alexa-tracking

5 Hal Ini Harus Kamu Lakukan Sebelum Memasang Custom ROM pada Android

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9d08bb92523316588b456a/5-hal-ini-harus-kamu-lakukan-sebelum-memasang-custom-rom-pada-android
5 Hal Ini Harus Kamu Lakukan Sebelum Memasang Custom ROM pada Android
5 Hal Ini Harus Kamu Lakukan Sebelum Memasang Custom ROM pada Android

Mungkin kamu pernah merasa bosan akibat tampilan android yang kamu miliki tidak bisa kamu modifikasi secara bebas, sehingga kamu berencana untuk memasang custom ROM padaAndroid yang kamu miliki.

Sebelum memasang custom ROM terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan supaya kamu berhasil memasang custom ROM dan tidak mengalami kejadian mengerikan seperti bootloop atau bahkan hingga mati total.

Apa saja hal yang harus kamu perhatikan? Simak selengkapnya di sini!


1. Pastikan kamu sudah bergabung dengan komunitas Android yang bisa kamu percayai
5 Hal Ini Harus Kamu Lakukan Sebelum Memasang Custom ROM pada Android
Sebelum melakukan berbagai hal yang beresiko untuk merusak smartphone android yang kamu miliki, sebaiknya kamu bergabung dengan komunitas Android yang kamu miliki.

Dengan bergabungnya kamu kedalam komunitas ini, kamu tidak perlu kesulitan mencari solusi ketika ada permasalahan yang terjadi saat kamu memodifikasi Android milikmu.

Namun ingat, Biasakanlah mencari sendiri solusi dari permasalahan yang kamu hadapi sebelum bertanya ke suatu komunitas karena mungkin sudah ada yang pernah membahas cara menangani masalah yang kamu alami.


2. Melakukan unlock bootloader
5 Hal Ini Harus Kamu Lakukan Sebelum Memasang Custom ROM pada Android
Hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah melakukan unlock bootloader pada Android yang kamu miliki. Unlock bootloader ini merupakan salah satu cara produsen smartphone untuk menghindarkan  i dari modifikasi, sehingga jika kamu ingin melakukan modifikasi seperti memasang custom ROM, unlock bootloader merupakan hal yang wajib kamu lakukan. Untuk melakukan unlock bootloader kamu harus mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh produsen Android yang kamu miliki.


3. Memasang custom recovery
5 Hal Ini Harus Kamu Lakukan Sebelum Memasang Custom ROM pada Android
Setelah kamu melakukan unlock bootloader kamu bisa mengganti recovery bawaan dengan custom recovery yang memiliki banyak fitur berguna untuk melakukan modifikasi smartphone. Ada banyak custom recovery yang dikeluarkan oleh developer, salah satunya adalah TWRP (Team Win Recovery Project). TWRP merupakan salah satu custom recovery yang paling banyak digunakan untuk melakukan modifikasi pada Android.

Dengan TWRP kamu bisa melakukan berbagai hal seperti flashing file, backup & restore data, hingga memformat data yang ada pada smartphone yang kamu miliki. Namun ingat, tidak semua TWRP cocok dengan smartphonemu, carilah TWRP yang memang dibuat khusus untuk smartphonemu.


4. Memilih custom ROM yang minim bug dan memiliki banyak fitur
5 Hal Ini Harus Kamu Lakukan Sebelum Memasang Custom ROM pada Android
Setelah berhasil memasang custom recovery kamu bisa mulai untuk mencari custom ROM pada komunitas smartphonemu. Carilah custom ROM yang minim bug dan memiliki banyak fitur menarik sehingga kamu bisa bebas memodifikasi tampilan dengan nyaman.

Beberapa custom ROM yang minim bug dan memiliki banyak fitur menarik adalah Resurrection Remix dan MIUI. Dua custom ROM ini memang terkenal karena menawarkan ROM yang stabil dan memiliki fitur menarik yang akan membuat kamu betah berlama-lama menggunakan smartphonemu.

Dan jangan lupa untuk mencari informasi apakah custom ROM yang ingin kamu pasang tersedia untuk smartphone yang kamu miliki. Jangan sampai kamu mengalami hal mengerikan seperti bootloop hingga hardbrick karena salah memasang custom ROM.


5. Melakukan backup terhadap data yang ada pada smartphonemu
5 Hal Ini Harus Kamu Lakukan Sebelum Memasang Custom ROM pada Android
Hal terakhir yang perlu kamu lakukan sebelum memasang custom ROM adalah melakukan backup data pada smartphonemu. Hal ini dikarenakan kamu akan kehilangan data saat proses memasang custom ROM.

Untuk melakukan backup terhadap data yang ada pada smartphonemu, kamu bisa menggunakan fitur backup dari TWRP untuk mem-backup data keseluruhan smartphonemu ataupun menggunakan Titanium Backup untuk mem-backup aplikasi serta data aplikasi smartphonemu.

Setelah kamu melakukan semua hal di atas kamu sudah siap untuk memasang custom ROM dan memodifikasi tampilan Android menjadi sesuai dengan yang kamu inginkan. Tertarik ingin mencoba memasang custom ROM pada Android yang kamu miliki?


Sumber : https://www.idntimes.comtech/gadget/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Hal Ini Harus Kamu Lakukan Sebelum Memasang Custom ROM pada Android 7 Aplikasi Produktivitas Android Terbaik Tahun 2018 yang Kamu Perlukan

- 5 Hal Ini Harus Kamu Lakukan Sebelum Memasang Custom ROM pada Android Saking Kuatnya 5 Alat ini Sampai Susah Dihancurkan

- 5 Hal Ini Harus Kamu Lakukan Sebelum Memasang Custom ROM pada Android Spesifikasi Infinix Hot S3X Ponsel Rp2 Jutaan yang Mirip iPhone X

×