alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Bermacam Permasalahan Sosial Yang Di Sebabkan Oleh Kemiskinan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbad8a0d675d4255d8b4569/bermacam-permasalahan-sosial-yang-di-sebabkan-oleh-kemiskinan

Bermacam Permasalahan Sosial Yang Di Sebabkan Oleh Kemiskinan

Di Daerah tempat saya tinggal, merupakan dearah dengan jumlah penduduk miskin yang cukup banyak. Penduduk miskin tersebut mempunyai beberapa matapencaharian yang mereka geluti di setiap harinya, ada yang bertani, nelayan, maupun sebagai karyawan pabrik. Dan tidak sedikit pula diantara mereka telah berkeluarga dan memiliki anak.

Jenis pekerjaan yang mereka geluti saat ini cukup menyita waktu mereka, sebagai contoh adalah seorang karyawan di sebuah pabrik. Bekerja di pabrik tentunya masalah disiplin waktu akan selalu di perhatikan,di mana pada umumnya, sebuah pabrik menerapkan lama jam kerja antara 7 sampai 8 jam setiap harinya. Jika jam masuk kerja pukul 07.00 pagi maka pada pukul 03.00 sore adalah akhir waktu jam kerja, terkecuali jika mereka melakukan lembur. Dan waktu untuk kerja lembur ini tidak dapat di tentukan seberapa lama waktu yang di butuhkan, tergantung kebijakan pabrik.
Pun demikian bagi mereka yang bekerja sebagai petani, petani akan berangkat kerja
Pada pagi hari dan akan pulang sore, dan mungkin juga sampai larut malam. Mereka tidak punya pilihan lain, karena jika ingin mendapatkan penghasilan besar mereka harus meluangkan waktu sebanyak mungkin untuk bekerja. Karena di daerahku upah para pekerja bisa di bilang masih rendah.

Gaji dari pekerjaan mereka terkadang tidak mencukupi Untuk kebutuhan keseharian mereka. Karena pada saat ini harga kebutuhan pokok semakin meningkat seiring berjalanya waktu.
Ketika mereka menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bekerja, maka ada waktu yang harus di korbankan, waktu yang di korbankan dalam hal ini adalah waktu berkumpul bersama keluarga. Bagi mereka yang telah berkeluarga dan memiliki anak. Waktu kebersamaan bersama keluarga menjadi sesuatu yang sangat penting. Karena anak akan membutuhkan pola asuh, kasih sayang, perhatian dari orang tuanya. Dan apabila beberapa hal tersebut jarang atau malah tidak pernah di berikan oleh orang tuanya, maka akan berdampak signifikan terhadap perkembangan kedewasaan anaknya kelak. dalam kehidupan sehari-hari, dimana seorang anak akan berada pada lingkungan fisik, lingkungan sosial internal dan eksternal. Oleh karena itu, sikap anak terhadap lingkungannya sangat dipengaruhi oleh bagaimana pola asuh yang diterapkan oleh orangtuanya.

Permasalahan atas minimnya pengasuhan orang tua sering berakibat munculnya kenakalan remaja, vandalisme, penggunaan obat-obatan terlarang, hingga sexualitas. Di daerah saya permasalahan semacam ini sudah sering terjadi.

Jika di pelajari lebih mendalam. Akar dari semua permasalahannya adalah Kemiskinan. kemiskinan akan berdampak pada semua aspek kehidupan sosial.
Bagi keluarga miskin, mereka akan menghabiskan waktunya hanya untuk mendapatkan penghasilan lebih walupun harus mengorbankan waktu berkumpul bersama keluarga dan khususnya pada buah hatinya. Karena pada dasarnya polapikir mereka telah diatur pada situasi yang sama, yaitu mereka berusaha tentang bagaimana cara yang di lakukan untuk terlepas dari jerat kemiskinan ini dengan giat bekerja.

Persoalan kenakalan remaja ini timbul sebagai akibat dari Pola Asuh Indulgent atau Penelantaran

Pola asuh seperti ini sendiri menelantarkan anak secara psikis, kurang memperhatikan perkembangan anak. Orangtua membiarkan anak berkembang sendiri tanpa mengawasi perkembangannya, dan orangtua lebih memprioritaskan kepentingannya sendiri karena kesibukan.

Ciri-ciri pola asuh Indulgent adalah:

Anak bersifat nakal, lemah, tergantung dan bersifat kekanak-kanakan.
Acuh tak acuh atau cuek terhadap segala hal yang menyangkut tentang dirinya.


Dampak pola asuh Indulgent terhadap perilaku belajar anak

Adapun dampak yang akan terjadi apabila orang tua menerapkan pola asuh Indulgent atau Laissez faire, adalah:
Anak dengan pola asuh ini paling potensial terlibat dalam kenakalan remaja, seperti; penggunaan narkoba, merokok di usia dini dan tindak kriminal lainnya.
Impulsive dan agresif serta kurang mampu berkonsentrasi pada suatu aktivitas atau kegiatan.
Anak memiliki sikap frustrasi lebih besar.

Karena seharusnya Menyepakati pola asuh yang paling efektif dalam keluarga adalah penting, karena pola asuh pada tahun-tahun awal kehidupan seseorang akan melandasi kepribadiannya di masa yang akan datang.

Permasalahan berikutnya, Kemiskinan dapat pula berakibat pada rendahnya pendidikan masyarakat. Masyarakat di daerah saya Dalam memperoleh akses terhadap pendidikan masih terkendala oleh kondisi keuangan. Bagaimana mungkin orang tua akan menyekolahkan anak mereka kejenjang lebih tinggi sementara kebutuhan sehari-hari mereka terkadang tidak mencukupi. Mengingat pendidikan di indonesia tidak di gratiskan.

Diubah oleh: Danymifta
Urutan Terlama
kismin tuh apa2 mahal
Orang kaya itu murah, tempat tidur nya murah, mobil nya murah..
yg kismin pengen nya nempel karena emang rasa nya enak banged
klo orang kaya menuju rumah gubuk berlantai tanah, maw tidur rasa nya mahal
maw mandi rasa nya mahal, apa2 mahal. bikin gak betah.
Balasan Post mibmobz
Bener atuh


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di