alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
7 Cara Ini Bantu Kamu Memperlancar Bicara Bahasa Inggris Tanpa Partner
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbb5a25c1d7709d728b456e/7-cara-ini-bantu-kamu-memperlancar-bicara-bahasa-inggris-tanpa-partner

7 Cara Ini Bantu Kamu Memperlancar Bicara Bahasa Inggris Tanpa Partner

7 Cara Ini Bantu Kamu Memperlancar Bicara Bahasa Inggris Tanpa Partner

Katakanlah kalian sudah mahir menulis dalam bahasa Inggris, sudah hafal ribuan kosakata bahasa Inggris di luar kepala kalian, menulis berbagai macam karya tulis menggunakan bahasa Inggris pun bukan hal yang sukar.

Tapi, ketika kalian mencoba untuk berbicara dalam bahasa Inggris, tidak ada satu katapun yang keluar dari mulut kalian! Semua buku, artikel, aplikasi yang kalian pakai untuk memperlancar kemampuan berbicara kalian dalam bahasa Inggris ternyata tidak membantu sama sekali! Lalu apa yang sebaiknya kalian lakukan?

Salah satu cara terbaik untuk mengasah kemampuan berbicara kalian dalam bahasa Inggris adalah dengan cara mencoba berbincang-bincang dengan native speaker (orang yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya). Lalu bagaimana jika kalian tidak kenal seorangpun native speaker? atau kalian merasa masih kurang percaya diri berbincang-bincang dengan native speaker?

Jangan khawatir! Kalian masih bisa melatih kemampuan berbicara kalian dalam bahasa Inggris tanpa partner berbicara sekalipun! Langsung saja kita bahas cara-caranya! No partner? No problem!


1. Biasakan berpikir dalam bahasa Inggris
7 Cara Ini Bantu Kamu Memperlancar Bicara Bahasa Inggris Tanpa Partner
Jika kalian berpikir dalam bahasa indonesia lalu mencoba berbicara dalam bahasa Inggris, kalian harus selalu menterjemahkan setiap kata yang terpikirkan dalam kepala kalian sebelum kalian ucapkan melalui mulut kalian, cukup sulit bukan? Bahkan orang-orang yang sudah lancar 2 bahasa atau lebih masih kesulitan berbicara setiap kali mereka berganti bahasa.

Solusinya? Biasakan berpikir dalam bahasa Inggris! Kalian bisa melakukan ini kapan saja, dan dimana saja. Mulai sekarang, cobalah gunakan bahasa Inggris untuk berpikir dalam keseharian kalian, misalnya ketika kalian memikirkan kegiatan kalian, ketika sedang memilih menu, atau mungkin ketika kalian sedang memikirkan orang tersayang kalian!

Kalian akan merasakan efeknya, ketika kalian berpikir dalam bahasa Inggris, maka akan lebih mudah pula bagi kalian untuk berbicara dalam bahasa Inggris!


2. Bicara pada dirimu sendiri dalam bahasa Inggris
7 Cara Ini Bantu Kamu Memperlancar Bicara Bahasa Inggris Tanpa Partner
Kapanpun kalian sendirian di rumah, cobalah untuk bicara pada diri kalian sendiri dalam bahasa Inggris, cobalah keluarkan unek-unek yang ada dalam kepala kalian! Ketika kalian lapar, ucapkan dalam bahasa Inggris! ketika karakter favorit kalian mati, lontarkan kekesalan dan kesedihan kalian dalam bahasa Inggris!

Jika kalian merasa semua itu masih kurang, cobalah untuk berbicara di depan cermin, pilihlah sebuah topik dan bicaralah selama kurang lebih 1-3 menit. Dengan berbicara di depan cermin, kalian akan merasa seakan-akan sedang berbicara dengan seseorang, kalian juga bisa memperhatikan gerakan mulut kalian, ekspresi kalian, dan gestur tubuh kalian.


3. Fokus pada kelancaran, bukan pelafalan
7 Cara Ini Bantu Kamu Memperlancar Bicara Bahasa Inggris Tanpa Partner
Seberapa sering kalian tergagap ketika mencoba berbicara menggunakan bahasa Inggris? Berapa lama biasanya kalian berhenti berbicara ketika mencoba memikirkan kata yang tepat?

Semakin sering kalian berhenti ketika berbicara, maka kalian makin terdengar tidak percaya diri dan menjadi kurang nyaman ketika berbicara menggunakan bahasa Inggris! Cobalah latihan cermin diatas, tapi kali ini tantang diri kalian untuk berbicara tanpa berhenti atau terbata-bata selama sesi latihan kalian!

Dan memang mungkin pelafalan kalian akan menjadi sedikit berantakan, tapi hal itu tidak akan menjadi masalah kok. Jika kalian lebih fokus pada kelancaran berbicara ketimbang pelafalan kosakata, ucapan yang keluar dari mulut kalian pasti masih bisa dimengerti. Kalian bisa mencoba memperbaiki pelafalan kosakata kalian nantinya.


4. Coba ucapkan tongue twister
7 Cara Ini Bantu Kamu Memperlancar Bicara Bahasa Inggris Tanpa Partner
Tongue Twister adalah serangkaian kata yang sulit diucapkan dengan cepat. Tongue Twister biasanya tersusun dari beberapa kata yang memiliki cara pelafalan yang sedikit mirip, contohnya seperti : "She sells seashells on the seashore", "A good cook could cook as much cookies as a good cook who could cook cookies", dan masih banyak lagi. Coba ucapkan beberapa kali dengan cepat! Kalian pasti akan sedikit kewalahan.

Permainan kata seperti tongue twister bisa membantu kalian melatih pelafalan dan kelancaran dalam berbicara dalam bahasa Inggris. Cobalah untuk mengucapkan tongue twister ketika kalian sedang senggang!


5. Dengar dan ulangi
7 Cara Ini Bantu Kamu Memperlancar Bicara Bahasa Inggris Tanpa Partner
Kalian suka menonton film atau serial TV yang menggunakan bahasa Inggris? Gunakan hal itu untuk melatih kemampuan berbicara kalian dalam bahasa Inggris! Coba dengarkan apa yang mereka katakan dan coba ucapkan ulang dialog mereka, cobalah untuk menyamakan nada, kecepatan, dan aksen kalian, tidak masalah apabila kalian melewatkan beberapa kata, yang terpenting adalah terus berbicara agar mulut kalian semakin nyaman berbicara dalam bahasa Inggris!

Kalian bisa mengaktifkan subtitle bahasa Inggris jika ada beberapa kata yang tidak terdengar jelas di telinga kalian, cobalah beberapa kali sampai kalian tidak lagi membutuhkan subtitle ketika menonton film dalam bahasa Inggris!


6. Bernyanyilah
7 Cara Ini Bantu Kamu Memperlancar Bicara Bahasa Inggris Tanpa Partner
Kalian suka mendengarkan lagu-lagu dalam bahasa Inggris? mulai sekarang jangan hanya dengarkan, tapi nyanyikanlah! Menyanyikan lagu yang menggunakan bahasa Inggris bisa memperlancar mulut kalian dalam mengeluarkan kata-kata dalam bahasa Inggris. Gunakanlah aplikasi karaoke ketika bernyanyi agar kalian tahu kata-kata mana yang tidak kalian tahu cara melafalkannya supaya kalian bisa mengevaluasi kembali setiap selesai bernyanyi.

Ketika kalian sudah terbiasa menyanyikan lagu dengan genre pop, jazz, dan semacamnya, coba tantang diri kalian dengan menyanyikan lagu bergenre rap! Beberapa lirik lagu rap mungkin terdengar sedikit tidak masuk akal, tapi jika kalian bisa mengimbangi kecepatan bernyanyi dan masih bisa melafalkan liriknya dengan tepat, sudah pasti kemampuan dan kelancaran kalian dalam berbicara bahasa Inggris akan berkembang!


7. Berdongeng
7 Cara Ini Bantu Kamu Memperlancar Bicara Bahasa Inggris Tanpa Partner
Menceritakan kembali dongeng atau kisah-kisah lama adalah salah satu cara untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan kalian dalam berbicara dalam bahasa Inggris. Pilihlah satu cerita dongeng yang kalian ketahui, lalu ceritakan kembali dalam bahasa Inggris! Oh iya, dongengnya harus dongeng yang menggunakan bahasa indonesia ya! karena jika kalian memilih dongeng berbahasa Inggris, berarti namanya hanya membacakan ulang bukan?

Jangan lupa untuk berpikir menggunakan bahasa Inggris ketika kalian menceritakan ulang dongeng tersebut, fokus kepada kelancaran ketimbang pelafalan kalian, jangan takut untuk ucapkan setiap kalimatnya dengan lantang. Dan jangan lupa untuk mencatat perkembangan kalian! Gunakan catatan perkembangan kalian itu sebagai motivasi ketika kalian merasa malas untuk berlatih!

Nah, lewat cara-cara di atas, dijamin kalian pasti bakal lebih lancar ngomong bahasa Inggris meski gak punya lawan bicara!


Sumber : https://www.idntimes.com/life/educat...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 7 Cara Ini Bantu Kamu Memperlancar Bicara Bahasa Inggris Tanpa Partner Berfaedah Banget 5 Alasan Kamu Harus Menguasai Bahasa Inggris

- 7 Cara Ini Bantu Kamu Memperlancar Bicara Bahasa Inggris Tanpa Partner Simak Tips Berlindung dari Gempa Ketika Kamu Berada di 5 Lokasi Ini

- 7 Cara Ini Bantu Kamu Memperlancar Bicara Bahasa Inggris Tanpa Partner Sahabatmu Sedang Sedih Lakukan 4 Hal Ini Untuk Menenangkan Hatinya

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di