang tampak santai-santai saja.

"‎Anak saya ingin makan McD, kami di situ ada di lantai tiga, tahu-tahu bergoyang-goyang mereka (masyarakat Jepang) duduk saja sambil mengunyah, kita sudah panik banget," ujar Megawati di sela-sela pelepasan bantuan untuk gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, di DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta, Senin (8/10).

Megawati pun lantas bertanya ke rekannya yang ada di Jepang. Dari penjelasan itu didapatkan warga Jepang yang ada di restoran cepat saji tidak panik karena negaranya sudah memiliki peringatan dini. Misalnya ada gempa dengan kekuatan lebih dari 5 skala richter atau. Maka alarm peringatan dini berbunyi.

Sehingga apabila tidak ada alarm yang berbunyi maka gempa tersebut masih kecil, dan tidak perlu panik karena adanya goncangan.

"Jadi seluruh rakyat jepang sudah tahu ada gempa besar dan kecil. Karena jika sudah mendekati skala richter lima pasti ada sirine di seluruh wilayah," katanya.

Oleh sebab itu Megawati pun meminta kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membuat sistem peringatan dini di sejumlah daerah Indonesia. Mencontoh apa yang telah dilakukan oleh Jepang.

"Jadi Pak Jokowi ini mengerti apa yang saya keluhkan. Ini bukan kampanye. Tapi kalau menang segara dibangun ini (sistem early warning)," ungkapnya.

Indonesia menurut Megawati sudah memiliki sistem peringatan dini. Namun tidak diperhatikan perawatannya. Sehingga ketika ada bencana gempa bumi atau tsunami sistem tersebut tidak bekerja.

"Saya sudah bicara ke Presiden bahwa ini tidak bisa selalu terulang karena tidak adanya kewaspadaan dengan sistem peringatan dini," paparnya.

Apalagi, lanjutnya, Indonesia merupakan wilayah yang dikelilingi oleh gunung berapi yang aktif. Sehingga dinamakan ring of fire. Dirinya juga khawatir Provinsi DKI Jakarta masuk dalam wilayah tak aman. Apalagi posisinya tak jauh dari selat Sunda, dan masih ada Gunung Krakatau yang aktif.

"Karena banyak peguningan berapi, yang di bawah laut juga namanya lempeng-lempeng sehingga disebut sesar. Itu pun harus diperhatikan," ujar Megawati.

https://www.jawapos.com/politik/08/1...saat-ada-gempa
Diubah oleh dragonroar
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
mbok mbokane nastak
Mbokkk mbrottt
Quote:
"Saya sudah bicara ke Presiden bahwa ini tidak bisa selalu terulang karena tidak adanya kewaspadaan dengan sistem peringatan dini," paparnya.
Enak banget udah kek ibu sama anak emoticon-Ngakak (S)
mbok mega dah panik..
Diubah oleh wiseman14
Si mbok piye sih.. kalau soal likuifaksi mah rada susah buat tanggapnya atuh.. mo ga panik/kumpul di titik aman juga susah buat selamet..

"gempa mengakibatkan kerusakan besar kota Kobe yang terletak sekitar 20 kilometer dari pusat gempa, karena terjadi likuifaksi. Bencana memakan korban jiwa sebanyak 6.433 orang yang sebagian besar merupakan penduduk kota Kobe."
Diubah oleh khayalan
mklm aja ibarat udah di vaksinasikan kalo orang belum pernah terbiasa wajar pada panik emoticon-Ngakak
Ngarang banget bisa deteksi kekuatan gempa emoticon-Leh Uga
Quote:


What? Ane gagal paham....
Jd selama ini yg pake skala2 ntu apaan?
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Balasan post angopmaksimal
Quote:


Baca n pahami omongan simbahwati
Saat gempa terjadi g ada alarm bla bla bla kalo g diatas 5 sr
Logikanya:
Padahal gempa biasanya cuman terjadi dalam hitungan detik n skalanya baru diitung setelah gempa berhenti. Mana ada ngitung skala gempa saat masih terjadi gempa dan langsung micu alarm gempa dalam hitungan detik saat terjadi gempa emoticon-Leh Uga
Quote:


What? Kekuatan gempa dihitung setelah gempa berhenti?

Dlm 1 detik bisa terjadi guncangan bolak balik berkali2.... Dr goncangan pertama alat pendeteksi udah bisa ukur kekuatan gempanya, bisa dibilang realtime. Mungkin disana langsung konek ke sirene...
Angka skalanya memang di share ke khalayak setelah gempa berhenti, tp sebenernya alat sdh langsung mencatat.

Jd orang jepang ga akan panik ketika ada gempa tp sirene blm bunyi. Artinya blm lewat 5. Dan skala 5 itu ga terlalu kuat, apalagi kl pusat gempanya jauh.
Peringatan tsunami lebih asek lg. Tsunami datang ada jeda 15 - 30 mnt dari gempa.....
Balasan post angopmaksimal
Quote:

Ngukur skala gempa itu ngitung amplitudo
Dari rangkaian amplitudo dari awal sampe akhir, diambil amplitudo tertinggi emoticon-Leh Uga

Quote:


yes utk di tampilkan di berita atau pendataan bmkg.

Kl triger ke sirene ya begitu kesentuh angka 5 langsung bunyi toh......
Kan cm mekanis aja itu....

Emang alarm dipencet manual sama petugas. Ditunggu dulu sampai gempa selesai, dihitung2 tertingginya brp baru pncet tombol?

Sama kayak thermostat aja, tinggal set suhu yg diinginkan begitu kesentuh angka tsb otomatis switchnya bekerja...
Balasan post angopmaksimal
Quote:


Wanjir srmakin ngarang emoticon-Leh Uga
Balasan post masjunaedicakep
Quote:


ya ampun agan ini udah diterangin yg sederhana, gelombang manapun yg nyampek angak 5 otomatis membuat alarm bernyanyi, demikian juga tsunami kalau naik turun lautnya sesuai yg diset bakalan nyanyi juga tapi syaratnya baterainya gak boleh di colong kalau di colong begitu goyang pertama listrik padam ya wasalam gak bisa nyanyi.
mana yg lebih nyesek
1. ditipu janda sekali
atau
2. seumur umur di atur janda
gempa kan dari allah, knp ditakuti...
Quote:


ane ampe bingung njelasinnya gan.
Masa gitu aja ga nangkep logikanya...
emoticon-Embarrassment
warga jepang udah kayak gini
selama lemari belom ambruk masih aman artinya emoticon-Ngacir

Waktu Liburan di Jepang, Megawati Kaget Warganya Santai Saat ada Gempa
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di