alexa-tracking

5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Menghina Fisik Orang Lain

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9cfee1c1cb176c398b4576/5-alasan-kenapa-kamu-gak-boleh-menghina-fisik-orang-lain
5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Menghina Fisik Orang Lain
5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Menghina Fisik Orang Lain

Pernah gak sih kamu menghina atau mengkritik penampilan fisik seseorang? Entah itu secara langsung ataupun tidak langsung, sebaiknya renungkan kembali sikapmu itu kalau kamu pernah melakukannya.

Karena tanpa kamu sadari sebenarnya ada banyak hal buruk yang kemungkinan terjadi, pada orang yang fisiknya sudah kamu hina atau kritik tersebut. Yakin kamu gak merasa menyesal kalau sampai hal-hal buruk semacam itu terjadi akibat kata-kata yang keluar dari mulutmu?

Coba deh baca, pikirkan dan renungkan baik-baik lima alasan kenapa kamu gak boleh menghina atau mengkritik fisik orang lain, di bawah ini.


1. Manusia itu ciptaan Tuhan
5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Menghina Fisik Orang Lain
Semua manusia yang ada di bumi ini adalah ciptaan Tuhan. Jadi, kalau kamu menghina fisik seseorang, sama halnya kamu sedang menghina apa yang sudah Tuhan ciptakan.

Tuhan sudah menciptakan bentuk fisik manusia sedemikian rupa dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Orang Indonesia, Korea, Cina, Eropa, Arab, ataupun India semua memiliki keunikannya masing-masing. Ada yang berkulit sawo matang, kuning langsat, putih, bertubuh tinggi, pendek, gemuk, kurus, bermata sipit atau lebar, semua sesuai dengan ketetapan Tuhan.

Kamu pastinya tidak lupa kan kalau kamu sendiri juga makhluk ciptaan-Nya? Alih-alih menghina atau mengkritik, kenapa kamu tidak belajar untuk menghargai saja perbedaan yang ada? Setidaknya saling menghargai sebagai sesama makhluk ciptaan-Nya.


2. Mengancam kepercayaan diri orang lain
5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Menghina Fisik Orang Lain
Mungkin kamu tidak sadar kalau kata-katamu yang sudah menghina atau mengkritik bentuk fisik seseorang itu sudah membuat kepercayaan dirinya turun. Katakanlah artis yang setiap hari fisiknya kamu komentari saat memposting fotonya melalui Instagram.

Mereka bisa saja tampil biasa saat berada di layar kaca. Tetapi kamu sendiri tidak tahu kan kalau di balik layar, mungkin mereka sangat terpukul membaca komentar yang kamu tuliskan.

Akibat rasa tertekan dan kepercayaan diri yang semakin turun karena hinaan, tidak jarang banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk merombak penampilannya. Bahkan tidak jarang mereka yang tidak memiliki cukup biaya untuk melakukannya memutuskan menjadi pribadi yang menutup diri dari dunia luar.

Tidak banyak lho orang yang masih kebal dan percaya diri saat kondisi fisiknya dihina orang lain. Kalau sudah begini kan tidak baik untuk kelangsungan hidup orang yang bersangkutan.


3. Membuat orang lain merasa insecure
5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Menghina Fisik Orang Lain
Penampilan fisik memang memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kepercayaan diri seseorang, terutama perempuan. Ketika seseorang merasa penampilannya sudah baik, maka mood-nya juga kemungkinan akan meningkat.

Lalu apa jadinya kalau seseorang yang merasa penampilannya tidak menarik, ditambah lagi mendapat hinaan atau body shaming terhadap fisiknya? Kemungkinan terbesarnya ia akan merasa insecure. Bahkan ia juga merasa malu terhadap dirinya sendiri.

Kembali lagi ke poin sebelumnya, hal ini juga bisa berujung pada kepercayaan diri yang semakin menurun. Bisa jadi orang yang tadinya kamu kenal aktif dan supel, tiba-tiba saja berubah menjadi pendiam, penyendiri, dan menarik diri dari kehidupan sosial.


4. Menyebabkan depresi dan bunuh diri
5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Menghina Fisik Orang Lain
Kedengarannya mungkin terlalu berlebihan kalau body shaming bisa menyebabkan seseorang depresi dan bunuh diri. Tetapi, rasa tidak percaya diri, insecure dan malu terhadap dirinya sendiri yang terus menerus juga bisa menyebabkan seseorang menjadi depresi. Menghadapi depresi tanpa didampingi orang-orang terkasih dan profesional bahkan bisa berujung pada keputusan bunuh diri.

Hal ini terjadi lantaran ejekan yang terus menerus mereka terima, tanpa sadar mensugesti mereka untuk berpikir bahwa hidupnya sudah tidak berarti atau tidak ada gunanya lagi.


5. Sama saja menghina diri sendiri
5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Menghina Fisik Orang Lain
Menghina penampilan fisik orang lain sama buruknya dengan mengkritik dirimu sendiri. Apa yang kamu lakukan hanya akan membuatmu menjadi orang yang ignorance dan tidak bisa bertoleransi terhadap perbedaan yang ada. Toh, tidak ada manusia yang diciptakan dengan fisik yang 100% sempurna, bukan? Setiap orang pasti diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk kamu.

Jadi, terimalah penampilan fisik diri sendiri dan orang lain apa adanya. Karena ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam hidup ini untuk menuju perubahan yang lebih positif. Saling mendukung satu sama lain misalnya.

Pada akhirnya, penampilan fisik seperti bentuk tubuh, warna kulit, atau paras wajah memang bukanlah hal yang layak untuk dikritik atau dihina. Tidak peduli apapun alasannya, kekurangan fisik seseorang adalah apa yang sudah Tuhan anugerahkan kepadanya. Mari saling menghargai dan menjadi pribadi yang lebih positif.


Sumber : https://www.idntimes.comlife/inspira...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Menghina Fisik Orang Lain Sulit Dipengaruhi 4 Zodiak Ini Sikapnya Paling Tegas

- 5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Menghina Fisik Orang Lain Ternyata Begini Lho 5 Sifat Positif Orang yang Suka Pakai Warna Terang

- 5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Menghina Fisik Orang Lain Bukan Manja Ini 7 Bukti Didikan Kakek Nenek Bikin Kita Jadi Pemberani

×