alexa-tracking

[COC] Pentingnya Backup!!! #AslinyaLo

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9cd54f12e25799578b4567/coc-pentingnya-backup-aslinyalo
[COC] Pentingnya Backup!!! #AslinyaLo
Gan kalo misalnya agan banyak bekerja menggunakan komputer, baik itu PC desktop, notebook maupun tablet atau smartphone, ada baiknya rajin-rajin melakukan backup. Ada 3 jenis backup yang setiap pengguna komputer harus aware, khususnya bila berhubungan dengan data-data kritikal agan (khususnya pekerjaan/proyek agan). Yaitu local backup, offsite/remote backup dan cloud backup.

Local backup intinya agan mengopy/mirror semua data penting agan dalam medium penyimpanan seperti harddisk portable. Jadi seandainya terkena musibah (laptop/notebook hilang misalnya), setidaknya agan tidak kehilangan keseluruhan pekerjaan/proyek agan.

Offsite/remote backup yaitu menyimpan data-data agan diluar situs/lokasi agan, misalnya agan punya server penyimpanan di ruangan lain, dan bisa diakses kapan saja. Dengan begini bila terkena musibah pada lokasi lain, setidaknya backup pada lokasi remote/offsite masih selamat.

Cloud backup mirip dengan offsite/remote backup, namun agan menggunakan services yang sudah tersedia dibandingkan membangun server sendiri. Dan khusus untuk tipe backup ini ada banyak penyedia jasanya. Services ini berguna banget apalagi kalo agan pakai koneksi internet unlimited. Jadi setiap kali agan melakukan update file, otomatis backup agan juga akan terupdate. Nah ane mau beberin cloud backup yang setia menemani ane selama tahunan dan masih ane pake sampai detik ini. 

1. Google Backup and Sync (dulunya Google Drive)

[COC] Pentingnya Backup!!! #AslinyaLo

Kalo agan make Android, sudah pasti punya account Google. Nah jangan lupa, agan juga otomatis terdaftar di cloud services milik Google seperti Google Docs dan Google Drive (sekarang berganti nama menjadi Google Backup And Sync). Space yang diberikan pun cukup royal yaitu 15 GB untuk free user.

Kalo menurut ane sendiri, setelah Google Drive berubah nama menjadi Backup And Sync, Google juga ingin merambah area lain yaitu secara otomatis membackup document folder di PC agan. Sayang fitur ini terkesan kurang bagus integrasinya kalo menurut ane, dan yang tadinya cukup versatile untuk digunakan sebagai file sharing, sekarang menjadi terkesan rumit.

Masih ane pake cuma karena ya kalo punya Google account, langsung terdaftar di service ini.

Google Backup and Sync

2. Dropbox

[COC] Pentingnya Backup!!! #AslinyaLo


Boleh dibilang pelopor dari cloud service ini. Dropbox diluncurkan sejak tahun 2008, dan sekarang menawarkan 2 GB space untuk free user. Tapi tunggu dulu. Agan bisa menambahkan jumlah space dengan menyelesaikan beberapa assignment yang diberikan kepada agan. Salah satunya menggunakan referral link dari akun agan. Bila teman-teman agan meregister dirinya dan menginstall aplikasinya agan akan mendapat tambahan 500 MB (untuk free account) per referral agan, sampai 16 GB.

Kenapa pakai Dropbox? Kan ada Google Drive? Dropbox lebih awal muncul dan jauh lebih matang dibandingkan dengan Google Drive. Spesialisasi team Dropbox pun banyak membantu Dropbox menyajikan user experience yang jauh lebih nyaman dan tidak membingungkan.

Rata-rata kini orang menggunakan Dropbox untuk file sharing dan aplikasi yang mensupport Dropbox juga jauh lebih dapat diandalkan apabila agan menggunakan Dropbox.

Dropbox

3. Microsoft OneDrive

[COC] Pentingnya Backup!!! #AslinyaLo


Mirip seperti Google Drive, One Drive dikembangkan oleh Microsoft sendiri. Kalo agan pakai OS Windows 10 dan punya koneksi internet unlimited, wajib pakai One Drive gan. Kenapa? Karena bukan cuma file sharing aja, tapi semua folder dokumen di komputer agan bakal secara otomatis tersinkronisasi dengan One Drive.

Mengenai masalah integrasi, jelas One Drive melampaui Google Drive. Dan pada Windows 10 sudah disertakan secara default. Jadi ibaratnya, kudu pake gan. Kalo pengalaman ane sendiri sih luar biasa deh. Kenapa?

Satu, kalo agan login di komputer lain (yang menggunakan Windows 10) file-file agan semuanya otomatis disync kesitu juga.

Dua, One Drive juga jauh lebih hemat bandwidth karena dia ga akan download filenya secara nyata, cuma ketika diperlukan aja. Ane naro beberapa aplikasi portable di One Drive ane, kalo ane jalanin file .exe nya dia baru download file .exe tersebut. Ketika aplikasi tersebut mau meload  file librarynya One Drive juga akan otomatis mendownload file dll tersebut. Jadi hemat space dan hemat bandwidth banget gan.

Tiga, ada beberapa folder yang tidak dapat diakses oleh cloud backup yang lainnya, sedangkan OneDrive bisa mengaksesnya. Contohnya bila agan menggunakan Windows 10 folder My Documents menjadi 100% terintegrasi dengan OneDrive  secara seamless.

Microsoft OneDrive

Cloud Backup Aman Tidak?


Pilihan ane jelas, Dropbox karena integrasinya dengan app-app di smartphone dan OneDrive untuk PC Windows. Google Backup and Sync cuma karena udah ada akun Google aja, tapi ga banyak ane pake.

Mungkin agan khawatir dengan keamanan data-data agan di cloud services tersebut, terlebih lagi sempat ada kaskus kebocoran data (Apple iCloud), namun jelas kasus tersebut lebih pada keteledoran penggunanya, dibandingkan lemahnya sekuriti/keamanan service tersebut.

Nah jadi kalo udah register jangan lupa aktifkan semua pengaman 2 factor. Siapkan handphone agan dan masukkan nomer telpon bila diminta. Gunakan Google Authenticator atau app sejenis Authy untuk melakukan pengamanan.

Apabila ada akses yang tidak agan lakukan maka agan secara instan diberi pemberitahuan melalui SMS atau e-mail.

Ane pribadi selama bertahun-tahun menggunakan ketiga services diatas tidak pernah mengalami kendala apa-apa, apalagi sampai data ane dijebol orang. Ikuti prosedur pengamanan akun agan yang teliti aja.

Silakan mencoba dan semoga berguna gan emoticon-Toast
Pertamax hanya untuk TS emoticon-Cool
image-url-apps
Pertamax,gak jadi lagi
KASKUS Ads
Sejak Zaman Ransomware, mesti dibiasakan Backup Rutin.
image-url-apps
auto backup kalo ane ke server mirror emoticon-Big Grin
Reply to budhie's post
Quote:


Servernya bikin sendiri atau pake cloud bre
image-url-apps
Quote:


punya sendiri di rumah , tiap malam selalu syncronis biar ada backup terus
Reply to budhie's post
Quote:


Servernya pake linux?

Syncnya pake software apa?
pake drobo atau qnap sampe rumah konek wifi autosync seru juga tuh emoticon-Smilie
image-url-apps
iya penting pak
Reply to pianzie's post
Quote:


Ooo NAS gitu ya

Dulu kepikiran pengen beli

Tapi kalo NAS ga ada OSnya, setting langsung kayak router/repeater gitu.

Ane punya PC nganggur pengen buat beginian tapi rada males research/settingnya emoticon-Malu

Enaknya kalo pake PC bisa diakses langsung dari komputer servernya. Kalo NAS harus remote toh.
Reply to exorio's post
Quote:


winserper aja biar lebih secure emoticon-Bookmark (S)
qnap dan drobo udah ada applikasinya .. cm klo buat data cloud skalian aja owncloud or nextcloud emoticon-Big Grin
Reply to pianzie's post
Ada aplikasinya tapi tetep harus diakses pake komputer client kan
image-url-apps
Quote:


Pake win2018 aja kok emoticon-Malu

Kalo sync ane dari dulu paling suka dgn software yg namanya total commander emoticon-Recommended Seller

Bisa run semua folder atau Drive partition sekali jalan secara serempak
Reply to budhie's post
Quote:


Win 2018 emoticon-Bingung

Baru tau ane Total Commander bisa auto sync
image-url-apps
Quote:


windows server itu gan bukan client , total commander jika dipelajari fungsi nya secara mendalam bisa coding plugin sendiri buat masukin auto syncronis antara Drive di lappie dan Drive di server , bisa via kabel LAN, bisa via WiFi, bisa via laplink3 , dlsb nya , just search and find the powerfull feature of Total commander emoticon-Cool
Reply to Kiamhu's post
Quote:


jadi sedih keinget data ane yg rusak, ransomware sialan emoticon-Sorry
Reply to edoha's post
Quote:


Biasanya menyerang sistem yang gak punya AntiVirusnya, gan..
Reply to Kiamhu's post
kompi yg kena ada antivirus krack gan, sama windows bajakan. itu pengaruh gak?
×