alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Perhelatan Akbar Sektor Keuangan Dunia di Indonesia, Resmi Dimulai
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbb429fa09a399e1b8b4571/perhelatan-akbar-sektor-keuangan-dunia-di-indonesia-resmi-dimulai

Perhelatan Akbar Sektor Keuangan Dunia di Indonesia, Resmi Dimulai

Perhelatan Akbar Sektor Keuangan Dunia di Indonesia, Resmi Dimulai

08/10/2018, 09:16 WIB

Perhelatan Akbar Sektor Keuangan Dunia di Indonesia, Resmi Dimulai
Petugas menjaga ketat lokasi International Monetary Fund and the World Bank (IMF-WB) Annual Meetings (AM) 2018 di Nusa Dua, Bali, Minggu (7/10/18). Acara berlangsung 8 - 14 Oktober 2018. (FEDRIK TARIGAN)

JawaPos.com - Rangkaian acara pertemuan tahunan Internasional Monetary Fund (IMF) World Bank hari ini, Senin (8/10), resmi dimulai. Para pengusaha, Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dari 189 negara hadir pada acara yang digelar di Nusa Dua, Bali, Indonesia.

Acara tahunan ini selalu ditunggu seluruh penjuru dunia sebagai momentum dalam upaya memperbaiki perekonomian global.
"Perekonomian dunia kini dalam uncertainty (ketidakpatian). Kesepakatan-kesepakatan apa yang akan dicapai dalam pertemuan ini banyak ditunggu. Karena, ini yang akan menjadi acuan bagi negara-negara untuk mengambil keputusan," kata Kepala Unit Kerja Pertemuan Tahunan IMF-World Bank Group 2018, Peter Jacobs, di Bali, Senin (8/10).


Perhelatan Akbar Sektor Keuangan Dunia di Indonesia, Resmi Dimulai
Suasana pertemuab International Monetary Fund and the World Bank (IMF-WB) Annual Meetings (AM) 2018 di Nusa Dua, Bali, Minggu (7/10/18). Acara berlangsung 8 - 14 Oktober 2018. (FEDRIK TARIGAN)

Bahkan, kata Peter, seluruh dunia memastikan akan hadir dalam acara tersebut. Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat, The Fed, Jerome Powell juga akan hadir. Hal ini akan menarik melihat bagaimana kebijakan AS dalam menaikkan suku bunga dan dampaknya bagi seluruh dunia.


"Dari Uni Eropa dan Amerika Serikat hadir, (termasuk) Gubernur Bank Sentral AS (Jerome Powell) hadir. Tiongkok dan Jepang hadir, bahkan mereka jadi pembicara di beberapa event. Dan tentunya kalau di meeting resmi IMF mereka hadir. Yang flight-nya lebih mudah, EU apalagi Asia, akan mulai datang hari ini," jelas dia.

Perlu diketahui, IMF-WB Annual Meetings (AM) adalah pertemuan tahunan yang diselenggarakan oleh Dewan Gubernur IMF dan World Bank. Annual Meetings dilaksanakan setiap tahun sekali pada awal Oktober di headquater IMF-WB di Washington DC, AS selama dua tahun berturut-turut. Sementara untuk tahun berikutnya, Annual Meetings dilaksanakan di negara anggota terpilih.


Pertemuan tersebut bertujuan untuk mendiskusikan perkembangan ekonomi dan keuangan global serta isu-isu terkini, antara lain pengurangan kemiskinan, pembangunan ekonomi internasional dan isu-isu global lainnya.

Pada bulan Oktober 2015, Indonesia terpilih sebagai tuan rumah IMF-WB Annual Meetings 2018 (AM 2018). AM 2018 akan diselenggarakan pada tanggal 12-14 Oktober 2018 di Bali. Pertemuan tersebut akan menghadirkan total 15.000 peserta, yang terdiri dari Gubernur Bank Sentral dan Menteri Keuangan dari 189 negara, sektor privat, NGOs, akademisi, dan media.

https://www.jawapos.com/ekonomi/08/1...-resmi-dimulai

Ribuan Delegasi Pertemuan IMF-WB Padati Bali Malam Ini
Senin, 08 Okt 2018 16:31 WIB


Perhelatan Akbar Sektor Keuangan Dunia di Indonesia, Resmi Dimulai
Foto: Sylke Febrina Laucereno

Nusa Dua - Rangkaian acara pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF)-World Bank dimulai pada 8-14 Oktober 2018. Para delegasi dari 189 negara mulai berdatangan. 

Dari pantauan detikFinance di kawasan Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) dan Bali International Convention Center (BICC) sudah mulai berlalu lalang para staf dan delegasi dari berbagai negara. Namun belum terlalu padat, padahal diperkirakan akan hadir sebanyak 34.000 orang. 

Ketua Unit Pertemuan Tahunan IMF dan WB, Peter Jacobs menjelaskan sejak pagi hingga Senin siang memang lokasi acara masih belum terlalu ramai. Pasalnya ribuan delegasi puncaknya akan hadir pada malam ini (8/10).

"Ini kan delegasi puncaknya baru datang hari ini, di Bandara Ngurah Rai ini dari jam 13.00 WITA sampai malam penerbangan internasional mulai ramai datang," kata Peter di BNDCC, Nusa Dua, Senin (8/10/2018).

Baca juga: Disebut Boros, Anggaran Pertemuan IMF WB Sudah Disetujui DPR

Peter menjelaskan acara pertemuan baik internal maupun terbuka mulai dilakukan pada 9 Oktober. "Kan banyak acara itu dimulai pada 9 Oktober 2018, puncak acara memang 10-13 Oktober banyak acara paralel," imbuh dia.

Dapat diketahui, acara sidang tahunan ini akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada 12 Oktober 2018 mendatang. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan Pertemuan Tahunan IMF-WBG 2018 di Bali sudah siap menyelenggarakan ajang yang akan dihadiri oleh 189 negara. Peserta yang akan hadir pun dipastikan melebihi target.

Beberapa agenda yang akan dilangsungkan di BICC antara lain, seminar Wanita dalam Tempat Kerja, IMF Youth Dialogue, press briefing tentang keuangan global, dan sebagainya. Sedangkan di BNDCC, akan dilangsungkan acara utama yakni pembukaan dan penutupan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan hadir sekaligus membuka perhelatan internasional ini.

Baca juga: Pertemuan IMF-World Bank Cuma Jadi Ajang Pemborosan?

Selain membahas substansi, dalam pertemuan tahunan ini juga menghadirkan Indonesia Pavilion yang menampilkan art and craft expo, booth pariwisata, dan booth infrastruktur. 

Selain kerajinan, dalam booth ini ditampilkan berbagai paket pariwisata yang ditawarkan kepada peserta. Terkait infrastruktur, ditampilkan displaydan perkembangan pembangunan infrastruktur dan beberapa kesempatan investasi dan pembiayaan di Indonesia.

https://finance.detik.com/moneter/d-...bali-malam-ini

Anggaran IMF-WB di Bali Lebih Rendah Dibanding Jepang hingga Turki
Senin, 08 Okt 2018 11:05 WIB


Perhelatan Akbar Sektor Keuangan Dunia di Indonesia, Resmi Dimulai

Nusa Dua - Rangkaian acara pertemuan internasional IMF-World Bank (WB) di Bali suda dimulai dari 8-14 Oktober 2018.

Bahkan, banyak kalangan yang menilai bahwa anggaran yang dihabiskan untuk pertemuan internasional itu lebih baik dialihkan untuk membantu korban bencana alam baik di Lombok maupun Palu.

Ketua Pengurus Panitia Harian Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018, Susiwijono Moegiarso mengatakan anggaran penyelenggaraan IMF-WB di Bali masih di bawah dari alokasi.

Baca juga: Jack Ma hingga Melinda Gates akan Hadir di Pertemuan IMF-WB

"Pertama tadi saya ditanya lagi, mengenai pembiayaan kan sudah berkali-kali kami jelaskan dari alokasi multiyears 2 tahun yang disediakan di APBN Rp 855 miliar, kami efisienkan, kira-kira terpakai Rp 566 miliar," kata Susiwijono saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Senin (8/10/2018).

Anggaran yang sebesar Rp 855 miliar, kata Susiwijono pun lebih rendah jika dibandingkan acara serupa yang digelar di negara-negara, seperti Jepang, Singapura, Peru, Turki.

Dia menyebut, beberapa negara yang menjadi tuan rupah IMF-WB dan menghabiskan anggaran sekitar Rp 1,1-Rp 1,2 triliun. Khusus untuk Peru pada 2015 menghabiskan lebih dari Rp 2 triliun karena ada pembangunan-pembangunan fasilitas.

"Jadi mereka lebih jauh, kita kalau dibandingkan jauh lebih rendah bahkan tidak ada setengahnya, ini dari sisi biaya," jelas dia.

Baca juga: Kubu Prabowo Tolak IMF di Bali, Rommy Sebut RI Jadi Negara Terpandang

Dapat diketahui, acara sidang tahunan ini akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada 12 Oktober mendatang. Menteri Koordinator Bidang Kemaritim Luhut Pandjaitan mengungkapkan Pertemuan Tahunan IMF-WBG 2018 di Bali sudah siap menyelenggarakan ajang yang akan dihadiri oleh 189 negara. Peserta yang akan hadir pun dipastikan melebihi target.

Beberapa agenda yang akan dilangsungkan di BICC antara lain, seminar Wanita dalam Tempat Kerja, IMF Youth Dialogue, press briefing tentang global financial, dan sebagainya. Sedangkan di BNDCC, akan dilangsungkan acara utama yakni pembukaan dan penutupan. Presiden Jokowi dijadwalkan akan hadir sekaligus membuka perhelatan internasional ini.

Selain membahas substansi, dalam pertemuan tahunan ini, akan ditampilkan Indonesia Pavilion yang menampilkan art and craft expo, booth pariwisata, dan booth infrastruktur. 

Selain kerajinan, dalam booth ini ditampilkan berbagai paket pariwisata yang ditawarkan kepada peserta. Terkait infrastruktur, ditampilkan display dan perkembangan pembangunan infrastruktur dan beberapa kesempatan investasi dan pembiayaan di Indonesia.

Acara yang sudah dipersiapkan cukup lama ini pun masih mendapat kritikan dari sebagian kalangan, terutama soal anggaran dana yang dinilai terlalu fantastis.

https://finance.detik.com/bursa-dan-...g-hingga-turki

Kubu Prabowo Sebut Sidang IMF di Bali Forum Pesta dan Memalukan
2 hari lalu

Perhelatan Akbar Sektor Keuangan Dunia di Indonesia, Resmi Dimulai
 Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Dahnil Azhar Simanjuntak, dalam konferensi pers di Jakarta pada Jumat malam, 5 Oktober 2018.

Tim pemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menyatakan tak akan hadir dalam sidang tahunan IMF dan Bank Dunia di Bali. Forum yang mereka anggap mewah itu memalukan karena masyarakat korban bencana sedang kesusahan.

Mereka memahami, forum dunia itu memang tak mungkin lagi dibatalkan. Tetapi pemerintah dapat mengurangi kadar kemewahan dalam penyelenggaraan sidang tahunan itu. 

"Karena tidak mungkin dibatalkan, Koalisi Adil dan Makmur mengusulkan ke pemerintah untuk menurunkan standar kemewahan pesta pertemuan tahunan IMF dan World Bank,” kata Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Dahnil Azhar Simanjuntak, dalam konferensi pers di Jakarta pada Jumat malam, 5 Oktober 2018.

“Kenduri mewah ini,” menurut Dahnil, “sangat memprihatinkan bagi Koalisi (Adil dan Makmur), dan memalukan. Kenapa? Karena di tengah bencana justru kemudian kita berpesta pora di Bali.”

Ia menilai tidak elok kemewahan sidang tahunan IMF bagi masyarakat yang sedang berkesusahan di daerah bencana dan masyarakat yang sekarang sedang kesusahan secara ekonomi. Ia mempertanyakan sumbangsih pertemuan itu terhadap penguatan nilai tukar rupiah dan perbaikan ekonomi negara.

"Karena fakta yang terjadi adalah kurs rupiah pada hari ini itu tak mengalami penguatan justru pelemahan. Jadi sama sekali tidak ada efek pertemuan ini bagi penguatan rupiah," ujarnya.

Koalisi Adil dan Makmur, katanya, bersepakat absen atau tak mengutus seorang pun utusan dalam sidang itu sebagai bentuk empati pada yang sedang tertimpa bencana di Lombok, Palu, Sigi, dan Donggala.
https://www.msn.com/id-id/berita/pemilu/kubu-prabowo-sebut-sidang-imf-di-bali-forum-pesta-dan-memalukan/ar-BBO0nBQ


---------------------------------

Ini kubu Prabowo kok nynyir yak!
Kan sudah dibilangin sama Hasto (Sekjen PDIP), jangan bawa-bawa isu ekonomi!

emoticon-Marah
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:
untung cuma 4hari

nunģgu tukang dagelanya muncul emoticon-Traveller
lu mo bikin acara 1000 hari jg dollar kagak bisa turun.. emoticon-Blue Guy Bata (L)
Sering2 aja ya hajatan besar di bali, kami para vendor dgn senang hati menyambutnyaemoticon-Kiss


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di