alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
WASPADA PENIPUAN ASURANSI TOKOPEDIA DAN TOKIO MARINE !!!
3.4 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbb440f582b2e07398b456a/waspada-penipuan-asuransi-tokopedia-dan-tokio-marine

WASPADA PENIPUAN ASURANSI TOKOPEDIA DAN TOKIO MARINE !!!

Surat ini dibuat agar semua pembaca yg belum tertipu bisa berhati-hati dan tau bahayanya belanja di tokopedia yg memiliki sistem yg buruk, sistem asuransi tokopedia yang tidak fair, sistem resolusi yg buruk (anda akan dibuat kesal oleh CS yang hanya menjawab berputar-putar).


Disini status saya adalah pembeli. Singkat cerita saya ingin membeli airsoft gun, dicari-cari ketemu lah seorang penjual dengan barang yang saya inginkan. Saya beli lewat tokopedia pada tanggal 02 Oktober 2018. Agar lebih aman saya pilih pengiriman menggunakan JNE dan disertakan asuransi.


WASPADA PENIPUAN ASURANSI TOKOPEDIA DAN TOKIO MARINE !!!

Seperti biasanya, saya tidak pernah merasa bahwa seller adalah orang baru berjualan di marketplace online seperti tokopedia. Saya pun sudah sering berbelanja di tokopedia, baik dengan asuransi maupun tidak. Sebelumnya saya pernah menerima barang cacat, namun jaman itu asuransi masih dihandle oleh pihak JNE, maka lebih mudah pengurusannya.


Kali ini saya baru sadar bahwa asuransi tokopedia sudah tidak lagi dihandle oleh pihak pengirim. Dimana tokopedia memberi kuasa penuh untuk PT ASURANSI TOKIO MARINE untuk menghandle asuransi baik untuk kerusakan atau kehilangan barang kiriman.


TOKOPEDIA menerima premi asuransi atas kerusakan atau kehilangan barang kiriman. Akan tetapi ingin lepas dari tanggung jawab ketika pembeli klaim bahwa barang kiriman rusak pada saat diterima.


Tanggal 04 Oktober 2018 saya menerima barang kiriman dari penjual.

Melihat dusnya rusak maka saya bilang kepada kurir JNE untuk tidak ditinggal begitu saja. Saya unbox dulu.

Benar saja bahwa barang tersebut rusak. Airsoft yang saya beli slidernya pecah mungkin karena tertimpa barang lain atau hentakan.

Namun kurir menjelaskan bahwa kiriman ini tidak terasuransikan. Saya cek tokopedia, dan benar. Bahwa yang bertanggung jawab adalah TOKOPEDIA dan PT ASURANSI TOKIO MARINE.


Pada hari itu juga saya membuka pusat resolusi untuk komplain barang belanjaan saya tersebut.


Dan seperti yang anda sudah tebak, CS perwakilan tokopedia ini membantu 3 hari setelah tidak ada penyelesaian antara pembeli dan penjual di pusat resolusi. LAMA!


Spoiler for Penampakan Barang Diterima:


Setelah itu saya awali komplain, mungkin seller pun kaget dengan komplain saya ini. Karena packing sudah dibungkus dengan bubble wrap tebal.


Spoiler for Komplain:


Sampai beberapa kali balas berbalas dengan admin dan penjual, admin tokopedia tetap tidak akan mencairkan klaim asuransi karena BARANG YANG RUSAK INI BARANG YANG DILARANG DIJUAL.....


Admin tokopedia merujuk pada peraturan huruf K tentang jenis barang diperjual belikan:

  • - Senjata api, senjata tajam, senapan angin, dan segala macam senjata.

Jadi ADMIN Tokopediamenganggap bahwa Airsoft Gun adalah Senjata, sementara Saya menganggap Airsoft Gun adalah Alat untuk Olahraga dan Hobi.


Sementara itu ada ketidak-konsisten-an admin dengan tokopedia sendiri, dimana TOKOPEDIAmenganggap Airsoft Gun adalah bagian dari olahraga.


WASPADA PENIPUAN ASURANSI TOKOPEDIA DAN TOKIO MARINE !!!


Sementara ketika saya keberatan dipotong asuransinya, padahal saya tidak dapat manfaatnya. Saya meminta kepada ADMIN untuk mengembalikan uang saya beserta biaya asuransi, namun ADMIN tidak ingin mengembalikan dengan alasan yang tidak masuk akal.


WASPADA PENIPUAN ASURANSI TOKOPEDIA DAN TOKIO MARINE !!!


Pembelian 9.600.000, ongkir 22.000, asuransi 19.ribu sekian. Masa yang dikembalikan 9.580.800 ??

Orang lagi minta klaim malah dipotong lagi uangnya. Saya protes karena terjadi kesalahan, akhirnya Admin meralat kembali:

WASPADA PENIPUAN ASURANSI TOKOPEDIA DAN TOKIO MARINE !!!

WASPADA PENIPUAN ASURANSI TOKOPEDIA DAN TOKIO MARINE !!!

Setelah diprotes akhirnya ADMIN akan mengembalikan dana 9.600.000 berikut ongkir 22.000.


Namun dengan catatan, saya kirim barang rusak ke seller, saya terima Rp 9.622.000

Artinya seller terima barang rusak. HEY ini barang rusak kan ga bisa dijual lagi??


Saya rasa ini tidak adil untuk penjual.


Lalu saya mendebat CS karena alasan huruf K penjualan dilarang itu basi dan tidak pada tempatnya, admin tokopedia berkelit lagi malah menyalahkan bahwa packing tidak cukup dengan bubble wrap. HARUSNYA DITULIS JIKA INGIN ASURANSI CAIR HARUS DIPACKING KAYU.


WASPADA PENIPUAN ASURANSI TOKOPEDIA DAN TOKIO MARINE !!!

ARTINYA ADMIN INI MEMBELA TOKOPEDIA DAN PT ASURANSI TOKIO MARINE UNTUK TIDAK MEMBAYARKAN KLAIM YANG HARUSNYA DIBAYAR!!!!!


HATI HATI TERTIPU!

Jika demikian lebih baik kami berasuransi lewat JNE karena bisa dipacking kayu ditempat.


Dengan adanya surat ini saya inginkan kejelasan bukan dari Customer Service TOKOPEDIA, sekali lagi bukan maksud saya merendahkan profesi CS, saya tekankan. Namun memang CS Tokopedia mungkin tidak berwenang untuk mengambil tindakan apapun tanpa persetujuan atasannya. Maka saya berharap ada orang yang berwenang untuk menghubungi saya utk membicarakan kasus ini.


Saya berharap dengan adanya surat pembaca ini tokopedia bisa lebih berkerja-sama antara penjual dan pembeli.


Saya inginkan kejelasan. Saya disini pembeli, sebenarnya posisi saya ini sudah dimenangkan oleh TOKOPEDIA, namun demikian saya pun punya toko di TOKOPEDIA, yang mana suatu saat akan merasakan posisi seperti sebagai penjual.
Sementara ini masih menunggu kejelasan dari TOKOPEDIA, pengaduan ke YLKI pun akan dilakukan jika surat ini tidak ditanggapi.



Saya berharap ada kejelasan dan penyelesaian yang baik dari tokopedia. Semoga teman teman lain tidak terkecoh seperti saya dan penjual ini.


Terima kasih

Diubah oleh: gimmeabeer
Halaman 1 dari 2
laporin polisi aja gan emoticon-Big Grin
Dimana tanggung jawab tokopedia kalau kaya gini ?

Seller pun jualan di marketplace, kenapa toped ga blok dullu kl emang ga sesuai ketentuan toped ?



Begitu jd transaksi bermasalah, lgsg disalahkan, coba kalau transaksi ini ga bermasalah, pasti transaksi ini di claim sebagai GMV nya toped.

Gw jg pernah bermasalah sm toped, solusinya ga jelas dan toped lbh terkesan cuci tgn, yg rugi ya uda pasti seller sm buyer, sedangkan toped sama sekali ga ada ruginya.
apa ngga ada opsi pake asuransi ekspedisi ya ? emoticon-Embarrassment

berarti mau ngga mau mesti pake asuransi dari tokopedia emoticon-Hammer
Wah.. kasian seller nya kalo kayak gini..
Lalu asuransi itu sebenarnya untuk mengcover kerugian apa??
Bukannya asuransi di sini utk menanggung kerugian seller bkn buyer ya? Jd kl uangnya cair masuknya ke seller, kl ts terima balik uangnya yg ditransfer ke toped (tdk termasuk biaya asuransi tentunya). Lalu ts bisa minta ganti rugi biaya asuransinya ke seller krn dia yg terima ganti rugi dr asuransi. Cmiiw.
Diubah oleh Echizen.Ryoma
Balasan Post Pokeair
Quote:


Emang kalo disodorin TERMS macem EULA software lu baca secara detail?

Emang lu baca detail syarat ketentuan ketika buka akun bank? Polis asuransi?

emoticon-Wakaka
pelajaran buat semua seller dan buyer kedepan, pakai asuransi dari jasa ekspedisinya aja,
btw adakah agan2 dsini yg udah pernah klaim asuransi jasa ekspedisi, gmn prosesnya? trus uang yg kembali sama dengan nilai barangnya enggak??
to be honest, asuransi yg 'lurus'kaya tokio marine ga bisa bertanggung jawab untuk pengiriman barang yang ilegal.

kalau dalam hal ini airsoft gun, itu memang barang yg peredarannya dibatasi kan? kecuali seller dan buyer bisa memberikan surat ijin kepemilikan atau surat ijin distribusi dari polri.

ini sih pendapat gw pribadi sebagai trader yg sering urusan ama suransi untuk international business.
itu airgun paok, bkn airsoftgun, dan emang di tokped tidak boleh diperjual belikan airsoftgun maupun airgun
Klo yang mahal bru dirusakin, itu nama nya kerja. emoticon-Leh Uga
entah asuransi dari mana aj, klo udah masuk yak kudu ganti rugi. khan bayar guna nya untuk itu.
mereka ngerusak barang itu jg punya hak, sbb mereka ekspedisi nya
asuransi branih minta duid yak brarti kudu branih tanggung jawab ngasih ganti rugi. emoticon-Cool
maka nya jangan branih2 lagi ambil kesempatan dalam kesempitan.
Balasan Post dimashardi
Quote:


asuransi manapun gak ada yang mau nanggung barang yang perlu penanganan khusus.

emoticon-Wakaka
lahan basah. siapa coba yang ga mau.

tuan rumah juga pengen basah2an emoticon-Ngakak

sekali transaksi 1jt, asuransi bisa 2rb. berapa banyak tuh uang asuransi hasil timbunan toped?
Tokped kan ecommers besar, duitnya bwanyaak. Tinggal di garansiin aja. Kemudian bikin SOP yang bener. Gitu aja kok repot.
9.6 Jt, gak bakal berharga dengan nilai transaksi yang masuk perhari (ber miliyaran)
Itu namanya SERVICE PELANGGAN.
Quote:


Tapi, kok ada kategori "air softgun"-nya. Apa tanggapan lo bro?
Quote:


entahlah untuk akseroris n gear saja mungkin, temen gw yg dulu jualan unit, dagangannya lenyap semua dihapus topedWASPADA PENIPUAN ASURANSI TOKOPEDIA DAN TOKIO MARINE !!!
tidak ada kategori unit airsoft apa lg airgun
Diubah oleh danybae
Quote:


Airsoft gun termasuk barang yg perlu penanganan khusus ya?
Waktu tau asuransi di pegang pihak tokped, ane juga pernah ngetest, ane disini seller ya.
paket yg ane kirim pecah (harga cuma 100rban) singkat cerita, ane minta tanggung jawab sama tokped, tp CS lngsung minta bentuk packing nya, yg ditanyakan Bubble sama packing dus / kayu. karena ane cuma pake bubble sama amplop aja, jadi asuransi ga bisa di klaim, karena packing kurang/tidak layak.

"saya tidak pernah merasa bahwa seller adalah orang baru berjualan di marketplace online seperti tokopedia. "
Maksud nya ini seller baru ya? reputasi gmn?

Klo ane liat seklias justru ane agak curiga sama seller nya.
Brg harga 9jt cuma di packing kya gitu, di kasih bubble 1 lapis aja (yg ane liat dr pict di atas ya).

dan itu brg penyok nya kya nya ud lama, jadi kya penyok gara2 shipping import yg lama atau gara2 tertimbun di gudang.
Bukan penyok gara2 pengriman 2-3hr aja. Ini spekulasi ane aja ya, dan dr pnglaman ane jg sbgai seller

Disini agan sebagai pembeli / buyer kan?
Buyer ga perlu urusin asuransi gan, asuransi itu urusan seller/pengirim sama pihak tokped nya.

jadi sbgai buyer agan tinggal komplain karena brg yg di terima rusak, bisa minta retur/refund.
Tinggal kasih foto2 bukti, apalagi ada foto/video pas unboxing, itu ud kuat bgt.

Buyer biasa nya cuma rugi ongkir kirim balik, sama waktu aja.

"Saya disini pembeli, sebenarnya posisi saya ini sudah dimenangkan oleh TOKOPEDIA, namun demikian saya pun punya toko di TOKOPEDIA, yang mana suatu saat akan merasakan posisi seperti sebagai penjual.
Sementara ini masih menunggu kejelasan dari TOKOPEDIA, pengaduan ke YLKI pun akan dilakukan jika surat ini tidak ditanggapi."

Klo agan seller juga, di jadikan pembelajaran gan, klo ada brg yg mahal dan di asuransi pastikan packing seaman mungkin, klo bisa di dokumenstasikan buat bukti klo ada apa2.

Sebelum ngadu ke ylki, sebaiknya di pelajari lagi syarat dan ketentuan nya, Coba baca No.3
WASPADA PENIPUAN ASURANSI TOKOPEDIA DAN TOKIO MARINE !!!

Ane juga baru baca itu, ketika coba klaim.


Btw ane disini netral ya, tidak ada bela pihak manapun. emoticon-Big Grin
Diubah oleh A.K.Store
thx infonya ane klo jualin di toped ga usah pake asuransi aja deh.
ditotalin ke harga barang aja
akankah jadi muskomputech jilid 2? emoticon-Leh Uga
di kalimat ini sih saya udah curiga.

WASPADA PENIPUAN ASURANSI TOKOPEDIA DAN TOKIO MARINE !!!

1. knp lgs kekeuh salah expedisi (JNE), emang ga ada kemungkinan itu barang udah rusak sebelum dikirim?? Dusnya aja keliatan udah penyok2 lama bgt

2. Kekeuh cairin asuransi. Gw pernah barang ilang di JNE. Gw ga peduli mau asuransi atau seller ngapain, hak gw sebagai buyer komplen ke emarketplace/tokopedia. Gimana rasanya kl gw jd seller?? Ya itu resiko gw kl jualan online. Kl gw posisi seller ya gw kejar asuransinya. Kl buyer ya sorry aja ngapain gw yg ribet, apalagi kl gw baru sekali beli dr toko itu dan gw ga tau reputasi tokonya gimana. Barang rusak atau ga gw terima gw pasti kejar refund uang gw.

3. Uang udah cair masih ngeributin sampe bikin SP
Diubah oleh sambal.terasi
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di