alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Salah | Demi Jalan Tol Masjid Tempat Kita Ibadah Pun Mereka Rubuh Kan
3.67 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9cd2d41a9975fb218b4574/salah--demi-jalan-tol-masjid-tempat-kita-ibadah-pun-mereka-rubuh-kan

Salah | Demi Jalan Tol Masjid Tempat Kita Ibadah Pun Mereka Rubuh Kan

Sebelum disepakati dilaksanakan pembongkaran, setiap Masjid yang terdampak pembangunan sudah diganti lahan dan bangunannya. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
======
KATEGORI
Disinformasi.
======
SUMBER
(1) Pertanyaan dari salah satu anggota FAFHH.
——
(2) http://bit.ly/2x2Lezf, post oleh akun “Fahzran Heku”, (facebook.com/profile.php?id=100013714622380), sudah dibagikan 16.280 kali per tangkapan layar dibuat.
======
NARASI
“Hanya terjadi di rezim kodok
Jalan tol tidak boleh ada tikungan sedikit yah???
Demi jalan tol,, masjid tempat kita ibadah pun mereka rubuh kan,,,
Dia nggk tau di masjid itu banyak sodaqah amal jairiyah nya para umat, dan di bangun dengan uang umat,,,
Masih kan anda mau pilih dua priode,,,??
Kalau anda muslim dan cinta NKRI yang taat pancasila
Bela agama dan negara anda,
#GANTI_PRESIDEN_2019”.

======
PENJELASAN
(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah
Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.
——
(2) Kompas: “… Hanya saja, hingga saat ini belum ada (bangunan) penggantinya. Tapi kalau tanah pengganti sudah disetujui dan direalisasi,”, salah satu contoh kasus mengenai mekanisme penggantian lahan dan bangunan serta persetujuan dari warga sebelum Masjid dirobohkan. Selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.
——
(3) “Klarifikasi dari BPN: “Lamanya proses pembebasan lahan wakaf, sambung dia, karena proses yang tidak mudah. Untuk membebaskan lahan wakaf, BPN harus melakukan inventarisasi, menaksir harga, lalu mencari tanah pengganti. Selain itu, pembebasan tanah wakaf juga harus minta izin Menteri Agama.”, contoh lain mengenai mekanisme relokasi Masjid. Selengkapnya di post sebelumnya di http://bit.ly/2KmFjdg.
======
REFERENSI
http://bit.ly/2x4Zic9, Kompas: “Sekeliling Sudah Rata, Sebuah Masjid Masih Berdiri di Tengah Proyek Jalan Tol Semarang-Solo

KONTRIBUTOR UNGARAN, SYAHRUL MUNIR
Kompas.com – 20/10/2017, 15:36 WIB


SALATIGA, KOMPAS.com – Sebuah masjid masih berdiri di lokasi proyek jalan tol Semarang-Solo, ruas Salatiga-Boyolali, tepatnya di Dusun Geneng, Desa Timpik, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang.

Warga masih mempertahankan masjid ini lantaran belum adanya kesepakatan nilai ganti rugi bangunan dengan pihak operator jalan tol.
“Sebetulnya tidak ada masalah dan warga sudah setuju semua. Hanya saja, hingga saat ini belum ada (bangunan) penggantinya. Tapi kalau tanah pengganti sudah disetujui dan direalisasi,” kata Kepala Desa Timpik, Suhada, Kamis (19/10/2017) siang.

Suhada mengatakan, saat ini warga masih menunggu keputusan dari pihak pengelola jalan tol untuk menentukan nasib tempat ibadah yang masih digunakan 250 jemaah warga dusun tersebut.

Warga tidak akan membiarkan masjid dibongkar begitu saja oleh para pekerja selama belum ada kesepakatan mengenai nilai ganti rugi bangunan masjid.

“Maunya warga kami itu duduk bersama gimana untuk solusinya dan segera direalisasi dibikinkan masjid,” imbuhnya.

Pantauan Kompas.com, permukiman di sekeliling masjid sudah rata dengan tanah. Masjid tersebut saat ini terlihat seperti di atas tebing lantaran tanah di sampingnya sudah dikeruk hingga kedalaman sekitar 10 sampai 15 meter.

Di sekelilingnya terlihat sejumlah alat berat yang sedang dioperasikan oleh pekerja jalan tol.

Takmir Masjid Baiturrokhim, Warsono, mengatakan masjid yang difungsikan sejak tahun 1979 ini memang belum dibongkar.

Warga masih menunggu realisasi masjid pengganti dari pihak pelaksanaan proyek jalan tol untuk merelokasi satu-satunya masjid yang ada di Dusun Geneng sehingga ketika belum ada masjid pengganti, warga masih mempertahankan masjid ini untuk beribadah.

“Kami masih menggunakan masjid ini untuk beribadah shalat lima waktu, shalat Jumat dan pengajian,” kata Warsono.

Warsono menjelaskan, pihak pengelola dan pelaksana proyek, yakni PT Solo Ngawi Jaya (SNJ), PT Trans Marga Jateng (TMJ) dan PT Waskita sudah menyediakan lahan pengganti. Lokasinya sekitar 100 meter dari lokasi Masjid Baiturrokhim dan dan lebih luas.

Sedangkan luas lahan di lokasi masjid sekitar 180 meter, lebih luas dari masjid yang lama. Rencananya, PT Waskita selaku perusahaan yang mengerjakan proyek jalan tol tersebut akan yang akan membangun masjid yang baru.

Namun, rancangan masjid yang baru dinilai kurang memadai, yakni tidak cukup untuk menampung para jamaah shalat Jumat maupun saat shalat hari raya.

“Kami menghendaki dibangun dua lantai, sebab masjid yang baru nantinya halamannya tidak luas seperti yang lama,” ungkapnya.
Sedangkan opsi pertama, Jika pun tidak dibangun oleh Waskita, Warsono mengatakan warga berkeinginan untuk mendapatkan dana pengganti untuk membangun masjid secara swadaya.

“Kami meminta uang pengganti bangunan senilai Rp 300 juta dan masyarakat akan bergotong royong untuk menutup kekurangannya,” paparnya.

Usulan tersebut, menurutnya, telah disampaikan kepada penanggungjawab proyek jalan tol Salatiga – Solo dan masih dalam tahap pembahasan.

“Intinya, kami tidak ingin mengganggu proyek jalan tol, tapi kami juga ingin beribadah dengan khusyuk. Tidak was-was,” tuntasnya.

Penulis: Kontributor Ungaran, Syahrul Munir
Editor: Caroline Damanik”.

======
Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafh...4807329185138/

Salah | Demi Jalan Tol Masjid Tempat Kita Ibadah Pun Mereka Rubuh Kan

Salah | Demi Jalan Tol Masjid Tempat Kita Ibadah Pun Mereka Rubuh Kan

Sumber Thread
Diubah oleh iturnbackhoax
Halaman 1 dari 2
Salah | Demi Jalan Tol Masjid Tempat Kita Ibadah Pun Mereka Rubuh Kan
Itu tanah wakaf, dan jg bnyk jasanya dr para pemberi infaq,
Pahala amal jariyah itu akan mengalir trus smp hari kiamat,
Terus kalian stop aliran amal jariyah itu? Setan pun akan marah!
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 08
makanya .... Salah | Demi Jalan Tol Masjid Tempat Kita Ibadah Pun Mereka Rubuh Kan
kan bjsa bangun lagi lah
kasian ya kampret emoticon-Big Grin
kehabisan amunisi ampe nyari2 berita pembebasan jalan tol

emoticon-Ngakak
kan bisa dibangun ditempat lain! kayak cuma disitu aja bisa dibangun masjid!
Salah | Demi Jalan Tol Masjid Tempat Kita Ibadah Pun Mereka Rubuh Kan
kan sudah diganti 100m dari tempat sebelumnya, cuma masalah parkir kurang luas kalo bukan masjid bisa dibikin parkir bawah tanah
Balasan post yesknow
Quote:


padahal hal ini udah sering banget emoticon-Big Grin
kalau aja dr awal d sepakati gak akan berlarut2 emoticon-Ngakak (S)

yg terbaru itu masjid yg di proyek Tol Batang - Semarang, dalam waktu dekat mo d robohkan karena masjid pengganti yg 100m dr lokasi lama sudah 80% jadi (gw liat ada yg rekam di forum skyscrapercity)
Yang terdekat di proyek Cijago, Margonda Depok, baru Maret yg lalu masjid yg nangkring tepat di pintu masuk tol dibongkar setelah penggantinya sudah jadi.

ini sih emang pada mo korek2 aja, dan benar kata lu, tak ada yg lain seadanya pun jadi emoticon-Ngakak
Balasan post yesknow
Quote:


Namanya kampret lagi usaha nyari recehan
emoticon-Wakaka
kardusnya pasti kenceng nehemoticon-Ngakak (S)
Nasbungtod lagi goreng bakwan
Gak pernah denger rest area yang ada mesjidnya kali
Biasakan naek becak dijakarta
bego amat kalo di bikin belok cuma buat mesjid ya dana nya nambah lha,, emang kesepakatan awal nya gimana
nasbung mesjid sok2 di sakralkan. padahal subuh cuma 3 orang doang
GOBLOKKKKK... MASJID DIRUBUHIN GA MUNGKIN GA DI RELOKASI!!!!! NASBUNG GOBLOOOKK
elah lawong warganya uda setujuh semua thu emoticon-Leh Uga
masjid jadi korban keganasan kehausan kafakiran fencitraan..biadab sudare sudareemoticon-DP
emoticon-Ngakak

Jadi salah atau benar situ yang tentukan??


emoticon-Cape d...


Tulull
Diubah oleh nyai.dasimah99
Quote:


bangunan itu mendapat penggantian 5x lipat ...

nyinyiiiir saja ... emoticon-Stick Out Tongue
Balasan post jamban.mako
Quote:


penggantiannya 5x lipat ... emoticon-Stick Out Tongue
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di