alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Indonesia akan tambah ekspor ke Tiongkok lewat Jack Ma
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbb340d56e6afb5788b458e/indonesia-akan-tambah-ekspor-ke-tiongkok-lewat-jack-ma

Indonesia akan tambah ekspor ke Tiongkok lewat Jack Ma

Indonesia akan tambah ekspor ke Tiongkok lewat Jack Ma
Jack Ma mewakili delegasi Cina sebagai tuan rumah Asian Games berikutnya, tampil membawa bola saat menghadiri Upacara Penutupan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Minggu (2/9/2018).
Pemerintah bakal memanfaatkan kehadiran pendiri Alibaba, Jack Ma, pada pertemuan tahunan IMF-World Bank 2018 di Nusa Dua, Bali, sebagai gerbang masuk perdagangan produk dalam negeri.

Panitia penyelenggaraan pertemuan tahunan ini memastikan Jack Ma bakal hadir di Bali pada Kamis, 13 Oktober 2018.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, Indonesia berencana meningkatkan ekspor ke pasar Tiongkok melalui platform dagang yang dimiliki Jack Ma itu.

“Bagaimana kita manfaatkan platform itu. Di sana ada 700 juta orang yang terhubung dengan jaringan. Ketika Jack Ma bicara beli barang Indonesia, maka banyak yang akan terpengaruh,” kata Rudiantara di ruang media, Westin, Nusa Dua, Bali, Senin (8/10/2018).

Salah satu celah yang akan dimasuki pemerintah melalui momentum belanja promo satu hari—Hari Jomlo (Singles’ Day)—yang berlangsung setiap 11 November 2018.

Pada Hari Jomlo tahun lalu, Alibaba dikabarkan meraup keuntungan penjualan hingga $25 miliar AS (sekitar Rp381,63 triliun) atau setara dengan produk domestik bruto (PDB) negara Zambia.

Lebih jauh, Rudiantara mengatakan, kerja sama perdagangan ini merupakan agenda “balas budi”. “Saya ngasih apa ke Anda, Anda bisa kasih apa ke saya?” tuturnya.

Hal itu merujuk pada bisnis Alibaba yang sudah lebih dulu masuk ke Indonesia melalui Tokopedia dengan suntikan dana sebesar $1,1 miliar pada Agustus 2017. Selain itu, mulai Maret 2018, Alibaba Cloud juga sudah bisa digunakan pelanggan di Indonesia.

Pertemuan nanti, sambung Rudiantara, bakal difokuskan pada implementasi ekspor. “Sudah tidak perlu bikin kerja sama pakai tanda-tangan dan diliput. Itu jadul. Nanti kita langsung bahas bagaimana eksekusinya. Karena waktunya hanya tinggal satu bulan lagi,” tegas Rudiantara.

Kendati begitu, Rudiantara tidak bisa memerinci produk-produk lokal apa yang bakal dipasarkan di Alibaba pada Hari Jomlo nanti. Menurutnya, urusan itu berada pada ranah Kementerian Perdagangan serta Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Namun, Rudiantara memastikan barang yang dipasarkan tidak akan dalam jumlah yang banyak. “Kita fokuskan pada barang tertentu. Itu kan acaranya cuma satu hari, jangan sampai orang mau beli barangnya gak ada,” katanya.

Selain agenda pertukaran dagang, pertemuan dengan Jack Ma nanti juga akan membahas bagaimana meningkatkan sumber daya manusia (SDM), seiring dengan rencana pemerintah menciptakan 20.000 talenta digital pada 2019.

“Kalau menurut saya, Jack Ma datang ke sini bukan hanya untuk urusan bisnis,” tukasnya.

Untuk diketahui, neraca perdagangan Indonesia dengan Tiongkok defisit sepanjang semester I/2018. Perinciannya adalah ekspor senilai $15,88 juta dan impor $24,96 juta.

Catatan Kementerian Perdagangan juga menunjukkan pertumbuhan neraca perdagangan yang melambat 24,3 persen dibandingkan semester I/2017. Kendati pada tahun yang disebut terakhir neraca perdagangan juga ditutup defisit $12,68 juta, sedikit naik dari defisit tahun sebelumnya pada posisi $14 juta.

Dalam kerja sama perdagangan dengan Alibaba, Rudiantara juga tidak memerinci berapa potensi perdagangan yang bisa diraup Indonesia.

Selain menghadiri sesi bersama Rudiantara, Jack Ma juga dijadwalkan akan berbicara dalam sesi diskusi bersama Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim bertajuk Disrupting Development: How digital platforms and innovation are Changing the Future of Developing Nations di Bali International Convention Center (BICC), Jumat (12/10/2018).
Indonesia akan tambah ekspor ke Tiongkok lewat Jack Ma


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-lewat-jack-ma

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Indonesia akan tambah ekspor ke Tiongkok lewat Jack Ma Pemerintah dan swasta sepakati pembiayaan proyek non-APBN

- Indonesia akan tambah ekspor ke Tiongkok lewat Jack Ma Ada 3 zona festival untuk penonton di GBK

- Indonesia akan tambah ekspor ke Tiongkok lewat Jack Ma Aktivitas Kota Palu mulai menggeliat

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di