alexa-tracking

Membandingkan Krisis Ekonomi Masa Lalu, Chatib Basri: Ada Risiko Memburuk

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9cea7c9252339e198b4571/membandingkan-krisis-ekonomi-masa-lalu-chatib-basri-ada-risiko-memburuk
Membandingkan Krisis Ekonomi Masa Lalu, Chatib Basri: Ada Risiko Memburuk
Membandingkan Krisis Ekonomi Masa Lalu, Chatib Basri: Ada Risiko Memburuk
Masih dalam ingatan segar anak bangsa, Indonesia pernah diterpa krisis ekonomi di tahun 1997-1998. Pemerintah kala itu tak memprediksikan akan adanya dentuman sektor ekonomi yang melumpuhkan semua lini, seperti yang pernah di analisa oleh beberapa ekonom.
Krisis yang telah merembet kepada krisis multi dimensi tersebut menjadi catatan sejarah bagi bangsa Indonesia untuk menapaki babak baru yaitu era reformasi.
Mantan Menteri Keuangan (Menkeu) ke-28 Muhammad Chatib Basri melalui linimasa twitternya @ChatibBasri menuliskan bahwa dia sering ditanya mengenai kondisi ekonomi Indonesia apakah sedang menuju krisis atau tidak.
Pertanyaan yg sering saya terima beberapa hari terakhir apakah Indonesia akan mengalami krisis 1998? Didalam chapter 2 buku ini, saya mencoba membandingkan mengapa kita survived th 2008 dan 2013, tapi tidak tahun 1998, tulisnya saat dipantau Akurat.co, Jumat (7/9).
Chatib mengakui, tentu saja tulisannya sangat bisa salah, namun dalam pengamatannya, ia tak melihat bahwa Indonesia akan kembali ke krisis 1998. Chatib katakan bahwa yang terjadi pada saat ini sebenarnya adalah kembalinya dunia kepada situasi normal yang baru (new normal).
Dalam 10 tahun terakhir ini, cuit Chatib, dunia berada dalam keadaan abnormal akibat The Fed Amerika Serikat (AS) dengan menerapkan kebijakan bunga rendahnya. Menurutnya, situasi dunia yang normal adalah situasi sebelum QE 2009, dimana The Fed Fund rate sekitar kisaran 3.5 persen.
Mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menambahkan cuitannya, Menguatnya perekonomian AS dan meningkatnya defisit anggaran di AS mendorong Fed untuk melakukan normalisasi. Akibatnya negara yg current account deficitnya dibiayai oleh investasi portfolio (utamanya) terkena.
Dia menegaskan bahwa yang akan Indonesia, hadapi dalam beberapa waktu kedepan, adalah nilai tukar yang volatile, tertekan, tingkat bunga yang naik, inflasi yang naik. Ini berakibat pada perlambatan ekonomi 2019 dan 2020. Dalam linimasanya, Chatib mengundnag tanya, Apakah krisis 1998 akan terulang? Rasanya tidak.
Ia menegaskan bahwa, alasannya kita menganut flexibile exchange rate sekarang, sehingga orang sudah mengerti bagaimana mengantisipasi pelemahan rupiah. Selain itu kondisi perbankan dan politik lebih baik dari 1998.
Chatib menambahkan, bahwa yang cukup penting adalah rasio dari short term external debt relatif kecil jika dibandingkan pada situasi perekonomian tahun 1998. Karena kondisi defisit anggaran juga relatif kecil, pun dengan inflasi.
Namun ia juga kembali bertanya apakah situasi bisa memburuk. Dan dia mengatakan bahwa risiko itu tentu saja ada bila respon kebijakan salah, pemerintah panik dan mengeluarkan kebijakan yg justru membuat pasar panik.
Lesson learned pada tahun 1998, 2008 dan 2013 bisa dilihat dalam chapter 2 buku yg baru saja terbit itu. Disitu dijelaskan mengapa kita mampu menghadapi GFC 2008 dan Taper Tantrum 2013, tapi gagal di tahun 1998. Dan saat ini saya kira kita bisa belajar dari pengalaman2 tersebut.

Quote:

Sumber Berita : http://wow.tribunnews.com/2018/09/07...salah?page=all

emoticon-Wagelasehemoticon-Wagelasehemoticon-Wagelaseh
Semoga peringatan dan usulnya diterima pemerintah pak...
image-url-apps
Emang naif kalau di bandingkan

Membandingkan Krisis Ekonomi Masa Lalu, Chatib Basri: Ada Risiko Memburuk
Reply to mituwet's post
image-url-apps
Quote:


Gw tanya ke loe 2500 tuh kurs jaman kapan awal 98 aja sudah lebih dari 6k masak 2500. Itu mah kurs zaman batu.
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:


lu baca lagi pernyataannya blok, 98 tu mulai terjunnya dolar ke 15rb bhkan menyentuh 16.650. 98 tu waktu terjun bebasnya, lha dia ngitunge 2500 tu kan emng ndk blng mlai tahun brapa. tp terjun bebase emng di th 98. paham?
image-url-apps
Quote:


Thn 94 - 95, msh 2500 tuh
Quote:


94 ma 98 jauh bener lagipula pas zaman harto pake fixed rate jadi gak gejolak. Lagipula kita ngomongin krismon 98 apa 94?
udah... lengserkan aja joko.. ga becus
image-url-apps
Mantan2 mentri beye mah beda kualitas sama mentri2 si kowih.. emoticon-Nohope
image-url-apps
Quote:


Bro, kan ente yg bilang jaman batu...? Lagian krismon emang terjadi langsung dlm 1 thn apa?

Btw ente kelahiran tahun brp bro? Kyknya sdh paruh baya ya?
image-url-apps
Quote:


Bukan dimentrinya menurut ane penyebab utamanya tapi di bos mentrinya meskipun diakui mentri kowih banyak yang kancrut
Quote:


Lah katanya krismon 98. Baru disebut krismon itu pas mei 98 bukan sebelumnya.
image-url-apps
Quote:


Coba kalo si kowih ga ambil mantan2 org2 beye.. Gue yakin keadaan skrg pasti lebih buruk lagi dari saat ini.. emoticon-Big Grin

Ya bos mentrinya mau di apain lagi? Baca outstanding hutang LN aja kagak bisa.. emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


Iya sih. Soalnya tak lihat contohnya sri mul kinerjanya ngak secermelang waktu bosnya beye.
Rasanya mentri2nya jalan sendiri2 contohnya itu mentan ama mendag. Kagak singkron kebijakan ama omongan masalah pangan.

Ngak masalah sebenernya bodoh tapi mbok ya belajar dan rajin baca. Waktu buat bikin kuis sepeda jauh lebih baik buat baca-baca dan belajar administrasi, akutansi negara. Biar bisa ngasih arahan dan feeback dari laporan mentrinya itu
image-url-apps
Quote:


Nasib breh, petugas partai mah ga punya daya..

Yg penting mengikuti arahan ibu ketum..

Udh bego, ogah belajar, ga bisa ambil keputusan sendiri lagi.. Apa2 kudu ikut titah ibu ketum.. emoticon-Big Grin
Reply to mituwet's post
image-url-apps
Quote:

Kok quote loe gak ada di notifikasi
Idiot banget loe Walau terjun bebas tuh kurs balik normal terjun bebas kan cuman sedetik doang lagipula itu karena chaos ganti presiden dan pada akhirnya balik lagi ke awal lah ini boro boro balik ke awal kelihatan banget loe kagak paham ekonomi yang diomongin krismon 98 yang disebutin kurs zaman prasejarah.
Reply to mituwet's post
image-url-apps
Quote:

Ngomongin krismon 98 tetapi ngitungnya dari kurs zaman belanda mungkin otak loe ini perlu diperiksa kesehatannya logika aja gak punya cuman bisa meracau.
image-url-apps
Quote:


gue males nanggepin nasbung goblok kayak lu, baca sendiri aja. mulaine 97 ke 98 dalam wktu satu tahun lu blang kurs jaman belanda.? Goblok
https://m.merdeka.com/peristiwa/ini-...-soeharto.html
Quote:


situasi krisis 2008 dan 2013 ini berbeda. lebih mudah selamat dari yang 2008 dari yang 2013.


dan pak rizal seharunya tidak perlu merasa bangga kalau cuma mengetahui ekonomi akan sulit sejak 2017, karena kami orang awam saja sudah mengetahui kalau ekonomi akan sulit sejak tahun 2013.

kami tidak mengheboh2kan karena kami tau hal terpenting agar negara ini selamat dari krisis adalah seluruh masyarakat harus tenang, tidak boleh panik dan rusuh, keamanan dan politik yang stabil.

jadi para pengamat ekonomi sebaiknya berhenti membuat pernyataan yang membesar2kan keadaan buruk negara ini (digambarkan lebih buruk dari yang seharusnya) sehingga membuat seluruh masyarakat panik demi keuntungan politiknya.
image-url-apps
Kok jd goblok2an ginih..?
Reply to slider88's post
Quote:


seharusnya para pendukung oposisi bisa belajar dari masa lalu betapa pentingnya stabilitas dalam negeri untuk menghadapi krisis. berhentilah membuat gerakan2 masa yang akan menggangu stabilitas negara. kalau mau kampanye, lakukanlah sesuai waktu dan aturan yang berlaku.
×