alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dolar Naik, Pedagang Sayur Ketakutan: Kalau Harga Naik Terus, Mana Bisa Belanja?
3.95 stars - based on 19 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bb9253ed9d770ba118b4568/dolar-naik-pedagang-sayur-ketakutan-kalau-harga-naik-terus-mana-bisa-belanja

Dolar Naik, Pedagang Sayur Ketakutan: Kalau Harga Naik Terus, Mana Bisa Belanja?

TRIBUNJAKARTA.COM, SUKMAJAYA - Supri (35), pedagang sayur di Pasar Musi Depok mengaku kaget dan khawatir setelah mengetahui nilai tukar rupiah kian melemah hingga tembus Rp 15 ribu per Dolar AS.

Dari pengalaman berdagang sayur selama lima tahun, Supri menyebut melemahnya nilai tukar rupiah acapkali dibarengi dengan lonjakan harga sembako.

"Kalau Dolar naik sih saya tahu dari beberapa minggu lalu, tapi kalau sekarang sampai Rp 15 ribu per dolarnya saya baru tahu, kaget lah. Dua minggu ini harga Cabai udah naik Rp 10 ribu. Takutnya bisa jadi Rp 40 ribu sekilo nanti," kata Supri di Sukmajaya, Depok, Sabtu (6/10/2018).

Meski tak mengetahui pasti sebab kenaikan harga Cabai yang rata-rata naik Rp 10 ribu per kilogram, dia menduga melemahnya nilai tukar rupiah merupakan satu penyebabnya.

Dugaan Supri berdasar pada tak berubahnya kualitas sayur yang dibeli dari Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur dan ketidaktahuan pedagang Pasar Induk atas penyebab lonjakan harga.

"Kalau secara kualitas sih enggak berubah, sama saja. Makannya saya enggak tahu kenapa harga pada naik. Pedagang di Pasar Induk tempat saya beli juga enggak tahu kenapa," ujarnya.

Di lapaknya, satu kilogram Cabai keriting dijual Rp 40 ribu, Cabai rawit Rp 35 ribu per kilogram, dan Cabai hijau Rp 30 ribu per kilogram.

Sedangkan Cabai merah besar yang sebelumnya seharga Rp 25 ribu per kilogram naik hingga Rp 33 ribu per kilogram.

"Kalau Cabai itu naik semua, pusing lah pokoknya. Makannya dikasih tahu Dolar naik lagi ya takut, kalau harga naik terus mana bisa saya belanja. Pembeli juga pasti enggak bisa beli, sekarang saja sudah pada ngeluh," tuturnya.

Walau bukan lonjakan terburuk selama berdagang, Supri menyebut lonjakan harga Cabai sekarang lebih buruk dibanding saat bulan Ramadhan lalu.

Pasalnya tak hanya Cabai yang harganya melonjak naik, harga kol, wortel dan jengkol juga terkerek naik.

Dua pekan lalu harga jengkol di lapaknya Rp 18 ribu per kilogram, sekarang harga melonjak jadi 28 ribu per kilogram.

Satu kilogram wortel yang sebelumnya Rp 8 ribu melonjak jadi Rp 12 ribu per kilogram, sedangkan kol dari Rp 6 ribu per kilogram jadi Rp 13 ribu per kilogram.

"Selama dagang sih ini bukan kenaikan terburuk. Mulai naik dari dua minggu lalu, bingung sekarang mau jual berapa. Kalau dijual mahal enggak ada yang beli, jual murah saya yang rugi," keluh Supri.

http://jakarta.tribunnews.com/amp/2018/10/06/dolar-naik-pedagang-cabai-ketakutan-kalau-harga-naik-terus-mana-bisa-belanja


http://semarang.bisnis.com/read/20181006/536/846266/harga-kedelai-impor-di-kudus-naik-mengikuti-tren-nilai-tukar



http://jakarta.tribunnews.com/2018/10/06/lonjakan-harga-sayur-di-pasar-musi-depok-lebih-tinggi-dibanding-saat-ramadan


Dolar Naik, Pedagang Sayur Ketakutan: Kalau Harga Naik Terus, Mana Bisa Belanja?






Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
Spoiler for jokoblog:
Spoiler for jokoblog:
Spoiler for jokoblog:
Emang beli sayur sekarang pakai dolar.
ts e wayah ngubur iki wkkkkemoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
Lebay....sejak kapan tukang sayur beli sayuran pake dollar amerika😛😛😛
Pilih lg, otongakak
pengalihan isu ini emoticon-Big Grin
pedagang beli barang untuk dijual lagi... pembeli beli barang buat dikonsumsi.. sampek sini paham kan kelian
tenang bulan depan ekonomi meroket kok
Harga sembako yg mana yg naek akrena dolar? Emang belanja ke pasar make dolar. Lah kemaren gw belj ayam masih 26rb sekilo?
oplas saja masih pake rupiah emoticon-Big Grin
Balasan post wanifx
Quote:


tolol blog?

https://www.gatra.com/rubrik/nasional/352209-Harga-Beras-Naik-Sejak-September

http://bogor.tribunnews.com/2018/10/06/harga-beras-semua-jenis-naik-presiden-jokowi-dimintai-segera-lakukan-langkah-ini


http://jakarta.tribunnews.com/2018/10/06/lonjakan-harga-sayur-di-pasar-musi-depok-lebih-tinggi-dibanding-saat-ramadan

oh semua barang naik ya? tapi kenapa pasar selalu rame? penarikan uang di atm selalu antri? mcd berasa warteg? xxi selalu penuh? ane ga tau ya kita ekonomi turun dimananya, ane cuma rakyat kecil, harga bahan pokok sehari2 biasa aja tuh kebeli, stock beras ditoko juga melimpah.. mau dolar sampe 18000 pun tapi ekonomi rakyat rame gini mah kaga ngaruh juga... jangan menggiring opini kalo kita krisisemoticon-Big Grin
Ayo turunkan harga

Harga jual makin mahal, makin sedikit barang yang dibeli, pembelian makin dekat ke kebutuhan primer

Ayo turunkan harga harga...emoticon-Wink
sayuran itu tergantung dari suplai dan permintaan emoticon-Ngakak
sama cuaca

kemarin pas dolar cuma 12rb cabe bisa sampe 80kg
sekarang dolar 15rb cabe berapa coba emoticon-Ngakak



tapi ane sih ketawa soalnya dari depok
baru tau gua belanja primer bayar nya pake USD, apa mata uang kita pindah ke USD ya ? emoticon-Hammer
Bawang merah sekarang "mahal" banget gara2 dollar tinggi, 2000 aja bisa dapet serauk emoticon-Ngakak (S)
tempat saiya masih aman
tukang sayurnya masih tenang2 ja
mau ganti 1000 PRESIDEN juga percuma...
banyak mafia koruptor
#2019tembakmatikoruptor
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di