alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Aktivitas Kota Palu mulai menggeliat
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbb17e55a516337528b457b/aktivitas-kota-palu-mulai-menggeliat

Aktivitas Kota Palu mulai menggeliat

Aktivitas Kota Palu mulai menggeliat
Warga, relawan, dan PNS Kota Palu berbauran di kompleks Rumah Jabatan Wali Kota Palu, Senin (8/10/2018). Mulai Senin ini, aktivitas Kota Palu mulai bergeliat.
Masyarakat Palu sudah mulai melakukan aktivitas pascagempa walau masih terbatas. Kantor pemerintahan, beberapa sekolah, dan toko sudah mulai buka, Senin (8/10/2018).

Di kantor Wali Kota Palu para pegawai sudah mulai masuk dan melakukan apel pagi. Namun layanan publik belum bisa digelar karena sebagian kantor masih berantakan karena gempa.

Menurut Wali Kota Palu Hidayat, hari ini para PNS sudah masuk namun hanya pendataan dan bersih-bersih kantor menata kembali. "Kami belum diketahui berapa PNS yang menjadi korban bencana," kata dia, Senin, di rumah jabatannya. Total PNS di Pemerintah Palu ada sekitar 8.000 orang.

Sekolah juga belum semua menggelar aktivitas. Di SMA 2 Palu, beberapa siswa dan guru datang ke sekolah. Namun belum ada aktivitas belajar mengajar. Sebagian gedung sekolah itu roboh digoyang gempa, Jumat akhir September lalu.

Menurut Lusdiana, staf Humas SMA 2 Palu, rencananya Senin ini mereka berangkat sekolah untuk pendataan siswa. "Sesuai imbauan dari Dinas Pendidikan, hari ini kami hanya pendataan," ujar Lusdiana di kantornya.

Tapi karena Minggu malam masih ada dua gempa mengguncang, Senin pagi tadi hanya siswa yang datang. Sebagian siswa memilih

Menurut pantauan Beritagar.id toko-toko sebagian kecil sudah buka. Pusat perbelanjaan Transmart sudah buka beberapa hari lalu. Namun toko kelontong sedikit yang buka.

Dasmiah (42 tahun) salah satu pedagang air mineral isi ulang, sudah buka beberapa hari lalu membuka. Walau kiosnya sedikit retak, ia memberikan secara gratis air dagangannya. "Ya ikut bantu-bantu korban yang lebih berat," ujar pedagang di jalan Veteran, Palu.

Selama ini, warga menilai Pemerintah Kota Palu lamban dalam menangani korban bencana. Hidayat menyatakan, sejak hari pertama bencana, ia sibuk mencari logistik. "Kami ingin berkunjung, tapi siapa yang akan mencari logistik," ujarnya. Menurutnya, hari kelima baru logistik lancar.

Sebagian korban masih banyak mengantre bantuan di kantor Kodim Palu. Mereka mencari kebutuhan mereka. Shuhairoh, (45 tahun) asal Kabupaten Sigi ke Palu demi mencari popok untuk mendapatkan popok buat cucunya yang berumur 1 tahun dan menderita muntaber. "Saya punya uang, tapi tak ada yang jual popok," ujarnya, Minggu (7/10/2018)

Di sisi lain, suplai BBM mulai lancar. Antrean di SPBU mulai memendek. Namun, antrean gas 3 kilogram mulai muncul. Pemerintah menggelar operasi pasar gas melon dengan suplai terbatas dan dijaga tentara. Satu Kartu Keluarga, hanya boleh membeli satu tabung gas dengan harga Rp16 ribu.
Aktivitas Kota Palu mulai menggeliat
Warga mengantre gas 3 kg di wilayah Maboro, Palu Utara, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (8/10/2018). Dalam operasi pasar ini, satu keluarga hanya boleh membeli satu tabung gas.
Menurut data Pemerintah Kota Palu, hingga Minggu (7/10/2018), jumlah korban meninggal dunia 1.806, rumah rusak berat 3.827, rusak sedang 150 unit, dan rusak ringan 621 unit.

Belum diketahui berapa warga yang eksodus ke luar Palu dan Sulawesi Tengah. Hidayat berharap, warganya yang keluar kota agar kembali untuk menghidupkan kembali. "Tolong kembali. Buka ruko kembali. Aparat keamanan sudah menjamin keamanan. Jadi tolong kembali," kata Hidayat.
Aktivitas Kota Palu mulai menggeliat


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...lai-menggeliat

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Aktivitas Kota Palu mulai menggeliat Infrastruktur Palu membaik, tanggap darurat usai pekan ini

- Aktivitas Kota Palu mulai menggeliat Jatah fee proyek jadi modus terbanyak korupsi kepala daerah

- Aktivitas Kota Palu mulai menggeliat Tak ada proposal pengajuan utang di Bali

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di