alexa-tracking

Sidak Sel Mewah Novanto, Ombudsman: Biar Publik Nilai Kemenkum HAM

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9cdfb41cbfaa40118b456c/sidak-sel-mewah-novanto-ombudsman-biar-publik-nilai-kemenkum-ham
Sidak Sel Mewah Novanto, Ombudsman: Biar Publik Nilai Kemenkum HAM
Jakarta - Ombudsman melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Lapas Sukamiskin, Bandung, dan mendapati sel narapidana korupsi Setya Novanto terbilang mewah dibanding sel lainnya. Ombudsman mengatakan, lewat sidak ini, publik dipersilakan menilai Kemenkum HAM yang sebelumnya pernah berjanji bakal melakukan pembenahan.

Ombudsman pada Kamis (13/9) lalu memang melakukan sidak di lapas wilayah Jawa Barat, yakni Lapas Wanita Sukamiskin, Lapas Pria Sukamiskin, dan Lapas Narkotika Banceuy. Sidak dipimpin anggota Ombudsman Ninik Rahayu didampingi kepala perwakilan dan 11 asisten dari Ombudsman.

Saat sidak ke kamar sel Novanto di malam hari, Ninik mengatakan pihaknya mendapati mantan Bendahara Partai Demokrat M Nazaruddin tengah nongkrong bersama Novanto. Menurut Ninik, sel Novanto dan sel-sel napi lainnya memang tidak digembok, sehingga para penghuni bisa leluasa keluar-masuk kamar.

"Jadi kamarnya mereka memang nggak digembok. Jadi yang digembok hanya selasarnya. Lalu Mereka bebas di selasar sampai malam. Saya kan pulang kira-kira jam 23.00 WIB itu, mereka (napi) masih di selasar," kata Ninik saat dihubungi detikcom lewat telepon, Sabtu (15/9/2018).

Sidak Sel Mewah Novanto, Ombudsman: Biar Publik Nilai Kemenkum HAM


Menurut Ninik, dirinya tak banyak berbincang dengan Novanto saat sidak berlangsung. Dia juga mengaku belum sempat memperkenalkan diri sebagai anggota Ombudsman.

"Dia (Novanto) nggak tahu kalau kita dari Ombudsman. Saya belum sempat berkenalan, dia ngomong ya sudah. Jadi saya mengamati. Jadi dia nggak tahu kalau saya dari Ombudsman. Jadi dia baru tahu belakangan. Kita nggak ngobrol banyak. Saya cuma lihat, foto, saya tanya apa kabar, 'sehat'. Sudah, itu saja," ujar Ninik.

Dari foto-foto yang diperoleh detikcom, kamar sel bekas Ketua Umum Partai Golkar itu ternyata terbilang mewah dan lebih luas. Di dalamnya ada kasur dan seprai berwarna putih serta exhaust fan. Ada pula rak buku hingga meja kerja lengkap dengan kursi.

Sidak Sel Mewah Novanto, Ombudsman: Biar Publik Nilai Kemenkum HAM


Saat ditanya, Nanik mengaku tidak tahu ukuran pasti kamar sel Novanto. Namun, menurutnya, luasnya dua kali lebih besar dari sel lainnya. Sementara di sel lain klosetnya jongkok, di kamar Novanto, menurut Nanik, tersedia kloset duduk.

Meski lebih luas, Ninik menyebut tidak ada fasilitas mewah yang ada di kamar narapidana kasus korupsi e-KTP itu. Dia mengaku tak menemukan barang mewah di sel tersebut, seperti televisi. Ditanya soal nomor kamar yang dihuni Novanto, Ninik mengaku tak sempat melihat. Namun dia memastikan kamar ditempati Novanto berbeda dengan yang terlihat dalam tayangan Mata Najwa, yang saat itu ikut sidak bersama Dirjen Pas Sri Puguh Budi Utami.

Selain kamar sel Novanto, menurut Ninik, kamar lainnya yang terbilang luas adalah milik napi korupsi yang juga mantan Kakorlantas Polri, Djoko Susilo.

"Beda-beda modelnya ya, tapi yang luas itu kelihatannya punya Pak Djoko Susilo. Dia tapi pakai sliding ya. Jadi nggak kelihatan separuh. Separuh untuk aktivitas kayak gitu, yang separuh lagi kayaknya kamar. Kalau AC nggak. Jadi pakai exhaust ya," ucapnya.

Ditanya soal tujuan sidak ini, Ninik mengatakan Ombudsman hanya ingin membuktikan ucapan pihak Kemenkum HAM yang mengaku ingin membenahi Lapas Sukamiskin saat KPK menangkap eks Kalapas Sukamiskin Wahid Husen terkait dugaan jual-beli fasilitas bagi para napi. Dia menyerahkan kepada publik untuk menilai Kemenkum HAM terkait temuan-temuan yang didapat saat sidak, termasuk sel mewah Novanto.

"Ya itu kan saya cuma mau nagih janji ini saja, nagih janji Bu Dirjen (Sri Puguh) sama Pak Menteri (Yasonna H Laoly) aja, katanya kan waktu sidak yang dilakukan sebelumnya oleh Najwa kan katanya mau berbenah. Ya kan? Ya sudah, saya cuma ngecek saja berbenah apa nggak. Kan nggak perlu banyak cakap toh. Sekarang publik yang menilai sudah berbenah apa belum," ucapnya.

"Konfirmasi saja ke Pak Menteri, ke Kanwil, Kalapas," sambungnya.

Sumber

Menterinya siapa ? Sudah berapa kali menterinya kecolongan ? apakah patut diganti menterinya ? emoticon-Imlek
image-url-apps
sel macem apartment itu.
mantab djiwa
image-url-apps
Om Budiman itu siapa?
Kemenanganya selaku apaan maen sidak sidakan?
Oke setelah sidak. Lalu apa actionnya? Cuma jadi ajang public humiliation gitu?


Kalo ane papa bakpao.ane meja ijokan Om Budiman emoticon-Traveller
#papastronk
KASKUS Ads
Penjara aja pake sewa interior designer emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Penjara kok ada meja kerja...
Sekalian buatkan meja rapat lengkap dgn projector..
image-url-apps
Yasona dan puan mentri titipan mamak banteng nga boleh di ganggu gugat bagaimapun bobroknya kinerja mereka.

Mentri ramping dan tidak bagi2 kursi banget.
Papah Nya AHOK si tytyd mini emoticon-Leh Uga

orang baik ngumpul ama orang baik
ya masaaa nyusahin temen sendiri.. setnov kan masih bagian dari koalisi

emoticon-Leh Uga
ketika penjara lebih wah dari rumah kita emoticon-Berduka (S)
image-url-apps
Cuma di Rezim Plonga-Plongo ini koruptor di penjara, penjaranya dibikin mirip Kamar Hotel yg mewah dengan interior yg mumpuni.

Itu dipenjara atau pindah kos? emoticon-Gila

Ketegasan si Boneka Kodok plonga-plongo lewat menterinya bagaimana ini?

emoticon-Marah Kalau gini ganti pemimpin saja heh.
image-url-apps
waduh emoticon-Cape d... (S)
Ganti mentri???? apa ganti semua staff di sukamiskin?????? atau ditaripin aja. sama pemerintah sekaian semalam 50 juta. duid nya masuk kas negara. mayan. dari pada teriak2. HUTANGGGGGGGG. RAKYATTT YANG BAYAR.... Yang ngabil duitnya. di wakilin... WAKIL RAKYAT. yang disuruh bayar Rakyatnya. Rakyat memang CERDAS, CADAS...emoticon-Ngacir.
image-url-apps
setelah ane liat trit ini, ane nggak yakin, selama ini ane ngekos atau dalam penjara. mewah banget sel nya
image-url-apps
kalau sudah merasa punya kekuasaan ya apa artinya penilaian publik? kejujuran saja sudah tidak penting lagi bagi mereka
Quote:


Ombudsman Republik Indonesia sebelumnya bernama Komisi Ombudsman Nasional adalah lembaga negara di Indonesia yang mempunyai kewenangan [U]mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik baik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan[/U], termasuk yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah, dan Badan Hukum Milik Negara serta badan swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Lembaga ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia yang disahkan dalam Rapat Paripurna DPR RI pada tanggal 9 September 2008.

punya kuota jangan ngebokep mulu COK jadi bego emoticon-Cape d...
image-url-apps
Quote:


Oke setelah sidak. Lalu apa actionnya?
Reply to kloteran's post
Quote:


huss yasonna mentri titipan mama banteng kayak si puan, bisa2 joko yang d ganti emoticon-Leh Uga
Quote:


ya nanya u punya internet, u bisa search sendiri lagian gw gak kerja d ombudsman
image-url-apps
Kasian papa padahal dy org baik
Quote:


monggo silahkan tanya ke bapak menteri yassona laoly emoticon-Imlek
×