alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kenapa PNS Wajib Pakai Batik Sedangkan Karyawan Swasta Tidak? Ini Jawabannya!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbb0aeec1cb1738358b4569/kenapa-pns-wajib-pakai-batik-sedangkan-karyawan-swasta-tidak-ini-jawabannya

Kenapa PNS Wajib Pakai Batik Sedangkan Karyawan Swasta Tidak? Ini Jawabannya!

Sebelum membahas panjang lebar tentang alasan kenapa PNS diwajibkan pakai batik. Yuk, kita kenalkan dulu dengan alasan kenapa Hari Batik Nasional ditentukan tanggal 2 Oktober.


Awal Mula Hari Batik Nasional 2 Oktober
Penetapan Hari Batik Nasional tanggal 2 Oktober berawal dari penetapan batik oleh UNESCO, sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Setelah penetapan tersebut, Indonesia menetapkannya sebagai Hari Batik Nasional. Penetapan Hari Batik Nasional ini juga tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009 Penetapan Hari Batik Nasional ini merupakan usaha pemerintah untuk meningkatkan martabat bangsa Indonesia dan citra positif di forum internasional.

Sebab, pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan dunia terhadap mata budaya Indonesia. Tujuan lainnya tentu saja untuk menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Indonesia.

Kenapa PNS Wajib Pakai Batik Sedangkan Karyawan Swasta Tidak? Ini Jawabannya!
Motif Batik Gentongan, Kameragentongan.com

Dalam pernyataannya saat mengumumkan batik sebagai Warisan Budaya Dunia, UNESCO mengatakan bahwa batik Indonesia, atau ‘teknik, simbolisme dan budaya di seputar proses pewarnaan menggunakan tangan pada kain katun atau sutra telah merasuki kehidupan orang Indonesia dari kelahiran sampai kematian’.

UNESCO mencatat bahwa bayi-bayi digendong menggunakan kain batik yang didekorasi dengan simbol yang dirancang untuk membawa keberuntungan bagi si anak, jenazah pun ditutupi dengan kain batik.

Pakaian dengan desain sehari-hari dipakai secara teratur dalam dunia bisnis dan akademis, namun motif batik lain secara khusus dimasukkan ke acara perayaan seperti pernikahan, upacara kehamilan, dan pertunjukan wayang.

UNESCO juga mencatat bahwa batik diwarnai oleh para perajin yang menggambar desain dengan titik dan garis serta lilin panas. Dan motif-motif yang digunakan mencerminkan beragam pengaruh, seperti kaligrafi Arab, buket bunga Eropa, dan burung phoenix khas Cina, serta pohon sakura Jepang dan merak India atau Persia.

Tradisi ini, menurut UNESCO, menunjukkan bahwa batik adalah identitas budaya orang Indonesia dan lewat makna simbolik warna serta motifnya, menunjukkan kreativitas dan spiritualitas orang Indonesia.

Jadi sudah paham bukan kenapa setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional?

Kenapa PNS Wajib Pakai Batik Sedangkan Karyawan Swasta Tidak? Ini Jawabannya!
okeline.com

Alasan PNS Wajib Pakai Batik
Nah, sekarang balik lagi nih ke pembahasan awal tentang “Kenapa PNS diwajibkan pakai batik?”

Ketentuan tentang pakaian dinas Pegawai Negeri Sipil (PNS) tertuang dalam Permendagri Nomor 6 Tahun 2016 tentang pakaian dinas pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Kemdagri dan Pemda. Dalam ketentuan tersebut tertuang penggunaan batik  selama dua hari sepekan, yakni Kamis dan Jumat.

Menurut Yuswandi A Temenggung, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) yang dilansir dari elshinta.com, alasan PNS mengenakan pakaian batik ini ………….

Selengkapnya klik di sini
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Saya dulu sekolah swasta, tapi sekali setelah pencanangan hari batik ini, sempat ulangan umum dengan berbaju batik. emoticon-Cool

tl;dr memakai batik di kepegawaian negara itu sudah diatur pemerintah, tapi swasta punya wewenang menentukan sendiri dresscode-nya.
Diubah oleh lupineprince
Yg gw bingung nape kemeja harga 200rebu aja udah nyaman n enak dipake
Sementara batik kudu beli yg harga sejutaan buat menyamai kualitas kemeja seharga nopekceng tsb ?


Contohlah orang jepang, korea, cina. Mereka pakai baju adat hanya ketika menghadiri acara acara yang sangat spesial, penting dan sakral.

Sehingga gak ada satupun bangsa yang menyepelekan baju adat kecuali bangsa Indonesia saja. Baju adat dibuat dari bahan bahan kualitas rendahan, dijahit oleh penjahit sembarangan, dimodel model gak karuan, dipakai buat seragam kerja. emoticon-Cape d... kesan batik jadi remeh banget.
Diubah oleh karyanakbangs4
Dan di daerah ada yang pake baju adat daerah mereka cuk cmiiw
Diubah oleh trimusketeers
Balasan post victorducatisti
Quote:


200rb?
gw ngantor pake kemeja cuma 50rb emoticon-Sorry
Balasan post peyotpetot
Quote:


Maksud gw kemeja biasa gan
Bukan kemeja yg ada lambang osisnya ..
hmmmmm....
ternyata klik disini to alesannya
yasudahlah
emoticon-Ngacir
hidup batik indonesia
ane kondangan pake batik gan
Balasan post peyotpetot
Quote:

trifting dong broo banyak kokk 50rban kualitas mewahemoticon-Wakaka
Quote:


Njirr baju cakar emoticon-Big Grin (Cap Karung), tapi lumayan bagus kualitasnya walaupun bekas, kadang nemu merek terkenal...

Populerkan Thrift Shop emoticon-2 Jempol
Ngomong2 soal Batik.... Bro Zieq dulu waktu masih Normal juga sukak Pakek Batik.... dan Celana....

Kenapa PNS Wajib Pakai Batik Sedangkan Karyawan Swasta Tidak? Ini Jawabannya!


Kenapa PNS Wajib Pakai Batik Sedangkan Karyawan Swasta Tidak? Ini Jawabannya!
di pt gg kalo hari sabtu apa jumat pake batik kok
Balasan post victorducatisti
Quote:


Gue pernah punya batik yang ada logo.manchester united-nya,
35 rebuu

emoticon-Cool
Akal2an rezim otoriter aja itu...

Nggak diwajibkan juga sama perintah agama...

Kurang kerjaan ngikutin aturan mengada2 spt itu...
karena PNS numpang hidup sama negara?jadi mereka wajib memenuhi segala kewajiban mereka kepada negara yang telah dibayar tiap bulannya,sberapapun konyolnya peraturannya.dari makan pake tangan kiri sampe baju batik.do it or they'll fined your ass

swasta adalah customer negara,baik perusahaan maupun karyawan,mereka adalah sapi perah pajak dan retribusi.negara hanya membuat regulasi yang bersifat wajib seperti undang undang tenaga kerjadan perizinan usaha
saya sering pake batik ..bahkan santai2 di rumah juga pake...


ga masalah...lagian batik tertentu cocok untuk sehari2....

batik banyak macemnya....

Bagus lah dipake jadi seragam. Kebudayaan itu macem bahasa, gak dipake lama-lama ngilang.


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di