alexa-tracking

The Marriage Life

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9ccc77a09a391b638b4568/the-marriage-life
The Marriage Life
Pernikahan seakan menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang. Mindset yang seakan "MENGHARUSKAN"mapan sebelum menikah malah menjadi sebuah beban yang berat. Bahkan banyak yang sampai telat menikah karena "KEMAPANAN" yang tak kunjung datang. 


Ini sebenernya mindset yang kebelinger. Mapan itu bisa jadi ga akan bertahan selamanya. Malah, orang-orang yang nekat kebanyakan Bangkrut setelah ngadain pesta pernikahan dan bingung keuangan setelah menikah hanya karena mau di bilang MAPAN. See, mindset itu malah jadi boomerang buat diri sendiri.


Inget, pernikahan itu sebuah awal, bukan sebuah akhir. Jangan menyusahkan diri sendiri untuk menyenangkan orang lain, toh yang menjalani pernikahan dan hidup setelah pernikahan kalian itu ya, KALIAN. Bukan mereka. Malah, ketika kalian memaksakan The Royal Wedding  versi kalian namun setelahnya "ngutang" untuk "makan", jangankan sama manusa, malu sama kucing meong-meong-meong. emoticon-Cape d... (S)


So, What should i do, bow?

Saran Ane, buat para pria-pria yang galau menikah karena merasa belum mapan adalah :

1. Cari calon Istri yang siap dampingin dalam keadaan apapun

2. Jujur sama CaMer tentang siapa ente, bagaimana keuangan ente dan seperti apa rencana ente kedepannya.

3. Buat anggaran dasar yang di tentukan oleh ente dan calon pasangan.

4. Atur pengeluaran pernikahan dan pengeluaran kehidupan setelah pernikanan.

5. Eksekusi pengeluaran dengan baik, teratur dan konsisten.


Sebelum kita bahas satu per satu, Ane mau cerita pengalaman waktu kemarin ane nikah dan sekarang resmi menjadi calon ayah. 

CEKIDOT...


Ane adalah seorang laki-laki biasa yang punya mimpi segudang. Dan mimpi paling GENDENG ane adalah jadi pengusaha, usaha apa aja yang penting HALAL. Kenapa ane bilang mimpi paling GENDENG ane adalah jadi pengusaha? karena, dari kakek nenek moyang ga ada darah PENGUSAHA, yang ada adalah darah dan mental PEKERJA. That's why, ane seneng banget ketika pertama kali jadi keturunan yang kerja di perusahaan yang ya bisa di bilang salah satu TOP GLOBAL Company. emoticon-shakehand

Karena didikan dan orientasi pekerja itulah ane semangat banget kerja, lemburan sikat, suruh kerjain apapun hajaar. Alhasil di tahun 2010, tahun yang sama ketika saya lulus SMK saya punya gaji yang cukup bikin ngiler dan lupa diri. Gaji ane bisa tembus di angka 8jt di tahun 2010. Namun seiring berjalannya waktu rasanya cukup lelah untuk terus-terusan lembur dan nurutin perintah bos yang semakin lama semakin gak masuk akal. Tepat di tahun ke 2 bekerja, ane cari-cari informasi soal usaha sampingan. Dari sanalah mimpi gendeng ane di mulai. Ane harus jadi pengusaha.


Ane mulai menjalankan usaha ane sambil bekerja, dengan harapan usahanya bisa berkembang dan kalo udah berkembang, baru deh ane resign. tapi ternyata SALAH BESAR.


Usaha pertama yang ane lakuin adalah jualan sepatu flat cewek. Usaha ini ane jalanin bareng temen ane, dia sebelumnya udah jalanin ini usaha, tapi karna kurang modal penjualannya jadi gak optimal. Disitulah ane masuk jadi pendana, gak ngerti cara jualan gimana, sistem usahanya gimana tapi ujug-ujug jadi Investor, mantabs. Minggu pertama, minggu ke 2 itu penjualan bagus banget, baru 2 minggu profit ane udah bisa balikin setengah modal yang ane kasih. Tapi, lama kelamaan, makin kesini, temen ane ini mulai gak beres, barang ga ada uang pun Alhamdulillah gak ada. Ternyata eh ternyata, di pake sama dia buat foya-foya. Luar binasa. Alhasil, usaha ini resmi gulung roti, eh gulung tikar. emoticon-Ngakak (S)


Usaha kedua ane adalah jadi wedding & prewedding Fotografer. Kebetulan, ane sukak banget sama fotografi, jadi ane memberanikan diri untuk buka jasa fotografi untuk wedding & prewedding. Meskipun hasilnya lumayan, dan peminatnya lumayan banyak, usaha ini juga gulung tikar, kenapa ? karna jadi fotografer itu harus menyesuaikan waktu dengan klien, bukan klien yang menyesuaikan waktu dengan ane. berhubung ane masih kerja, ane ga bisa selalu ambil orderan yang ada dan reputasi jasa ane lama-lama menurun dan menurun dan menurun lalu jatuh. SELESAI


Usaha ketiga ane adalah, Clothing line. yap, seems to be the worst choice for me. usaha ini memakan dana 8jt dalam 3 hari dan ga ada kabar apapun sampai detik ini. Dan saya nobatkan ini adalah usaha yang paling singkat dan tingkat profit = 0. ASUdahlah jangan di ceritain kit-atiii.


Usaha ke Empat adalah usaha yang sangat-sangat besar uang, tenaga dan waktu yang ane keluarkan. namun hasilnya - (baca: Minus). Usaha ini awalnya adalah lanjutan usaha yang pertama, yaitu jualan sepatu, tapi sepatu kulit premium. Biaya yang gue sendiri keluarkan untuk usaha ini sekitar hampir 50jt, waktu yang di kuras kurang lebih 8 bulan dan tenaga yang di keluarkan sangat-sangat dapat membuat kelelahan. dan Akhirnya gue fail, dengan menyisakan hutang kurleb 70jt karena uang untuk usaha ini ane pinjem dari bank.


Balik lagi ke topik kita soal pernikahan. Di sela-sela ane melakukan pekerjaan utama dan usaha yang ane bangun, ane juga membangun hubungan dengan seorang wanita. Sebut saja dia mawar. Semenjak ane mengenal cinta baru dengan si Mawar ini ane bertahan lebih lama dalam sebuah ikatan Pacaran. emoticon-Wowcantik


Dimulai sejak 2014, berjalan dengan indah sampai dengan awal 2016. Lalu berlanjut dengan tidak mengenakan sampai akhirnya putus di akhir 2016. Kenapa ? karena di tahun 2016 inilah ane mengalami masa-masa awal kehancuran. Jadi begini, ane dan si Mawar sepakat untuk menikah, kami membicarakan pernikahan kayak cerita-cerita dongeng karangan Disney. Terlalu larut dalam angan-angan Raja dan Ratu satu malam, di tambah di setiap kali ane dan mawar kondangan, selalu di gedung yang luaas, dekorasinya ngalahin nikahan Pangeran William dan baju penganitin yang lebih bagus daripada yang di pake Princess Elsa di Frozen.


Lalu, ane dan mawar sepakat untuk NGUTANG di bank sebesar 100jt. Lalu apa yang terjadi selanjutnya ? jreng ... jreengg..

Di saat ane ngobrol dengan Orang Tua si mawar, ane seperti di ajak terbang oleh anaknya dan di tinju dari atas sama bapaknya ke bawah. He Said "Tunggu mawar selesai kuliah ya" dan mawar baru lulus 2018. 

Fyi, ane dan mawar sama-sama Kerja sambil Kuliah di Universitas yang sama.


Oke, ane ga nyalahin siapapun soal itu, ane hanya merasa begoook. ini uang 100jt mau di kemanain ? mau di buat apa ?

bayarnya gimana ? sedangkan kalo di bayarin lagi ga akan bisa kalo belum 6 bulan cicilan. Akhirnya uang itu ludes gak tau kemana. Perasaan gak beli apa-apa, perasaan gak kemana-mana. Perasaan lho ya. Dan hal ini resmi menobatkan ane dengan predikat "Keturunan Keluarga yang Berhasil mencetak Utang di Atas 200Jt" dan hubungan ane & mawar kandas di akhir tahun 2016.


So, dengan jumlah hutang hasil gagal usaha & gagal nikah di tambah cicilan rumah dan lain-lain. pengeluaran tetap setiap bulan ane mencapai 11jt sedangkan Gapok ane 5jt. Dengan kondisi perusahaan yang lagi Cost Saving besar-besaran gak ada lemburan deh. Alhasil selama tahun 2016-2017 ane selalu gali lobang tutup lobang untuk nutupin itu utang. 


Menjomblo dari awal tahun menuntun ane kepada seseorang yang ane temui di DUMAY, kocak ya. Di bulan Juni 2017 ane kenalan sama seorang cewe yang sekarang jadi Ibu dari anak ane. Pertemuannya gak sengaja, saat ane secara random kirim greeting ke banyak cewe di satu Dating Apps gitu. Lalu dia bales greeting ane. ciecie.


Awalnya biasa aja, gak ada yang spesial bahkan kita cuma ngobrol dan curhat biasa aja di dumay gak ada niatan mau ketemuan atau gimana. Ane mikir, ketemuan perlu duit, seenggaknya buat beli teh sisri, tapi daripada buat beliin dia teh sisri mending buat bayar utang. Sampai 2 bulan setelah awal ane sama (Sebut saja Melati) ini kenalan di dumay, ane curhat kalo ane lagi butuh uang untuk bayar hutang 2jt. Dan tanpa di sangka-sangka dia bilang "yaudah pake uangku dulu aja nih, kebetulan aku ada uang"

Ane antara seneng dan takut, seneng karna ada secercah cahaya kehidupan dan takut jangan-jangan ane bakal di perkosa atau di jual jadi bintang pelem. emoticon-Shutup

Tapi, karna butuh ane samperin aja kerumahnya, setelah sampai di rumahnya gengs, gileee ini cewe cantik, manis-manis sepet gitu. Setelah ngobrol ane di ajak untuk ngambil duit sama dia di ATM. disinilah ane mulai was-was, jangan-jangan ane mau di perkosa. Dalem hati ane, gapapa lah di perkosa untungnya dobel. maafin Aim ya Allah. emoticon-Frown


Ternyata dia beneran ambil duit dan kasih ke gue 2jt gengs. Cewe, cantik, kenal di dumay, baru ketemu sekali, dan langsung pinjemin ane duit 2jt. Warbyasahemoticon-Wagelaseh


Lanjut lagi nanti ya agan-agan ganteng. yang lagi di omongin minta JJS.
image-url-apps
izin gelar tiker gan..
image-url-apps
Quote:


86 gan
KASKUS Ads
image-url-apps
Pamer ente emoticon-Lempar Bata:
image-url-apps
Quote:


Aww.. ampuun suhu..
image-url-apps
Lanjottt gan..
Tuh gimana ceritanya ngatur pemasukan 5juta/bln dg pngeluaran 11jt/bln?bener2 nekat ente gan..Gara2 berani utang utk modal usaha itu Kali yah?jadinya berani juga utang utk ngadain pesta nikahan..

tuh bisa jadi pelajaran buat kaskuser lain jangan berani2 utang utk hal yg ga penting,macem ngadain pesta nikahan Kaya gitu,,klo utang utk modal usaha n rumah jg diliat seberapa kuat ente bayar cicilannya..

#Lanjut

Semenjak itu, ane jadi kagum banget sama doi. Kami makin sering intense chat dan sesekali ketemu sampai akhirnya kami sepakat untuk serius. Dan itu semua gak mudah, disamping keuangan ane yang minus 200jt ada satu persamaan sifat kami yang buat hubungan ini terasa berat awalnya, yaitu sama-sama keras kepala.

Di bulan ke tiga kami kenal ane memberanikan diri untuk nemuin CaMer, dan bilang ane mau nikahin si Melati. Ane dateng cuma dengan modal NEKAT ga. Ane bilang akan melamar Melati di bulan Desember 2017 dan menikah di bulan Juli 2018. Mertua ane bilang, "yaudah kalo begitu, tapi kenapa jarak antara lamaran dan nikah jauh banget?" Ane jawab tanpa sadar, "itu rencana paling mentok, kemungkinan maju bu" lalu mertua ane meng-Aamiin-kan keinginan ane.

Setelah di jalan pulang, sepanjang perjalanan ane cuma mikirin perkataan ane tadi. "kenapa goblok banget si lu, bow. duit ga punya, minus. pake segala mau nikahin anak orang.". Sampainya dirumah ane lanjut telponan sama Melati untuk rencanain bagaimana dan darimana bisa dapet uang untuk nikah. Setelah mem-breakdown semua utang-utang ane dan musyawarah berkepanjangan dengan Melati akhirnya di putuskan ane akan Resign dari kerjaan untuk menikah. Ya, ente ga salah baca gan, RESIGN KERJA.

Bagaimana caranya, resign kerja bisa jadi solusi ? Yap, karena ane udah kurang lebih 7 tahun kerja di Perusahaan ini ane bisa dapet uang kurang lebih 110jt kalo ane resign. Uang itu gabungan dari uang Pesangon, Dana pensiun dan Dana BPJS. Awalnya ane sempet takut, sangat sangat takut. Karena, orang tua ane bergantung sama ane, dan Orang tua & CaMer ane juga ga tau kalo ane punya utang segunung. Mereka masih berpikir kalo gue baik-baik saja.

Satu minggu sebelum ane mengajukan surat sakti itu, ane memastikan lagi kepada Melati, Apakah dia yakin mau jadi Istri seorang pengangguran? dan jawaban ini yang buat ane yakin she's the one. "Aku gak takut hidup susah, udah biasa. Dan aku yakin kamu gak akan biarin aku kesusahan. Kamu ga perlu punya Pekerjaan Tetap, yang penting kamu tetep bekerja." entah dia sadar atau engga sama ucapan itu, tapi ucapan itu udah bikin hati ane jadi tenang.

Tepat 1 Oktober ane mengirimkan surat cinta tersebut kepada bos ane, dan Resmilah ane menjadi Calon Pengangguran. Dalam masa One Month Notice itu ane setiap hari selalu ngutak-atik Excell untuk bukan Skema keuangan yang efektif. Mulai dari Bajet bayar hutang sampai bajet pernikahan.
image-url-apps
nyimak
image-url-apps
Maaf tapi yang saya baca adalah kumpulan pengambilan keputusan salah yang terus2an dipupuk.

Mapan bukanlah menikah gede2an utk pamer. Mapan adalah tidak perlu memikirkan uang untuk kehidupan sehari2 seperti makan, ke dokter, rumah, transportasi, rekreasi dan lain2.
image-url-apps
Quote:


it's 100% correct ! agan bener banget sebagian besar cerita ini adalah kumpulan pengambilan keputusan yang salah. Tapi, jadi keputusan yang terbaik saat itu yang ane alamin. cerita ini diperuntukkan untuk orang2 yang "takut" untuk mengambil keputusan, orang2 yang bingung mau mulai dari mana, dan akhirnya diam di tempat.

dan Benar lagi, Mapan itu bukan nikah gede2an untuk pamer, kalo itu lebih tepatnya di sebut Gengsi. Disini saya mengajak orang2 yang masih berpikiran "Kuno", yang beranggapan harus mapan dulu baru menikah. dan cerita ini adalah sebuah "warning" bagi orang-orang yang Gengsi (like i used too) yang berencana nekat memaksakan diri menikah dengan uang hutang. dan juga mungkin sebuah sedikit pencerahan bagaimana cara menghadapinya ketika sudah terlanjur terlilit hutang.
Reply to prabows's post
image-url-apps
Quote:


Saya termasuk orang2 berpikiran kuno yang agan bilang, menikah harus mapan dulu.
Tapi let's hear the story unfold dulu sebelum berdiskusi.

#Lanjut

And finally, telah di putuskan pos-pos uang itu untuk melunasi seperempat Hutang, untuk Orang tua, dan biaya Menikah. And the others problem is, uang itu baru ada setelah 30-60 hari setelah hari terakhir bekerja dan Orang tua ane belum tau kalau sebentar lagi anaknya akan berhenti bekerja.

Ane mau gak mau, suka gak suka Harus menghadapi dua masalah tersebut. Masalah yang pertama adalah ane harus jujur sama orang tua ane. Resiko yang mungkin terjadi adalah ane akan jadi musuh besar Orang tua, dan turunan-turunan resiko lainnya. Nasi udah jadi nasi uduk, itu artinya there's no way back. Pilihannya adalah maju dengan menanggung seluruh resiko atau menghindar seumur hidup. dan ane memilih Maju. Setelah jujur dan menjadi musuh Orang tua selama beberapa minggu. Akhirnya seluruh alasan dan keputusan ane bisa di terima oleh seluruh keluarga. We're familly after All.

Lalu masalah kedua adalah ane berpotensi tidak memiliki penghasilan selama 2 bulan. Ane memutuskan untuk menjadi driver ojek online. Seenggaknya untuk memenuhi kebutuhan pribadi ane dan kalau bisa ngumpulin uang untuk bayar hutang. Kurang seminggu dari masa OMN berakhir, ane resmi jadi Driver Ojek Online. Ane ngojek setiap pulang kerja, dengan di tunjang dengan support dari Melati dan insting bertahan hidup yang di berikan Allah kepada setiap manusia. Maka, ane berhasil menghadapi 1,5 bulan dengan susah payah. Mulai dari orderan Ojek yang sedikit, penumpang yang banyak menuntut dan puluhan telepon dari para Debt Collector yang setiap hari ane terima bisa di lalui dengan drama-drama yang menyedihkan. emoticon-Frown

Ada sebuah harapan hidup ketika sebagian uang Resign itu "mampir" ke rekening. Langkah pertama adalah memastikan hutang yang bisa di bayar terbayarkan, Memastikan bajet nikah tersedia dan sisanya untuk Orang tua. Ane inget waktu itu sisain 1,5jt untuk ane pribadi. "Badai pasti berlalu"

Bajet yang ane siapkan untuk menikah hanya cukup untuk mahar, dan walimah sederhana sekitar 10jt. Lalu ane bilang sama mertua ane kalo ane hanya punya uang sebesar itu. Mertua ane bilang, "oke, gak masalah. yang penting sah". lalu hal yang ane gak sangka-sangka terjadi, Orang tua ane merelakan sebagian uang jatahnya untuk menambah bajet menikah ane jadi ane punya cukup uang untuk ngadain resepsi yang Lumayan.

Sebelum acara lamaran, ane dan Melati melakukan hunting vendor Untuk acara resepsi, dan Mertua ane mengurus keperluan KUA. Dengan izin Allah kami dapat Vendor dengan Fasilitas Makeup, Baju pengantin, Dekorasi, Perlengkapan prasmanan, Aula plus fotografer dan hiburan. dengan harga 18jt. Saat itu kami sepakat untuk mengundang 500 orang. Sebagian besar adalah keluarga Melati karena keluarganya yang banyaaaaak banget. Bajet konsumsi di tanggung oleh keluarga Melati. Kami membuat 550 pcs undangan dengan total pengeluaran 1.5jt berarti sekitar Rp 2700/pcs. Total pengeluaran dari pihak ane sebesar 25jt udah termasuk Mahar emas 12gr. Dan masih banyak pilihan yang lebih Murah dari itu kalo memang bajetnya kurang. Ini harga di Awal tahun 2018.

Kami melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 Februari 2018. Melewati masa-masa sulit sebelumnya dan mungkin ini rejekiya Istri ane tepat 1 bulan sebelum pernikahan Ane mendapat pekerjaan di sebuah perusahaan yang produksinya hampir sama dengan tempat kerja ane sebelumnya. No, Masalah belum selesai sampai di sini.

Menikah itu bukan sebuah Akhir, tapi sebuah awal dari tujuan hidup. Menjadi separuh dari Agama dan Rumah dari hati & tubuh yang lelah. Disinilah seorang laki-laki di uji kelaki-lakiannya dan wanita di uji kedewasaannya. Karena Laki-laki akan terus menjadi seperti anak kecil yang penuh gairah ketika melakukan passionnya, penuh canda ketika bertemu sahabat-sahabatnya dan penuh Emosi ketika betemu kekecewaannya lalu dengan bangga membawa kemanapun keegoisannya. Laki-laki bisa menjadi seorang laki-laki ketika bisa menyesuaikan diri dengan kondisi yang mereka hadapi. Ketika kecewa dia bersabar, dan ketika lelah dia bersandar bukannya malah jadi kasar.

Ane nulis seperti ini bukan karena ane udah lulus ujian ini. Ini bukan ujian 3 hari yang begitu 3 hari itu selesai kita tinggal tunggu pengumuman. Bukan, ujian ini akan terus ada sepanjang agan-agan semua masih bernafas. Banyak orang bercerai bahkan bukan karena ke tidak adaan Harta, tapi ke tidak adaan rasa tenang, pengertian dan kebahagiaan dalam rumah tangga.

Satu bulan setelah menikah, Alhamdulillah Istri ane positive hamil. Di situ ane memutuskan untuk dia sebaiknya resign dan mulai mempersiapkan diri untuk menjadi The Real Wife & Mom. Setelah beradu argumen cukup lama akhirnya Istri ane bisa mengerti keputusan yang lagi-lagi nekat itu. Yang tadinya Kedua gaji kami di jumlah cukup untuk membayar hutang, membiayai kebutuhan dan memmberi kepada orang tua. Lagi-lagi keuangannya jadi lumpuh. Subhanallah, dibulan ke 3 pernikahan tagihan hutang ane yang mesti di bayar deadline sebesar 40jt. Tanpa betele-tele ane langsung posting di FB dan situs jualan online lain "Over Kredit Rumah" . Yap, ane memutuskan untuk over kredit rumah yang masih harus ane cicil 10th lagi.

Setelah meminta keringanan pembayaran dari pihak Kreditur selama 1 Bulan. Subhanallah, belum juga laku itu rumah sampai seminggu setelah deadline.
image-url-apps
oke gan, kita cendolin dulu biar ga haus..
image-url-apps
Mas bows
Agan Muslim kan,,
Ane ingetin aja ,hutang or kredit boleh saja
Asalkan nggak riba

Ya mas bows tau lah apa itu riba dan bahaya riba

Jangan hidup kayak dirantai lehernya tapi kagak nyadar
Yak ,silahkan dilanjut ceritanya emoticon-Big Grin

Biar agan cloning ortillo berani nikah emoticon-Big Grin
image-url-apps
tinggal dimana terus gan..
Reply to iam.erka's post
image-url-apps
Quote:

what?! (terkedjoet)
agan yang ngebego-begoin orang di trit baby blues itu belum nikah? wkwkwk
Reply to iam.erka's post
image-url-apps
Ane cuman asal sih, cuman kayaknya sih iya emoticon-Big Grin
Kagak berani nikah emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


Makan baso sampe ga perlu pake sambel, cukup liat tulisan super pedasnya aja, udah mantap gan emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:


Good point gan! ceritanya masih banyak season lagi.
×