alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Medcom.id /
Ratna Jauhkan Prabowo dari Swing Voters
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbb0febdac13ef3338b456a/ratna-jauhkan-prabowo-dari-swing-voters

Ratna Jauhkan Prabowo dari Swing Voters

Ratna Jauhkan Prabowo dari Swing Voters

Jakarta: Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN-KIK) Abdul Kadir Karding merespons hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), tentang pengaruh kebohongan Ratna Sarumpaet. Meski tak lagi menjadi bagian dari timses Prabowo-Sandiaga, Ratna diprediksi tetap memberi dampak.


'Bisa jadi yang swing (voters), yang ngambang begitu, kemungkinan besar sangat kecil bergabung (memilih) ke Pak Prabowo,' kata Karding saat dihubungi, Senin, 8 Oktober 2018.


Pertimbangannya, kata dia, masyarakat Indonesia adalah masyarakat timur. Karakteristik masyarakat tersebut tidak suka pembohongan publik dilakulan. Apalagi hal itu menjadi bagian dari citra Prabowo, yang awalnya mengecam kabar pemukulan Ratna.


Kedua, kata Karding, pemberitaan tentang pembohongan Ratna terjadi sangat masif. Dan dilakukan saat Ratna menjadi bagian timses Prabowo.


Baca: Prabowo Sebut Ratna Sarumpaet Depresi


Sehingga, menyebabkan persepsi masyarakat bahwa ini dilakukan dengan maksud tertentu. 'Dia (swing voters) akan cenderung bergabung ke Pak Jokowi atau untuk memilih netral, misalnya,' kata Karding.


Ia juga menegaskan pemberitaan soal Ratna ini tak hanya jadi perbincangan masyarakat kota. Sampai ke akar rumput di desa-desa, Karding kerap ditanya terkait hal itu. Sehingga hal ini menjadi konsekuensi nasional. 'Ya, itulah akibat yang terjadi jika kita coba bermain-main seperti itu,' kata dia.


Terakhir, Karding juga merespons soal presentase suara Prabowo-Sandiaga yang tak bergeming lantaran kebohongan Ratna. Menurutnya, hal itu wajar, mengingat banyak die hard fans dari mantan Danjen Kopassus tersebut. Tapi Karding menilai bakal terjadi stagnansi dalam presentase pemilih Prabowo.


'Bisa jadi memang, pendukung Pak Prabowo, terutama yang keras dan loyal tidak berubah, tetapi sulit untuk bertambah dengan kasus hoaks Ratna Sarumpaet,' tandasnya.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/politik/...i-swing-voters

---

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di