alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Asyik, Indonesia Bakal Punya Kereta Cepat Anti Gempa
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbb2ad6dad7701a308b456a/asyik-indonesia-bakal-punya-kereta-cepat-anti-gempa

Asyik, Indonesia Bakal Punya Kereta Cepat Anti Gempa

Asyik, Indonesia Bakal Punya Kereta Cepat Anti Gempa


MATA INDONESIA, JAKARTA – Bayangkan jika Indonesia memiliki kereta anti gempa, yang tahan dalam kondisi ketika terjadi bencana alam. Tak hanya anti gempa, kereta tersebut juga super cepat.

Kereta seperti ini ternyata sudah ada dalam konsep produksi PT Industri Kereta Api (INKA) (Persero). Bahkan, namanya pun sudah digadang-gadang, yakni Argo Cahaya.


Direktur Utama PT INKA, Budi Noviantoro, menjelaskan, konsepnya kereta tersebut memiliki sensor yang mampu mendeteksi tanah saat terjadi gempa bumi, lalu mengirim sinyal ke ruang kendali agar kereta berhenti.

Budi memprediksi, realisasi kereta cepat anti gempa ini baru akan dimulai pada 2025 mendatang. Perkiraan anggaran yang dibutuhkan untuk produksi kereta dan infrastrukturnya mencapai Rp 200 triliun.

Menurut Budi, sebenarnya kalau hanya harga produksi kereta tidak mahal. Namun, nantinya anggaran akan terkuras banyak untuk pembangunan infrastruktur yang mahal.


“Produksinya disesuaikan dengan kemampuan pendanaan dari pemerintah. Kami sebagai produsen hanya ikut saja,” ujar Budi.

Rencananya kereta dengan kecepatan maksimal 300 kilometer per jam ini akan dipergunakan untuk rute Jakarta-Surabaya. Yakni dengan waktu tempuh hanya 2 jam saja.(Awan)


sumber


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Hoax nih emoticon-Ngakak
Diubah oleh trimusketeers
Teruslah bermimpi
Mimpi yg indah ya saat negara tetangga mewujudkannya
Kereta anti gempa ya iya. Tapi rel sama permukaan tanah nya kalau amblas ya keok juga keretanya.
baru konsep ternyata.
emoticon-Leh Uga

Nggak yakin gua rezim plonga plongo ini mampu bikin kayak ginian...
Balasan post Welw
betul gan.. seperti mimpi jadi presiden..
emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Balasan post northvidelia
apalagi belum rejim dah ketepu mak2 lampir...
emoticon-Leh Uga
keren bgt nih kalo jadi kenyataan...

emoticon-Belo
Balasan post geert.wilders
Quote:


Quote:


emoticon-Leh Uga
Kereta anti gempa mksdnya klo ad gempa, sensor otomatis lgsg bakal shut down tu kereta (berhenti) jd aman

tgl pasang sensor getaran diberbagi titik trs bt koding trs sampe variable tertentu tgl tulis "shutdown"
Quote:


Semprul luh gan... Ampe keselek sendok gw.. emoticon-Ngakak
Bisa nggak ngebikinnya? Bikin kereta lambat aja kayaknya belum bisa, sudah rencana bikin kereta cepat.
Balasan post bramhiphip
wah udah jadi programnya.. langsung installemoticon-DP
Kereta cepat sudah lama menggantikan beberapa transportasi pesawat terbang di negara-negara maju.

Untuk jarak dekat, perjalanan dengan kereta cepat lebih cepat dibandingkan dengan perjalanan dengan pesawat terbang. Stasiun kereta cepat bisa berada di tengah kota, sedangkan bandara tidak bisa di tengah kota, jadi yang tujuan perjalanannya ke tengah kota lebih cepat naik kereta cepat. Check-in pesawat juga lebih lama dibandingkan kereta cepat.





Sekarang negara-negara maju merencanakan kereta yang lebih cepat, namanya vactrain: https://en.wikipedia.org/wiki/Vactrain

Potensi kecepatannya bisa mencapai 6400-8000 km/jam. Jadi perjalanan Beijing-Paris mungkin bisa hanya sekitar 2 jam saja.

Perusahaannya Elon Musk mengembangkan kereta berjenis vactrain bernama hyperloop: https://hyperloop-one.com/




Vactrain akan membuat kereta cepat biasa menjadi kadaluarsa, seperti halnya komputer membuat mesin tik menjadi kadaluarsa dan LCD membuat TV tabung menjadi kadaluarsa.
Diubah oleh app.developer
Gak mungkin. Kalau korupsi baru percaya


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di