alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Komitmen bantuan asing mencapai Rp220 miliar sesuai kebutuhan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bb9476254c07a4b5e8b4571/komitmen-bantuan-asing-mencapai-rp220-miliar-sesuai-kebutuhan

Komitmen bantuan asing mencapai Rp220 miliar sesuai kebutuhan

Komitmen bantuan asing mencapai Rp220 miliar sesuai kebutuhan
Sejumlah warga korban gempa tsunami mengambil bantuan yang dibawa oleh prajurit TNI bersama relawan di Sirenja, Desa Tondo, Donggala bagian utara, Sulawesi Tengah, Sabtu (6/10/2018).
Pemerintah telah memutuskan menerima bantuan dari negara asing untuk gempa Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Total komitmen bantuan asing untuk membantu penanganan pascagempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah mencapai Rp220 miliar.

Dari 25 negara yang sudah menyatakan komitmennya untuk membantu, 18 negara sudah merealisasikan bantuannya. "Kami akan memastikan niat baik dari negara-negara sahabat untuk membantu kita bisa terealisasi," ujar Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir melalui Antaranews.

Sejumlah negara yang sudah merealisasikan bantuannya bagi korban bencana Sulteng yaitu Korea Selatan, Jepang, Swiss, Singapura, China, Qatar, Turki, India, Spanyol, Vietnam, Malaysia, Australia, Selandia Baru, Inggris, Pakistan, Rusia, Denmark, dan Amerika Serikat.

Bantuan asing tersebut disalurkan sesuai kebutuhannya, misalnya bantuan dari negara-negara melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sementara dari organisasi internasional melalui Palang Merah Indonesia (PMI).

Menurut Fachir, Indonesia menerima berbagai bentuk bantuan asing mulai dari angkutan udara, genset, tenda, alat pemurni air, rumah sakit lapangan, fogging, dan bantuan dana.

Sumbangan yang sifatnya finansial, kata dia, tidak seluruhnya digunakan untuk masa tanggap darurat tetapi juga diarahkan untuk fase rehabilitasi dan rekonstruksi.

"Untuk rehabilitasi dan rekonstruksi nanti akan disiapkan mekanisme penyalurannya, dengan koordinasi di bawah Kemenkopolhukam," kata Fachir.

Sebagai bagian dari satgas tanggap darurat penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Kemlu telah mendirikan tiga posko di Palu, Makassar, dan Balikpapan untuk memudahkan mengoordinasi penyerahan bantuan.

Khusus untuk pesawat asing pengangkut bantuan kemanusiaan diarahkan ke bandara di Balikpapan. Pangkalan TNI AU Balikpapan menjadi penyangga utama posko bantuan bencana di Sulteng.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan penanganan dampak bencana dan bantuan berjalan baik.

Jaringan listrik di wilayah terdampak telah pulih 50 persen. Sedangkan 70 persen pasokan bahan bakar minyak (BBM) telah kembali normal. Telekomunikasi pun sebagian pulih meski memerlukan waktu.

Sutopo mengakui masih ada empat kecamatan yang belum bisa terakses sepenuhnya untuk bantuan. Oleh sebab itu, aparat terus berusaha menembus daerah ini.

Hingga Jumat (5/10/2018), BNPB mencatat 1.649 jiwa meninggal dan telah dimakamkan semua. Selain korban jiwa, 2.549 orang terluka akibat gempa. Sementara sebanyak 265 orang masih dinyatakan hilang. Ada juga 62.359 jiwa pengungsi yang tersebar di 147 titik.
Komitmen bantuan asing mencapai Rp220 miliar sesuai kebutuhan


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...suai-kebutuhan

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Komitmen bantuan asing mencapai Rp220 miliar sesuai kebutuhan Puan Maharani minta rehabilitasi Lombok dipercepat

- Komitmen bantuan asing mencapai Rp220 miliar sesuai kebutuhan Rawan bencana tapi minim dana

- Komitmen bantuan asing mencapai Rp220 miliar sesuai kebutuhan Balikpapan jadi pusat transit pesawat asing bermuatan bantuan

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di