alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Prabowo dan Rizal Ramli Kritik Ekonomi RI, KSP: Kondisi RI Baik
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbb55371cbfaa367f8b4568/prabowo-dan-rizal-ramli-kritik-ekonomi-ri-ksp-kondisi-ri-baik

Prabowo dan Rizal Ramli Kritik Ekonomi RI, KSP: Kondisi RI Baik

Jakarta - Calon Presiden Prabowo Subianto mengatakan kondisi ekonomi Indonesia saat ini dalam kondisi sangat serius. Selain itu, Prabowo mengatakan Indonesia menurut penilaian sejumlah lembaga internasional masuk dalam deretan negara berkembang yang rawan prospeknya ke depan.

Pernyataan ini disampaikan Prabowo usai pertemuan dengan beberapa ekonom pada Jumat malam (5/10/2018). Senada, Rizal Ramli yang juga hadir dalam pertemuan itu juga menyebut kondisi ekonomi Indonesia lampu merah.

Baca juga: Prabowo dan Rizal Ramli Ingatkan Jokowi soal Kondisi Ekonomi RI

Merespons penilaian itu, Kantor Staf Presiden (KSP) buka suara. Deputi III KSP bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Ekonomi Strategis Denni Puspa Purbasari mengatakan ekonomi Indonesia masih dalam tren positif dan pemerintah tak panik.

"Kita tidak panik, namun tidak pula complacent (puas). Reformasi struktural terus dilakukan. Koordinasi dengan BI dan OJK terus diperkuat," kata Denni kepada detikFinance, Jakarta, Sabtu (6/10/2018).

Dia menjelaskan nila tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) memang sedang melemah, namun kondisi itu juga dialami negara-negara berkembang lainnya

"Menilai kondisi ekonomi tidak bisa hanya dari kurs. Tidak bisa hanya melihat Indonesia saja. Namun juga harus global dan peers," kata Denni.

Dia menambahkan, menilai ekonomi juga harus melihat perkembangannya, mulai dari faktor apa saja yang mempengaruhi.

Tak cuma Prabowo, Rizal Ramli yang juga hadir dalam pertemuan tersebut, juga menyebut kondisi ekonomi Indonesia lampu merah, bahkan dia mengibaratkan Indonesia seperti tubuh yang sakit.

Baca juga: Rizal Ramli Sebut Ekonomi RI Lampu Merah, Kemenkeu: Tidak Setuju

"Karena lampu merah berarti semuanya berhenti, pada kenyataannya kehidupan perekonomian tetap bergerak," katanya.


Ekonomi Indonesia masih bergerak di level yang baik, dengan pertumbuhan ekonomi di level 5%, inflasi terkendali di level rendah, daya beli masyarakat terjaga, kondisi perbankan nasional masih sehat, bahkan penerimaan negara realisasinya bagus.

Baca juga: Benarkah Ekonomi RI Sudah Lampu Merah?

Pemerintah juga sudah menerbitkan beberapa kebijakan untuk memperbaiki beberapa indikator ekonomi seperti transaksi berjalan melalui penggunaan biodiesel 20% (B20), peingkatan tarif PPh impor untuk barang tertentu serta stimulasi industri pariwisata.

"Jadi artinya pemerintah tidak berpangku tangan, dan juga senantiasa memonitor perkembangan yang terjadi sehingga sewaktu-waktu dapat dilakukan penyesuaian kebijakan sesuai perkembangan," ujar dia.

Dia menambahkan pelemahan nilai mata uang tidak hanya dialami rupiah saja, melainkan juga mata uang negara emerging market. Hal itu juga dipicu oleh kenaikan suku bunga The Fed beberapa kali dan perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China, serta situasi geopolitik regional yang menghangat sehingga menimbulkan ketidakpastian.

Selanjutnya, pekan ini di Italia ada rencana peningkatan defisit fiskal untuk tahun 2019 sebanyak tiga kali lipat dari target awal di Italia yang membuat nilai tukar Euro melemah dan US$ semakin menguat.

"Hal ini disebabkan semakin banyaknya investor yang melepas Euro sebagai dampak kekhawatiran terhadap prospek perekonomian Italia," jelas dia.

"Jadi bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan namun tetap kami waspadai. Semuanya akan menuju titik keseimbangan baru atau the new normal," tuturnya.

Layak investasi

Baiknya ekonomi nasional juga bisa dilihat dari penilaian lembaga pemeringkat yang belum mengubah Indonesia sebagai negara layak investasi.

"Rating surat utang itu bisa membantu untuk dijadikan penilaian karena mereka mengukurnya dengan 5 indikator yaitu kualitas institusi pengambil kebijakan ekonomi, makro, eksternal, fiskal dan moneter," kata Denni

Baca juga: Dolar AS 'Ngamuk' Tembus Rp 15.000, Darmin: Gemuruhnya yang Hebat

"Kalau mereka ratingnya tidak berubah atau memburuk, ya kondisi Indonesia berarti baik," tambah dia.

Indonesia juga masih menduduki peringkat 72 untuk urusan kemudahan berusaha (EoDB). Hal itu menjadikan Indonesia sebagai negara yang menarik untuk investasi.

"Selain itu ranking-ranking lembaga internasional juga membantu seperti EoDB, HDI, Logistic Performance Index," ungkap dia. (hek/hns)

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4245252/prabowo-dan-rizal-ramli-kritik-ekonomi-ri-ksp-kondisi-ri-baik

APA 2013 DAN 2015 EKONOMI KRISIS? KAGAK

BI: Pelemahan Rupiah Tak Seburuk Tahun 2013-2015

Berdasarkan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini menyentuh Rp 15.170, atau melemah 9,8%. Sementara pada 2013-2015 rata-rata pelemahan rupiah mencapai 16%.

Prabowo dan Rizal Ramli Kritik Ekonomi RI, KSP: Kondisi RI Baik
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
sepi nasbung lagi makan nasi ayam 50rb emoticon-Ngakak

Prabowo dan Rizal Ramli Kritik Ekonomi RI, KSP: Kondisi RI Baik
Quote:
kondisi baik, tapi anggaran kemensos cekak
kondisi baik, tak perlu menahan harga bbm premium pertalit

w yakin tak akan ada yg bawa buku putih & demo robohin pagar gedung
dan cekakx satu jiwa nilai bantuanx berapa saudara saudara 10.ewu satu hari.. cuma nastak dan jasmwv yang bisa beli bakso 10.ewu.
thn 2008 ekonomi global krisis, indonesia termasuk yang resistan...
terima kasih pak sby emoticon-Blue Guy Cendol (L)
ga usah dibandingin sama ipk kurang dari dua ya emoticon-Traveller


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di