alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
e-Sports, e-sports, esports, atau eSports?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbaaef39e7404cc168b4578/e-sports-e-sports-esports-atau-esports

e-Sports, e-sports, esports, atau eSports?

e-Sports, e-sports, esports, atau eSports?


Di tengah kegencaran media memberitakan kepada publik informasi tentang pertandingan, permainan, dan juga kehidupan para pemain profesional di dunia esports, masyarakat Indonesia kini telah memiliki rasa ketertarikan yang tinggi untuk mencari tahu lebih banyak berita seputar industri esports yang sangat menjanjikan ini. Pamor esports saat ini memang sedang naik daun, khususnya di kalangan para pecinta game dan khalayak awam.

Namun, pada beberapa pemberitaan media melalui artikel maupun running text-nya pada suatu siaran, istilah ‘esports’ sering dituliskan dengan berbagai varian. Beberapa penulisan menggunakan garis pemisah, seperti pada ‘e-Sports‘ dan ‘e-sports‘; sedangkan yang lain tidak: ‘esports’, ‘eSports’ atau bahkan ada yang menggunakan istilah ‘e-gaming‘. Inkonsistensi pada penulisan istilah tersebut secara tidak langsung dapat membuat kebingungan di masyarakat. Lalu, bagaimana cara menuliskannya?

e-Sports, e-sports, esports, atau eSports?


ebelum menentukan mana yang benar atau salah, ada baiknya mengetahui asal usul istilah esports itu sendiri. ‘Esports’ merupakan singkatan dari electronic sports yang berasal dari bahasa Inggris dan jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, akan memiliki arti sebagai olahraga elektronik. Esports masih tergolong baru jika dibandingkan dengan cabang olahraga lainnya sehingga istilah ataupun terminologi tersebut masih belum dapat kita temukan di Kamus Besar Bahasa Indonesia. ‘e-Sports‘, ‘e-sports‘, ‘esports‘, dan ‘eSports‘ memiliki pelafalan yang sekilas sama sehingga tidak dapat dideteksi secara jelas benar atau tidaknya penulisan tersebut.

Pada beberapa kesempatan, penulisan istilah esports mungkin tidak berakibat fatal sehingga terkesan diabaikan. Hal ini tentu tidak boleh dibiarkan begitu saja. Penulisan istilah atau terminologi esports harus memiliki bentuk yang disepakati, layaknya sepak bola, bola basket, tenis meja, bulu tangkis dan lainnya. Media memiliki peran yang penting untuk tidak menimbulkan kebingungan istilah esports di tengah masyarakat.

e-Sports, e-sports, esports, atau eSports?


Di sisi lain, merujuk pada English Oxford Living Dictionaries, jenis penulisan yang digunakan adalah dengan menggunakan garis penghubung, ‘e-sports‘. Namun, menurut observasi pada Google Trends terhadap hasil pencarian di Google menggunakan kata kunci pencarian esports, dapat dilihat bahwa kebanyakan pengguna internet menggunakan kata kunci ‘esports’ dan ‘eSports’, meskipun kedua kata kunci tersebut dipandang sama oleh Google. Kata ‘esports’ yang tidak menggunakan garis penghubung memiliki kemiripan dengan penulisan kata ‘e-mail’, yang sekarang menjadi ‘email’.

e-Sports, e-sports, esports, atau eSports?

Hasil pencarian keyword esports dan e-sports pada Google Trend


Seiring berjalannya waktu, garis penghubung tersebut akan melebur dan tidak digunakan lagi oleh kebanyakan masyarakat. Mereka akan lebih sering menuliskannya tanpa menggunaan garis. Bisa jadi penulisan tanpa tanda hubung tersebut mempermudah orang dalam menulis kata esports. Penulisan ‘esports’ juga lebih sering digunakan oleh perusahaan di industri esports. Tren penulisan tersebut menjadi suatu kesepakatan secara tidak langsung. Pada akhirnya, penulisan istilah yang benar dan disepakati bersama adalah ‘esports‘; dan ‘Esports‘ jika digunakan pada awal kalimat.

Sumber : esportsnesia.com

Baca Juga Hot Thread lainnya seperti :
1. 3 Pelajaran Kehidupan dari PUBG
2. 5 Atlet Esports Indonesia yang Go International
3. 4 Alasan Mengapa Esports Adalah Olahraga
4. 4 Aksi Kemanusiaan di Esports
5. Perspektif: Esports dan Hak Kekayaan Intelektual
6. Melirik Kesuksesan Game Battle Royale
7. Apakah Kita Butuh Kompetisi Esports Khusus Perempuan?
8. Kesehatan: Kunci Karir Jangka Panjang Atlet Esports
9. Cerita Manis Vainglory Bekasi Community, Komunitas Esports Muda di Tanah Jawa
10. Keramahtamahan AOV Surabaya Community
11. Pantaskah Esports Menjadi Cabang Olahraga di Olimpiade?
12. 3 Alasan Mengapa Mobile Esports Menjadi Tren
13. Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?
14. Seksisme Dalam Industri Video Game
15. Potret Industri Esports Indonesia (Bagian 1)
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
kayak kasus Spiderman, SpiderMan, Spider-man atau Spider-Man emoticon-Wakaka
Esport sih sering ditulis klo ada event gitu


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di