alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sandi Uno: Sepiring Makan Siang di Jakarta Lebih Mahal dari Singapura
3.5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bba941cd675d4370a8b4567/sandi-uno-sepiring-makan-siang-di-jakarta-lebih-mahal-dari-singapura

Sandi Uno: Sepiring Makan Siang di Jakarta Lebih Mahal dari Singapura

JawaPos.com - Salah satu isu yang menarik dibahas dalam kampanye pilpres adalah soal ketahanan pangan dan harga bahan pokok makanan yang dapat diakses oleh masyarakat. Calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno mengaku pihaknya bakal fokus mengurus hal tersebut di samping isu lapangan kerja.
Sandi Uno: Sepiring Makan Siang di Jakarta Lebih Mahal dari Singapura

Dalam kunjungannya ke kantor Jawa Pos, Sandi mengatakan harga bahan makanan di Indonesia lebih mahal dengan negara Asia Tenggara lainnya. Hal ini karena panjangnya rantai distribusi yang menjadi kendala sejak lama.
“Bahan makanan di Indonesia lebih mahal dibandingkan di negara (ASEAN) lain. Sepiring makan siang di Jakarta lebih mahal dari sepiring makan siang dengan kualitas yang sama di Singapura, Thailand juga sama,” kata Sandi di kantor Jawa Pos, Jakarta, Kamis (4/10).
Akan tetapi, kata Sandi, mahalnya harga sepiring makan siang itu tak sebanding dengan pendapatan yang dihasilkan oleh petani. Pasalnya, petani yang juga merupakan konsumen beras mesti mengeluarkan biaya juga untuk membeli pupuk sehingga kalaupun penghasilannya naik namun tetap tergerus.
“Harga bahan pokok itu tak mencerminkan menguatkan nilai tukar petani. Harga belinya tinggi tapi ongkos petani juga meningkat dari pupuk dan penghasilannya tidak naik. Itu yang bikin petani jadi tidak sejahtera,” kata Sandi.
Beberapa waktu lalu, peneliti dari Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) mengeluarkan riset bahwa lima jenis bahan pangan Indonesia lebih mahal dibandingkan Singapura, Malaysia, dan Thailand. Terutama beras dan garam.
Berdasarkan Indeks Bulanan Rumah Tangga CIPS pada Juli 2018, harga beras dengan jenis yang sama di Indonesia mencapai Rp 12.560 per kg, sedangkan Singapura hanya Rp 11.635/kg, Malaysia Rp 9.183/kg, dan Thailand Rp 7.419/kg. Sementara garam di Indonesia Rp 10.980, Singapura Rp 8.779, Malaysia Rp 3.013, dan Thailand Rp 4.313.

CIPS juga melaporkan jika dua per tiga petani di Indonesia masih lebih banyak membeli makanannya daripada yang mereka tanam sendiri. Namun, sebanyak 62 persen atau 34,3 juta jiwa di antaranya tergolong miskin atau rentan, dengan penghasilan kurang dari USD 1,90 per hari atau hanya Rp 850 ribu per bulan.
(ce1/uji/JPC)


susu

--
pantes pengusaha lebih suka makan siang di singapore, demi menghemat pengeluaran toh 

Diubah oleh: unwell
Halaman 1 dari 12
terlalu banyak kapitalis malas serakah di negeri ini
Nasi rames di singapur brapa nok?
nasi uduk pakai semur jengkol ada di singapur ya?
soal supply chain yg jadi masalah.. ane setuju no..
satu lagi, di kita kebanyakan pungli.. emoticon-Smilie
tanya yang udah pernah ke sana, yang komen seperti saya belum pernah..jadi ga tau mau komen bener atau ga
Berapa % rakyat indonesia yg blm pernah ke singapur? Yg uda pernah pasti tau berapa harga makanan disana. Ini hoak gk?
Ini perbandingannya sudah perbandingan rata2 atau perbandingan terendah nggak? Ente bandingin street food Singapura sama cafe besar Jakarta, ya jelas jauh harganya. Harus jelas perbandingannya.

Kapan ente bisa makan cuma dengan Rp10000 di Singapura?
makannya di mall ya jelas nok emoticon-Big Grin
Wakakak.. bahaya buat dijadiin pegangan ngitung biaya makan buat yang mau kesana nih...

Uno makan enak melulu kali selama disono..
cuma warga jakarta yg tau...........................
Bentar2 ada gt di singapore makan lbh murah dr warteg di jkt?
Kentut mulu loe san..

Gw ke singapore 8thn lalu, harga makanan disana 8thn lalu aja msh lbh mahal drpd makan disini tahun ini. Kualitas sama, sama2 sate ayam, sama2 nasi campur, tp harga beda jauh.

Apalg disana ga ada warteg, pkl.

Terlalu ngibulnya. Mentang2 byk rakyat indo yg blm pernah kesana.

Unox makan siang dimana? Dijakarta makan siang didaeah kantor kantor bonafit yg isinya perusahaan multinasional bisa makan siang dengan harga bervariatif 18rb, 25rb, sampai 50rb diatas 100rb semua ada.....tinggal pilih sesuai kantong hobi dan selera.....
Ya tergantung makannya di mana?? Kl di warteg mah 10rb jg masih dpt telor ama teh anget.......

Di singapore sarapan ekonomis ajah sekitar 3$ ini cuma dpt carrot cake atau bubur polos atau roti srikaya ama kopi....brati +- 30rban.... Trakir gw disono makan jarang di mall sehari kurang lebih 150rban lah habis buat makan ama minum doang.


Hadehhhhh gini lo statement yg bikin senjata makan tuan....pdhl pinter dan bermartabat....tolkng dong bikin program saingan yg bermutu pak uno.....
Diubah oleh perfectshine
Balasan Post winterstrom22
Quote:


Saya kasih data pembanding yang realistik:

https://www.expatistan.com/price/rice/singapore

Basic Lunchtime di Singapore itu sekitar SGD 12 sekali makan.
Ini realistik, dan bisa jadi pembanding yang pernah jalan-jalan di foodcourt Singapore atau makan ditepi jalan.
Dengan kurs hari ini, SGD 12 adalah sekitar Rp. 120.000,an.
Apakah betul ini lebih murah dari sekali makan siang di Jakarta?

Tentu saja, jika maka siangnya di Sheraton atau Four Season.
Tapi kalau makan siang Soto Madura atau Nasi Kapau, ya paling Rp. 50.000-an


mosok sih?sulit di percaya
jd wagabener kerjanya garong anggaran siapa yg mau percaya bacotan ngibol badot ini
Pler,.... Gegara gua mau hemat uang sangu dari kantor pas dinas ke sana, gua bawa mie goreng Nok!... Lu tahu makan disana kena berapa Nok?.... Kalau murah karyawan kayak gua bisa makan semau gua, karena buat ukuran gua aja makan di sing udah mahal.... Ngomong pake bol
Halaman 1 dari 12


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di