alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / Music /
New Order, ketika musik elektronik bertemu melankolia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9d22aadcd77064548b4568/new-order-ketika-musik-elektronik-bertemu-melankolia

New Order, ketika musik elektronik bertemu melankolia

Dewasa ini, musik elektronik merupakan salah satu genre yang paling terkenal dan sukses di industri tersebut. Tapi di awal era 1980an, musik elektronik belum terlalu banyak beredar di pasaran. Di era 1970an di negeri Jerman, muncul grup musik elektronik dengan nama Kraftwerk yang berpakaian dan berdandan seperti robot. Di Inggris, band baru bernama New Order menerobos pasar musik lokal dengan karya-karya mereka yang unik. Unik karena meskipun musik mereka bernuansa elektronik, lirik yang mereka gunakan memiliki cerita yang melankolis.

New Order, ketika musik elektronik bertemu melankolia
Di New York, 1983 © Kevin Cummins

Berasal dari Manchester, Inggris, latar belakang berdirinya band ini pun sangat tragis. Dibentuk tahun 1976 dengan nama Joy Division, band ini mengalami kehilangan yang hebat ketika sang vokalis Ian Curtis tewas bunuh diri pada tahun 1980 di usia yang masih sangat muda. Setelah pengalaman yang menyedihkan ini mereka tidak patah semangat, apalagi mengingat kematian Ian Curtis terjadi ketika karir mereka mulai naik. Mereka pun berganti nama menjadi New Order. Bukan hanya nama, genre utama mereka pun berubah dari post-punk, yang lebih mengutamakan suara gitar menjadi synthpop, yang mengutamakan suara synthesizer dan mesin drum. Band ini memiliki 4 anggota, Bernard Sumner, Peter Hook, Stephen Morris, dan Gillian Gilbert, yang bergabung setelah mereka berganti nama. Di album pertama dan kedua mereka, nuansa post-punk sisa dari band lama mereka masih terdengar jelas seperti dalam lagu "Dreams Never End", meskipun seiring berjalannya waktu genre mereka mulai condong ke musik elektronik, atau synthpop, istilah yang sangat identik dengan musik era 1980an.

Sang vokalis Bernard Sumner memiliki suara yang bisa dibilang kurang merdu, tetapi hal ini tidak menghalangi mereka untuk menciptakan karya-karya yang digemari publik. Karya mereka yang paling terkenal adalah sebuah lagu yang berjudul "Blue Monday" yang dirilis pada tahun 1983. Pada era dimana piringan hitam masih berjaya, single ini merupakan piringan hitam 12" yang paling laris sepanjang masa. Lagu ini bertahan selama lebih dari 2 tahun di peringkat Top 50. Mereka juga terkenal karena sering menggunakan sampul artwork yang sederhana dan minimalis namun artistik. Video klip mereka juga kreatif, dan video klip mereka untuk lagu yang berjudul "The Perfect Kiss" disutradarai oleh Jonathan Demme yang pernah memenangan penghargaan Academy Award for Best Director untuk film "The Silence of the Lambs".

New Order, ketika musik elektronik bertemu melankolia
Tampil di acara musik Top of the Pops, 1983

Dalam 30 dekade sejak mereka mulai memasuki industri musik, band ini telah meraih kesuksesan baik secara artistik maupun finansial. Banyak band-band dan musisi-musisi yang karyanya dipengaruhi New Order, contohnya seperti Pet Shop Boys, Moby, The Killers, dan My Chemical Romance. 

Selera musik setiap orang memang berbeda-beda, tapi berikut ini adalah beberapa judul-judul lagu oleh New Order yang paling saya gemari:

1. Bizarre Love Triangle (1986)
Spoiler for BLT:


2. Blue Monday (1983)
Spoiler for BM:


3. Thieves Like Us (1984)
Spoiler for TLU:


4. Ceremony
Spoiler for C:


5. Dreams Never End (1981)
Spoiler for DNE:


6. The Perfect Kiss (1985)
Spoiler for TPK:


7. Regret (1993)
Spoiler for R:


8. Fine Time (1988)
Spoiler for FT:


9. Your Silent Face (1983)
Spoiler for YSF:


10. World in Motion (ditulis untuk tim sepak bola Inggris di Piala Dunia 1990)
Spoiler for spoiler:





×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di