alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Jangan Maunya Gaji Gede Gan, Tapi Jadi Data Scientist Kudu Kuasai Skil-skil Ini
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bb4ddb4947868a6618b4568/jangan-maunya-gaji-gede-gan-tapi-jadi-data-scientist-kudu-kuasai-skil-skil-ini

Jangan Maunya Gaji Gede Gan, Tapi Jadi Data Scientist Kudu Kuasai Skil-skil Ini

Jangan Maunya Gaji Gede Gan, Tapi Jadi Data Scientist Kudu Kuasai Skil-skil Ini


Segala aktifitas yang kita lakuin itu adalah data, terlebih lagi sekarang kan kita lagi hidup di era digital yang semua hal yang kita lakuin di dunia digital tentu meninggalkan bekas, yaitu berupa data historis tentang aktifitas yang kita lakuin tuh apa aja. Sekumpulan data itu kalau diolah pasti kan bakal bermanfaat dengan bisa memberikan informasi bagi yang membutuhkannya. Kayak yang lagi trend sekarang ini nih gan, sejumlah perusahaan di berbagai industri lagi rame-ramenya nih mengadopsi teknologi machine learning dan nerapin data science demi ngedukung kelangsungan dan perkembangan bisnis perusahaan tersebut. Tapi semua itu tentu ga bisa jalan kalo nggak ada peran dari tenaga ahlinya alias data scientist, makanya banyak banget sekarang perusahaan buka loker khusus buat agan sista yang penggiat data. Nah, lewat kesempatan kali ini ane bakalan berbagi tentang data science skill set, dimana list skil berikut ini wajib dimiliki oleh GanSis yang mau bekerja berkecimpung di kerjaan yang tiap hari mainannya data. 

Sebelum lanjut kopinya disruput gan, tar keburu adem kan nggak enak emoticon-Big Grin

Jangan Maunya Gaji Gede Gan, Tapi Jadi Data Scientist Kudu Kuasai Skil-skil Ini
Postingan kali ini, ane bermaksud untuk membantu agan sista di mari untuk mempersiapkan dan mengembangkan skil apa yang diperlukan dalam menjalan profesi sebagai data scientist. Apa aja yah, yuk cek langsung info mantulnya berikut ini.

Programming Skill
Nggak perduli iperusahaan apapun yang agan masuki, untuk terjun menjadi data scientist wajib hukumnya punya skil programming. Sepertinya agan wajib paham dengan bahasa pemrograman statistik, seperti R atau Python, dan bahasa query database seperti SQL. Perlu diingat juga nih gan, ada beberapa bahasa pemrograman yang begitu populer kalo di machine learning dan data science, yaitu Python dan R. 

Statistik
Seseorang yang mau berkarir jadi data scientist juga wajib hukumnya nih gan ahli dalam dunia persilatan statistik. Wajib hukumnya GanSis terbiasa dengan uji statistik, distribusi, estimator maksimum probabilitas, dll. Ini juga akan menjadi kasus pembelajaran mesin, tetapi salah satu aspek yang lebih penting dari pengetahuan statistik GanSis akan dipahami ketika teknik yang berbeda (atau tidak) pendekatan yang valid. Statistik itu penting banget di semua jenis perusahaan loh gan, terutama sih bagi perusahaan yang digerakkan oleh data dimana stakeholder mengandalkan data buat membuat keputusan ataupun saat mau menentukan strategi marketing.

Machine Learning
Saat ini penerapan machine learning lagi rame-ramenya nih gan, apalagi kalo perusahaan besar dengan data dalam jumlah besar seperti bank, e-commmerce, ataupun platform sosial media. Seorang data scientist kudu familiar dengan yang namanya machine learning karena wajib terbiasa dengan random trees ataupun metode ensemble, karena teknik ini bisa diterapkan menggunakan Library pada R atau Python..

Software Engineering
Biasanya nih gan, perusahaan yang lagi cari karyawan untuk posisi data scientist atau ilmuwan data itu begitu merhatiin banget poin yang satu ini, kenapa? Karena background software engineering yang kuat sangat penting dimiliki oleh ilmuwan data. Secara nih gan, ilmuwan data nantinya bakal bertanggung jawab menangani banyak pencatatan data, dan berpotensi mengembangkan produk yang berbasis data. Mantul banget kan, gan?

Data Visualization & Communication
Dari data yang telah dikumpulkan, dianalisa dan sudah menghasilkan informasi yang berarti, ini artinya tinggal agan sisat bisa menerjemahkan ke dalam bahasa yang bisa dipahami oleh semua orang (Stakeholder). Makanya nih gan, biar yang dikerjain kita juga bisa dipahami sama orang lain, maka seorang data scientist wajib hukumnya punya ketrampilan dalam visualisasi dan mengkomunikasikan data. Ketika datang untuk berkomunikasi, ini berarti menjelaskan temuan Anda, atau teknik cara bekerja untuk khalayak, baik teknis dan non-teknis. Visualisasi data biasanya emang sudah akrab dengan visualisasi data pake tools seperti matplotlib, ggplot, d3.js, atau Tableau yang cukup populer. Info mantul yang wajib diperhatikan nih gan, nggak cuman wajib akrab dengan tools yang dipake saja melainkan juga prinsip-prinsip dibalik visualisasi data dan mengkomunikasikan informasi tersebut.

Itulah data science skill set yang wajib dikuasai kalo agan mau terjun jadi ilmuwan data, tapi kalo agan udah ngerasa punya skil-skil di atas ada event yang kece nih yang diadakan oleh Finhacks.id, yaitu kompetisi Finhacks 2018 #DataChallenge yang menantang seluruh penggiat data tanah air buat menakhlukan semua tantagan yang ada. Sayang loh gan kalo dilewatin, soalnya total hadiahnya 480 Juta! emoticon-Wowyang bisa dipake buat makan-makan rame bareng temen satu tim!emoticon-2 Jempol.

Langsung aja deh gan merapat ke website https://finhacks.id buat dapetin informasi lengkap seputar Finhacks 2018 #DataChallenge.


Diubah oleh drumss
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
wah mantap.

dikaskus sekarang HT guampang bgt jadi pertamax ya?? luar biasa.

jadi kangen old kaskus berebutan pertamax
Diubah oleh momodgalak
syulit syekalih emoticon-Request
Pejwan juga gampang emoticon-Cool
oke ane ga mau
Quote:


Iy gan setuju, kaskus yg dulu HT ny lebih bermutu..G segampang skr jd HT jd yg bkin trit berlomba2 bwt bkn trit yg menarik

Berburu pertamax dlu itu emoticon-2 Jempol
thanks
ilmu matematika nya gan kok ngga di masukin ?
Menjadi Data Scientist perlu memahami ilmu Statistika tingkat lanjut.

Statistika adalah terapan dari Matematika.

Mempelajari Statistika tingkat lanjut butuh prasyarat Matematika tingkat lanjut juga.
dan banyak lagi yang harus dipelajari lebih dalam lagi. sekolahnya lama dan biayanya juga cukup wow.
skill oke gaji oke
Ane lagi ambil kursus data science gan... Moga2 bisa upgrade skill ane..
SQL udah gak kepake di perusahaan besar kayaknya. Yang lebih bagus sih Oracle, tapi query-nya beda jauh sama SQL, jadi susah kalo mau pindah dari SQL ke Oracle. Harus belajar dari awal lagi.
Balasan post flyingarmbar
kursus dimana?


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di