traceourDJKAvatar border
TS
traceourDJK
[COC OTOMOTIF] Dapetin motor sesuai karakter #AslinyaLo
Quote:




HALO halo halo agan dan sista Kaskuser yang ane kangenin dan sayangin (muah muah buat sistanya). Setelah bertapa di Gunung Batu, akhirnya ane lulus dengan judul skripsi “Metode Efektif Hilangkan Komedo dengan Oli Samping”.

Sambil nungguin ane wisuda, ane mau bikin thread lagi nih, kali ini threadnya spesifik ya gan nyeritain benda mati yang selalu nemenin ane sehari-hari mengais rezeki dan meniti jodoh. Ini kisah tentang sebuah (atau seekor ya?) kuda besi.

*buka tirai panggung*

*sound efek lagu Akad-nya Payung Teduh*






SEBELUMNYA, ane mau ngasih mukadimah tentang diri ane dulu sebelum ceritain motor ane

Quote:



Cara mewujudkan mimpi itu gimana ya? Ane muter otak tujuh kali.

Masih belum ketemu juga. Akhirnya ane mikir lebih dahsyat dan muterin otak lebih banyak. Muternya sengaja lewat jalan belakang biar gak kena razia di jalan utama.

Ane pusing, akhirnya rebahan. Capek.



SAMBIL ngilangin pusing, ane buka smartphone dan browsing calon moge yang bakal ane pinang. Ada satu model moge yang nyangkut banget di hati ane. Rasa nyangkutnya itu kalo ane ceritain ibarat lagi bulan puasa, tenggorokan kering seharian, udah mau beduk Maghrib, liat segelas es kelapa dan buliran air netes pelan di luar gelasnya. Mantap abis.

“Anjir nih motor keren banget. Ane harus bisa beli nih motor.”

Spoiler for motor impian ane:



Berhubung harga moge itu gak murah dan ane saat itu cuma seonggok manusia yang belum punya pekerjaan tetap, mau gak mau ane harus berbisnis sebagai sumber penghasilan sampingan.

Ane punya alasan kuat kenapa yang ane pikirin itu bisnis, bukan jadi babi ngepet. Babi ngepet itu bukan soft skillane. Babi ngepet adalah sebuah tugas yang multitasking. Selain harus ngepet, ane juga harus ngebabi. Output-nya nanti ane yakin gak akan maksimal. Nasib ane kalau gak dapet duit, ya dijadiin rica-rica.



Bisnis ane gak sendirian, ane ngajak kawan ane untuk keroyokan ngumpulin modal. Idenya sih sederhana, pengen modal kecil tapi untungnya gede. Mau sewain apartemen, modalnya gede banget. Mau buka kos-kosan cewek, yang ada nanti khilaf terus ngintipin mereka pada mandi.  Akhirnya kami sepakat buat jadi joki three-in-one.






TERNYATA bisnis jadi joki ini keuntungannya tidak sesuai harapan. Sekarang orang lebih banyak naik angkutan umum berbasis online atau lebih baik naik sepeda motor pribadi. Jumlah kendaraan pribadi beroda empat pun populasinya berkurang. Bisnis ane terancam. Ane kembali berpikir untuk jadi babi ngepet aja.

Siang itu sehabis ngejoki, ane mampir ke warung kopi setempat bareng kawan ane.
“Ente ngapain sih pake pengen jadi babi ngepet lagi?” kawan ane nyeletuk sembari nyeruput kopi. Nyeruputnya gak santai. “Sssssrrrruuuupuuuuutttttt"

“Tabungan ane masih jauh bro buat beli moge impian ane”

“Lagian kenapa harus moge deh? Emang ente bisa bawanya?”

“Bisa bawa mah. Tinggal didorong HEHEHEHEH” ane ketawa nyengir.

Gelas kopi yang bertengger di piring kecil itu mendarat di muka ane. Muka ane yang tadinya mulus sehabis maskeran kini penuh dengan ampas kopi.
“NGACO AH!!” kawan ane sewot. “Moge itu beda dari motor biasa bro. Kalo ente terbiasa bawa motor 150cc, lebih baik naik kelas ke 250cc dulu biar gak kaget dengan power-nya moge."

“Oh beda ya? Bukannya sama aja rodanya ada dua?” ane jawab dengan polosnya sambil mungutin ampas kopi yang berguguran.

“YA BEDA LAH!!!!!”


Kawan ane murka. Seisi warung kopi berhamburan. Langit terbelah. Manusia bagai anai-anai yang berterbangan. Sangkakala kemudian ditiupkan.

“Nih ya, motor ente sekarang 150cc. Moge yang ente mau 850cc. Berarti tenaganya delapan kali lipat motor ente sekarang. Saran ane lebih baik ente ambil yang 250cc dulu, sekalian latihan ngendaliin motor dengan poweryang cukup besar untuk jalan perkotaan macam Jakarta ini. Moge bisa nunggu, lah.”

“Iya deh.” jawab ane singkat.


Kami pun berpisah. Kawan ane berjalan ke arah matahari terbenam. Sinematik abis.



SEPULANGNYAdari warung kopi, ane kembali ke kosan. Perkataan kawan ane tadi membekas banget di benak ane. Bener juga ya, power moge itu gede banget. Kalau belum bisa ngendaliin mogenya, yang ada malah rugi besar karena performa motor gak maksimal. Sukur-sukur gak jatoh bego. Moge bisa menunggu. Lebih baik naik kelas ke motor yang lebih performance friendly  dan harganya dompet–friendly.

Ane keluar dan menuju sebuah gong di belakang kosan.  Ane bilang dengan lantang, “FIX ANE BELI MOTOR 250CC DULU, BARU ABIS ITU BELI MOGE!” lalu mukul gongnya sambil kayang.

DUEEEEEEEENGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGG



PERJALANAN ane dalam mencari motor 250cc kembali ke layar smartphone ane. Sesekali ane selingi mampir di forum Otomotif Kaskus. Minta saran dari kaskuser lain untuk milih motor yang cocok. Akhirnya ane pilih motor ini :

Spoiler for motor pilihan ane:



Sukses ngangkut motor impian ane, motor ini ane kasih nama Momo. Emang dasar tangan gatel ya, kalau motor gak dimodif rasanya belom lengkap (baca : kurang bersyukur.Duh!).


Quote:



Modifikasi yang ane pasang di Momo pertama kali adalah knalpot slip-onatau ganti ujungnya doang. Biar ada suaranya dikit gitu kalo di jalan, enggak standard-standard amat. Knalpot ini juga dibuat oleh produsen knalpot lokal yang bermarkas di Jalan Panjang. Produsen ini spesialis membuat knalpot motor custom.


Spoiler for Momo ganti knalpot:




Quote:


Modifikasi kedua yang ane pasang di Momo adalah charger smartphone. Ane dan mungkin beberapa ratus juta penduduk Bumi lainnya termasuk yang gak bisa hidup tanpa smartphonedan wi-fi. Dua benda ini jadi kebutuhan primer. Tujuannya jelas, supaya pas jalan jauh bisa sambil ngecas hape. Sayang pas ane bawa turing ke pulau sebelah, charger smartphone ini wafat dan belum sempet difoto. Namun keluarga si charger sudah ikhlas dan merelakan kepergiannya. 

Quote:


Modifikasi ketiga yang ane lakukan adalah ganti handle bar, bertujuan mengurangi limbah koyo panas dan meminimalisir rasa pegal-pegal saat perjalanan jarak jauh. Sempet disaranin pake setir mobil aja, sekalian yang built-in tiptronic transmission.

Quote:


Yak betul. Ini modifikasi terbesar ane buat si Momo : ganti mesin. Bukan, bukan ganti pake mesin obras. Tapi ganti mesin punya saudara jauh si Momo yang ada di Eropa sana; mesin Yamaha R3 gan!

Spoiler for transplantasi jantung:



Secara konstruksi, tidak ada bedanya dengan mesin 250cc bawaan MT25. Ubahan ada pada dimensi piston yang lebih besar dan kompresinya yang lebih kecil. Enggak ketinggalan ECU aftermarketdari Yamaha R3 ini juga ane pasang sekalian biar gak perlu mapping atau flashing lagi.

Gak cukup sampai disana, busi ane ganti dengan merek yang lagi happening setelah kabel setan. Busi ini firing-nya 360 derajat dan pakai bahan silver (perak) sebagai konduktor. Well, seenggaknya kalau ada vampir mau ngasih cupang ke leher, jantungnya tuh vampir bisa ditikam pake busi.


Quote:


Iya, ganti knalpot L-A-G-I. Namun kali ini untuk sektor gas buang ane percayakan kepada salah satu brand lokal yang cukup reputabledi dunia buang-membuang gas. Ane pesan khusus untuk performa mesin baru si Momo, dan knalpotnya ini full system.

Spoiler for knalpot baru:



Quote:


Mesin udah badak, knalpot berisik, Lola Zieta ngirim instastorybaru (lho? gak ada hubungannya!). Sektor berikutnya yang ane ganti adalah bagian transmisi. Karena ide ane pengen pasang tiptronic transmission di motor ane ternyata ditolak mentah-mentah (sekaligus dibilang GILA LO!) oleh mekanik ane, jadinya ane hanya ganti model dog gear dengan yang udah di-undercut dan bering transmisi ane ganti dengan bahan ceramic

Spoiler for nenek sudah tua, giginya tinggal dua:




Dengan bejibun modifikasi tadi, mekanik ane bilang kalo knalpot ane bisa keluar api. Ane gak percaya, sampe ane penasaran dan ngerekam sendiri video knalpot ane




BUJUG.

Dengan motor kayak begini, ane bisa buka bisnis baru jadi tukang ubi bakar. Ntap!



SAAT ane nulis thread ini, umur motor ane genap satu tahun (saatnya bayar pajak, bro). Ane pake motor ini hampir setiap ane beraktivitas : jalan-jalan, nyari duit, nganter nyokap/bokap, dan nyari sista yang caem di tempat nongkrong. Biasanya tempat nongkrong ane di WC umum yang masih pake jamban jongkok.




KARAKTER setiap orang berbeda, dan terkadang karakter itu tercermin pada tunggangan mereka, dalam hal ini sepeda motor. Bisa dari style modifikasi, cara bawa, cara merawat, sampai cara dapetinnya. Momo ini mewakili karakter ane, dari mulai style modifikasi sampai cara dapetinnya.


 

“Sip. Motor ini sesuai dengan karakter #AslinyaLo” kata kawan ane.

Ane cengengesan. “Oh ya? Keren dong?”

“Kagak. Berisik dan warnanya item. Kayak ente”


Kampret!

Quote:


Diubah oleh traceourDJK 22-09-2018 23:27
4
12K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan