alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Pemimpin Nasionalis Menangkan Kursi Kepresidenan Bosnia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbb3df596bde6d4488b4569/pemimpin-nasionalis-menangkan-kursi-kepresidenan-bosnia

Pemimpin Nasionalis Menangkan Kursi Kepresidenan Bosnia

Quote:


Urutan Terlama
gue bingung ama ini berita. jadi dia menang di skala regional apa emang diseluruh bosnia??
Balasan Post ffffffffffffffu
Quote:


Untuk skala Nasional seluruh Bosnia-Herzegovina, nanti ada 3 Presidennya, dari etnis Bosnia, Kroasia dan Serbia yang disebut Dewan Presidensi, untuk Ketua Presidensi bergiliran antara ketiganya.

Milorad Dodik terpilih sebagai Presidensi dari etnis Serbia, dari etnis Bosnia yang terpilih adalah Safik Dzaferovic sedangkan dari etnis Kroasia yang terpilih adalah Zeljko Komsic.

Latar belakang antara ketiganya juga cukup kontras, Milorad Dodik (etnis Serbia) adalah Ultranasionalis Serbia yang cukup radikal, dia ingin memisahkan Republik Srpska (Wilayah di Bosnia-Herzegovina yang mayoritas etnis Serbia) dari Negara Bosnia-Herzegovina, sedangkan Sefik Dzaferovic adalah (etnis Bosnia) berasal dari Partai Aksi Demokratik, partainya Bapak Bangsa Perjuangan Kemerdekaan Bosnia-Herzegovina Alija Izetbegovic tahun 1990-an yang tentu saja ingin keutuhan Bosnia-Herzegovina. Sedangkan Zeljko Komsic (etnis Kroasia) adalah mantan perwira Tentara Bosnia-Herzegovina selama Perang Bosnia, yang berarti pendukung Bosnia-Herzegovina. Selama Perang Bosnia, etnis Kroasia terbagi dua, kelompok pertama ingin membentuk negara terpisah yakni Herzeg-Bosnia yaitu wilayah di Bosnia yang mayoritas etnis Kroasia, sedangkan sebagian lainnya ingin tetap bersatu dengan Bosnia-Herzegovina. Yang pro negara terpisah Herzeg-Bosnia kebanyakan bergabung dalam pasukan Dewan Pertahanan Kroasia (HVO) sedangkan yang pro persatuan dengan Bosnia-Herzegovina tentu saja bergabung dengan Tentara Bosnia-Herzegovina (ARBiH). Ada perbedaan latar belakang di antara orang etnis Kroasia yang pro negara tersendiri dan pro bersatu dalam Negara Bosnia-Herzegovina. Yang ingin membentuk negara tersendiri Herzeg-Bosnia kebanyakan adalah bekas anggota Liga Komunis jaman Tito, sedangkan yang pro persatuan kebanyakan adalah anti komunis dan sayap kanan sejak awal. Pemimpin pro negara terpisah adalah Mate Boban, bekas anggota Liga Komunis jaman Tito, lebih banyak dikontrol Presiden Kroasia Franjo Tudjman yang diam-diam bernegosiasi dengan pihak Serbia, pernah berkata "Serbia adalah saudara kita sesama Kristen, tetapi orang-orang Muslim Bosnia tidak berarti bagi kita", sedangkan pro persatuan dengan Bosnia-Herzegovina tokohnya adalah Dubroslav Paraga di Kroasia, pemimpin Partai Hak Kroasia dan komandan militernya di Bosnia adalah Blas Kraljevic, sejak awal sudah anti Komunis dan sayap kanan, Blas Kraljevic bahkan Neo Nazi. Kelompom ini lebih didasari pada kebencian pada Serbia dan lebih mengacu pada garis etnis, "Etnis Bosnia adalah saudara dari etnis Kroasia, pada dasarnya etnis Bosnia adalah etnis Kroasia juga, etnis Kroasia yang beragama Islam." Dubroslav Paraga menyatakan bahwa tujuannya adalah "Kroasia Raya dan Kekalahan total agresor Serbia. Untuk Kroasia ke Drina dan untuk Bosnia-Herzegovina ke Adriatik."
negara udah damai, jgn dirusuhin lagi emoticon-Traveller


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di