alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Perbedaan dan Kemajemukan di Mata Donny Imam Priambodo
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbafe9096bde6b13a8b4569/perbedaan-dan-kemajemukan-di-mata-donny-imam-priambodo

Perbedaan dan Kemajemukan di Mata Donny Imam Priambodo

Perbedaan dan Kemajemukan di Mata Donny Imam Priambodo
Perbedaan dan Kemajemukan di Mata Donny Imam Priambodo
Jakarta -- Caleg DPR RI Partai Nasdem Dapil Jateng III Donny Imam Priambodo menekankan pentingnya memupuk sikap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Lebih-lebih, Indonesia kini tengah menghadapi pesta demokrasi dalam bentuk Pemilihan Presiden (Pilpres) yang akan dilangsungkan pada tahun 2019 nanti.

Dalam konteks Indoensia, ucap Donny, di mana terdapat beribu budaya, pulau dan aneka agama ini, tentu sikap demikian (memahami perbedaan serta kemajemukan) sangat dibutuhkan.
"Bangsa Indonesia yang besar ini, baik dalam konteks kuantitas, maupun secara kepribadian atau sikap, jangan sampai dibelah oleh faktor apapun. Tidak ada alasan yang cukup berharga untuk menjadi dasar alasan bagi kita untuk menjadi terkotak-kotak," ucap Donny saat diwawancarai soal komentarnya mengenai pilpres 2019 di Jakarta, Minggu (7/10/2018).
Kemajemukan yang ada di tengah-tengah bangsa Indonesia, lanjut Donny, tentu sangat banyak. Tetapi seabrek perbedaan ini, tidak pantas jika dilihat sebagai ajang permusuhan. Seharusnya, setiap perbedaan dimaknai sebagai perekat masyarakat.
Lebih jauh Donny menuturkan, banyak masalah yang terjadi di negara ini disebabkan kurangnya pemahaman masyarakat mengenai kemajemukan atau perbedaan. Sikap yang dimunculkan oleh sebagian kalangan saat menghadapi mereka yang berbeda, bukan dengan meminta penjelasan. Melainkan naik pitam.
Hal ini juga, katanya, berlaku pada perbedaan pilihan dalam pesta demokrasi. Tidak sedikit masyarakat yang menganggap masyarakat lainnya yang berbeda pilihan sebagai musuh. Kata musuh berarti mengindikasikan bahwa setiap yang berbeda harus ditumpas.
"Sikap semacam inilah yang berbahaya, yang dapat merongrong persatuan dan kesatauan bangsa kita. Berbeda itu mutlak dalam demokrasi. Jadi, jangan anti sama mereka yang berbeda. Cobalah dialog. Dengan demikian, pemahaman dan wawasan kita akan lebih beragam", jelas Donny.
Dia juga berharap, pada Pemilihan Presiden 2019 (Pilpres) mendatang masyarakat sudah semakin terbuka dan dewasa.
 Tetapi, lanjutnya, harapan hanya tinggal harapan jika tidak dibarengi dengan upaya. Dan upaya ini tidak bisa dijalankan hanya dari satu elemen saja. Misalkan hanya berfokus pada pemerintah saja, atau sebaliknya, tentu upaya ini tidak akan maksimal. Karenanya, upaya ini harus dilakukan dari dua arah: masyarakat dan pemerintah. (MN)
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Yg diatas menciptakan kita berbeda2 supaya dunia lebih indah ..
Ibarat kalo siomay isinya pare semua mana enak ? Kudu ada kentang, kol, kulit bebi, tahu, dll
Kalau semua bergorden mana sedap dilat ?
Makanya dikasih yg berhotpen buat netralisir pemandangan butek n bigot ..
Haduh si priabodoh ini lg ngiklan


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di