alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rhenald Kasali: Saya Ilmuwan, Diajak Bicara Dollar AS Saja Tidak Berani
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9cd9cbd44f9f802f8b4567/rhenald-kasali-saya-ilmuwan-diajak-bicara-dollar-as-saja-tidak-berani

Rhenald Kasali: Saya Ilmuwan, Diajak Bicara Dollar AS Saja Tidak Berani

Rhenald Kasali: Saya Ilmuwan, Diajak Bicara Dollar AS Saja Tidak Berani
Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Rhenald Kasali menyebut banyak pihak yang memahami fenomena pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS sepotong-sepotong atau tidak utuh.
Hal itu akan membuat orang menjadi cemas, terlebih jika ada pihak-pihak tertentu yang sengaja memanfaatkan hal tersebut untuk kepentingan tertentu.
"Saya adalah seorang ilmuwan di Fakultas Ekonomi. Saya diundang media untuk berbicara dollar AS saja saya tidak berani. Saya ahli bisnis melihat hanya sepotong, dari satu aspek. Saya tidak mengerti kalau ada orang yang merasa ahli segala-galanya," kata Rhenald saat ditemui di Jakarta Convention Center, Rabu (12/9/2018).
Rhenald menjelaskan, untuk memahami tentang dollar AS dan pengaruhnya ke mata uang negara lain, harus dilihat secara komprehensif dari berbagai sudut pandang. Tidak bisa dari satu atau dua sudut pandang saja, misalkan dari kacamata moneter dan fiskal, namun juga harus lihat dari sudut pandang sektor perdagangan, perubahan teknologi, hingga bidang lain seperti hubungan antarnegara dan sebagainya.
Menurut Rhenald, dirinya mendapati banyak orang yang merasa sudah paham tentang pelemahan nilai tukar dan hanya memahami dari sudut pandang tertentu saja, kemudian langsung membuat kesimpulan. Hal itu membuat masyarakat jadi lebih khawatir, tanpa tahu apa yang sebenarnya sedang terjadi di tataran global.
"Bayangkan kalau masyarakat hanya melihat dollar dari kacamata Indonesia saja, terjadi depresiasi, dikaitkan lagi dengan psikologi tahun 1998, kita keliru," tutur Rhenald.
Jika dibandingkan dengan negara berkembang lain, Rhenald menyebut Indonesia termasuk negara yang tahan terhadap ketidakpastian global, terutama dalam hal pelemahan nilai tukar. Dia pun mengajak agar masyarakat yang mengikuti isu tersebut lebih banyak mencari referensi terkait dan dari sumber yang terpercaya, serta tidak mudah membuat kesimpulan berdasarkan sumber yang minim.
"Ini terjadi di seluruh dunia, dan Indonesia salah satu negara yang dampaknya kecil dibandingkan di negara-negara lain. Ini penyebabnya AS melakukan kebijakan, sehingga dollar-nya pulang kampung. Sama seperti Lebaran kemarin, pembantu kita pulang kampung, kita harus bayar (pembantu) infal yang mahal," ujar Rhenald.
Dalam menghadapi pelemahan nilai tukar rupiah, pemerintah telah menempuh sejumlah kebijakan, di antaranya mengendalikan impor barang konsumsi, peningkatan devisa dari sektor pariwisata, hingga menunda proyek infrastruktur yang memiliki komponen impor yang tinggi.
Selain itu, Bank Indonesia selaku otoritas moneter juga mengantisipasi dampak tersebut dengan menaikkan suku bunga acuan dan melakukan intervensi ganda, baik di pasar valas dan beli SBN (Surat Berharga Negara) yang dilepas investor di pasar sekunder.
Quote:

Sumber Berita : https://ekonomi.kompas.com/read/2018...a-tidak-berani

emoticon-Wagelasehemoticon-Wagelasehemoticon-Wagelaseh
Ekonom Senior loh yaang bicara, kok oposisi bacotnya nggak ketulungan sampe ngebodohin diri sendiri...
Pak binal keselin ini ekonom kok terlalu paranoid kalau dia belajar ekonomi tahulah dalam ekonomi semuanya sudah berjalan sesuai dengan takdirnya kalau lemah memang takdirnya hancur gak bisa dipoles poles macam waria. Pemolesan macam waria yang fatamorgana hanya menyebabkan kehancuran ekonomi nantinya.emoticon-Ngakak
Rhenald Kasali: Saya Ilmuwan, Diajak Bicara Dollar AS Saja Tidak Berani

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Diubah oleh silentground
Diubah oleh yesknow
Balasan post silentground
Quote:

Loe belum apa apa aja sudah terguncang main bata. Parah bener bp sekarang sekali kalah debat 20 bata menyerang.
Balasan post yesknow
Quote:


10.000 itu menguat tetapi kalau 14700 itu bukan menguat tetapi terperosok masuk jurang.
Balasan post slider88
Quote:



oh lu nuduh gw batain lu? hahahha goblok... ngapain cape2 batain lu?

Quote:
Diubah oleh silentground
Sama setiap pemerintah berkuasa pasti salah atau bnar pemerintah pasti salah..
Inget jaman sby..oposisi pdip gabung Gerindra teriak2 neolib..srkg pdip berkuasa oposisi Gerindra dan jadi koalisi demokrat
nyubi... nyubi epriwere..
yah gimana lo kan orang rezim ini
hihihi
Balasan post slider88
Quote:


prabocor kalah pilpres 10 tahun namanya bukan terperosok lagi tapi tergoblok hehehe
Anggota kampret itu ekonom kelas sosial media semua julkipli, zong, rumpaet, warisman, medeni alisera, dll
Balasan post fghjjhgf
emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk .......ayo lanjukan
silahkan nanti beli beras minyak goreng harus online . yg bukan ahli ekonomi ngak boleh bicara dolar , yg bole bicara dolar cuman ilmuan . camkan itu .
Nasbung kan emang jago segala-galanya. Baca buku jarang, sekolah di kampus terbatas. Tp ngerti semua permasalahan.


Quote:


Apalagi soal iluminati

atau soal Konflik gaza

atau soal Erdogan dan Turkinya

Tinggal Follow follow di IG dah, tiap berita makan mentah2

Langsung search ig JOKOWI dan Koalisi

Komen

#2019Gantipresiden



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di