alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
8 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Menyambut Usia 25
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbacae99e7404410f8b4572/8-pertanyaan-yang-harus-kamu-jawab-sebelum-menyambut-usia-25

8 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Menyambut Usia 25

8 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Menyambut Usia 25

Sering mendengar istilah “quarter life crisis”? Usia 25 tahun dianggap sebagai gerbang menuju fase dewasa yang sesungguhnya. Makin banyak target yang ingin dicapai dan hidup terasa lebih menantang.

Kamu mulai memikirkan pernikahan, sebuah tahapan baru yang harus dipersiapkan matang-matang. Mencemaskan pekerjaan apakah cukup untuk bekal masa tua. Hubungan dengan orang lain pun terasa gak sesimpel dulu, kamu makin selektif dalam berteman.

Apakah menjadi dewasa memang rumit dan menakutkan? Gak kok, jawab dulu 8 pertanyaan di bawah ini biar lebih siap menyambut usia 25.


1. Sudahkah aku mengenali titik lemah dan kuat pada diri sendiri?
8 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Menyambut Usia 25
Biar siap menghadapi tantangan hidup yang lebih banyak lagi, kamu harus mengenal diri sendiri dengan baik. Kenali apa titik lemah dan kuat pada dirimu.

Seimbangkan keduanya, jadikan kekuatan untuk mengatasi kelemahan. Kamu gak perlu memaksa diri jadi sempurna. Terima kelemahan yang masih ada dalam diri, sambil terus belajar menjadi lebih baik.


2. Dalam kondisi tertekan, masih bisakah aku memfungsikan akal sehat?
8 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Menyambut Usia 25
Makin bertambah tua usia kita, tantangan hidup pun pasti lebih banyak. Gak jarang muncul masalah yang bikin kita tertekan. Bukannya mencari solusi, kondisi tertekan ini kadang jadi jebakan yang bikin kita sulit berpikir jernih.

Coba deh tanya pada diri sendiri, sudah sebaik apa kamu memfungsikan akal sehat? Bisa gak tetap menenangkan diri saat masalah datang bertubi-tubi?


3. Apakah aku bahagia berada di tengah lingkungan yang sekarang kutinggali?
8 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Menyambut Usia 25
Gak ada yang salah dari berkurangnya jumlah teman seiring pertambahan usia. Kamu berhak memilih, ingin hidup dikelilingi orang-orang yang seperti apa. Makanya penting banget menanyakan ke diri sendiri, sudahkah kamu bahagia dengan lingkungan sekitarmu sekarang?

Lingkungan itu gak cuma tempat tinggal saja lho. Termasuk kampus, kantor dan lingkaran pertemanan. Kamu berhak kok pindah ke tempat lain atau membatasi diri, jika sudah merasa cukup terganggu di lingkungan itu.


4. Mana yang sudah lebih banyak kulakukan, membantu atau memerintah?
8 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Menyambut Usia 25
Semakin lama hidup di dunia, pasti kamu pengin kan jadi lebih bermanfaat buat banyak orang? Kalau gitu, sekarang tanyakan ke diri sendiri selama ini lebih banyak membantu atau memerintah orang lain?

Sekalipun menjadi ketua atau atasan, jangan sampai jabatan membuatmu terlena. Setiap kali memberi instruksi pada orang lain, gunakan cara bicara yang baik.

Membantu itu termasuk perbuatan baik yang punya manfaat dua arah. Bikin orang yang dibantu merasa senang dan kebahagiaan itu menular, memberi efek positif buat kamu.


5. Sejauh ini, apakah aku sering mencari alasan dan pembenaran?
8 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Menyambut Usia 25
Dulu sewaktu kecil, kita tanpa sadar sering banget mencari-cari alasan biar gak dimarahin orang tua. Sikap ini terlihat lucu kalau dilakukan anak-anak. Tapi gak lucu dong kalau sudah dewasa masih suka cari alasan dan pembenaran.

Kamu masih sering melakukannya gak? Menjadi dewasa itu saatnya bersikap lebih jujur dan besar hati. Jangan malu mengakui kesalahan atau kekalahan, yang penting terus belajar untuk memperbaiki diri.


6. Sudah berapa banyak masalah hidup yang berhasil kuselesaikan sendiri?
8 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Menyambut Usia 25
Semakin dewasa usiamu, harus lebih mandiri dan gak bergantung pada orang lain. Termasuk saat menyelesaikan masalah, kamu dan dirimu harus menjadi tim yang solid. Karena sebenarnya, gak ada yang bisa memahami kamu sebaik dirimu sendiri.

Sejauh ini, sudah berapa banyak masalah yang bisa kamu tangani sendiri? Anggap bantuan dari orang lain sebagai bonus. Kamu sendiri yang harus lebih banyak bergerak. Aktif mencari solusi, bukan malah berlarut-larut meratapi.


7. Apakah semua keputusan yang kubuat sudah sesuai pilihan sendiri?
8 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Menyambut Usia 25
Sudah menginjak 25 tahun tapi masih belum berani bikin keputusan sendiri? Wah, jangan sampai ya, guys! Tunjukkan ke orang tua dan orang lain di sekitar bahwa kamu sudah cukup mandiri. Bisa bertanggungjawab atas diri sendiri dan berhak menentukan pilihan sesuai kata hati.

Saran dan nasehat dari mereka memang harus kita dengarkan dengan baik. Disikapi dengan bijak, ambil yang sesuai dengan prinsip kita. Tapi soal keputusan semuanya ada di tanganmu, yang penting gak merugikan buat orang lain.


8. Seberapa sering aku mengeluh?
8 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Menyambut Usia 25
Kamu tahu gak apa yang sebenarnya bikin hidup kadang terasa begitu berat? Karena kita doyan banget mengeluh. Saking mudahnya mengeluh, kita sampai gak sadar sudah terlalu sering melakukannya.

Coba kamu renungkan, mengeluh itu ada manfaatnya gak sih? Justru membuat kita jadi sedih dan makin malas bergerak.

Kamu yang sebentar lagi menginjak usia 25 tahun, coba jawab semua pertanyaan di atas. Share yuk di kolom komentar, pertanyaan nomor berapa nih yang paling membuatmu termotivasi?


Sumber : https://www.idntimes.comlife/inspira...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 8 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Menyambut Usia 25 7 Catatan Inspiratif Najwa Shihab untuk Kamu Generasi Millennial

- 8 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Menyambut Usia 25 Opini Mampukah Generasi Millennial Memimpin Bangsa Ke Depan

- 8 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Menyambut Usia 25 Geng Millennial Mama Donasikan Barang Preloved untuk Amal

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di