alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Kejutan Banksy: Merajang lukisan Rp20 M di Sotheby's
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbad19698e31bcb3f8b4584/kejutan-banksy-merajang-lukisan-rp20-m-di-sothebys

Kejutan Banksy: Merajang lukisan Rp20 M di Sotheby's

Kejutan Banksy: Merajang lukisan Rp20 M di Sotheby's
"Gadis dengan Balon" karya Banksy (2002) versi semprotan tembok di London, Inggris, sebagai bentuk simpati terhadao pengungsi Suriah. Versi semprotan di atas akrilik hancur sendiri setelah terjual di balai lelang Sotheby's, London, Inggris (5/10/2018).
Semenit setelah putus lelang, sehingga lukisan versi semprotan di atas akrilik "Gadis dengan Balon" (2006) itu laku 1, juta USD (Rp21,6 miliar), si barang lelangan dalam bingkai keemasan itu terajang sendiri. Menjadi kaul (Jawa: kawul). Ya, lembar-lembar sempit memanjang hasil rajangan.

Padahal itu karya Banksy, perupa seni jalanan, yang mengilhami antrero jagat – termasuk Indonesia. Gaya semprot tembok dengan karton cetakan (mal) – disebut juga seni stensil – adalah langgam Mbanksy.

Peristiwa itu terjadi balai lelang Sotheby's, London, Inggris, Jumat lalu (5/10/2018). Hadirin kaget. Dari bingkai lukisan menjulurlah kertas rajangan. Serupa hasil kerja paper shredder. Tapi tak seluruh bidang terajang. Masih ada yang tersisa.

Banksy, sang pelukis yang membuat versi semprot (stensil) di tembok London pada 2002, pekan lalu mengatakan bahwa dirinya diam-diam memasang perajang kertas di balik bingkai.
View this post on Instagram . "The urge to destroy is also a creative urge" - Picasso
A post shared by Banksy (@banksy) on Oct 6, 2018 at 10:09am PDT

Dalam akun Instagram terverifikasi, Banksy mengutip pelukis Pablo Picasso (1881 – 1973): "Dorongan untuk menghancurkan juga merupakan dorongan kreatif". Namun sejumlah catatan menyebutkan ujaran itu dari Mikahil Bakunin (1814 – 1876), seorang filsuf dari Rusia yang dekat dengan gagasan anarkistis.
Perajangan dengan remote controller
Menurut BBC.co.uk tahun lalu, lukisan "Gadis dengan Balon" adalah satu dari 20 karya seni favorit orang Inggris.

Tentang perajangan karya itu, The New York Times mengutip kesaksian Caroline Lang, ketua Sotheby’s Swiss, dalam akun Insragram privatnya: ada operator penghancuran karya.

Menurut Lang, seorang pria tampak mengoperasikan sebuah alat dalam tas, kemudian pria tersebut dibawa keluar oleh satpam.

Setelah kejadian itu, Alex Branczik, ketua bidang seni kontemporer Sotheby’s Eropa, mengatakan, "Kami baru saja ter-Banksy-kan."

Masalahnya siapa pemenang lelang atas barang yang kemudian dicincang itu?

Seperti jamaknya lelang karya seni, Sotheby's tak mau mengungkapkan pembeli barang rajangan itu.
Misteri Banksy
Siapa Banksy hingga kini masih misterius. Khalayak hanya mengenalnya sebagai perupa seni jalanan (street artist) sekaligus aktivis. Karya-karyanya menggedor kesadaran publik.

Banyak "pengebom tembok" (dan pemiilik properti) terilhami oleh Banksy. Di McDonald's Kemang, Jakarta Selatan, misalnya. Lima tahun lebih gambar semprotan di dinding atas luar itu bertahan. Belum jelas siapa yang membuat.

Umumnya karya-karya Banksy bukan untuk kepentingan komersial. Namun akhirnya menjadi barang dagangan, mahal pula. Bila perlu kolektor mendapatkannya melalui jalur haram.
Kejutan Banksy: Merajang lukisan Rp20 M di Sotheby's
"Pekerja Budak (Bocah Bendera)" , karya Banksy (2012) di atas lempeng tembok toserba Poundland, London. Karya itu dicuri lalu sampia balai lelang seni di Miami, Amerika Serikat
"Pekerja Budak (Bocah Bendera)" (2012), misalnya. Karya berupa anak kecil menggunakan mesin jahit, yang disemprotkan pada dinding luar toserba Poundland, London, itu dicongkel orang. Lalu menurut The Guardian, (18/2/2013), tahu-tahu lukisan itu muncul dalam lelang di Miami, Amerika Serikat, ditawarkan sampai 700.000 GBP (Rp14 miliar).

"Pekerja Budak (Bocah Bendera)" oleh publik ditafsirkan sebagai simpati terhadap pekerja anak dan sekaligus mengejek perayaan 60 tahun tahta Ratu Elizabeth II. Belum jelas bagaimana melepas plester tembok. Yang tampak, menurut foto Harringay Online, sebuah situs komunitas warga, adalah jejak bolong.

Pihak toko, selaku pemilik tembok, tak mengklaim karya itu sebagai miliknya. Namun toko itu merasa kehilangan. Bagi Banksy sih, setiap karya dia biarlah berada di tempatnya masing-masing.
We would like to confirm that we are NOT responsible for either selling or removing the Banksy mural. We are currently investigating.
— Poundland (@Poundland) February 17, 2013Kejutan Banksy: Merajang lukisan Rp20 M di Sotheby's


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-m-di-sothebys

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kejutan Banksy: Merajang lukisan Rp20 M di Sotheby's Tak ada proposal pengajuan utang di Bali

- Kejutan Banksy: Merajang lukisan Rp20 M di Sotheby's Kenaikan harga BBM jadi solusi selamatkan cadangan devisa

- Kejutan Banksy: Merajang lukisan Rp20 M di Sotheby's Anjing Indonesia punya KTP, manusianya belum tentu

Urutan Terlama


Ane lihat di tv katanya itu hanya prank, jadi lukisan aslinya masih ada.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di