alexa-tracking

KPU Hati-hati Sikapi Putusan MA

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9ccb7bdcd770c57e8b456c/kpu-hati-hati-sikapi-putusan-ma
KPU Hati-hati Sikapi Putusan MA
KPU Hati-hati Sikapi Putusan MA

Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menentukan langkah selanjutnya untuk menindaklanjuti putusan Mahkamah Agung (MA) yang membatalkan larangan eks napi korupsi nyaleg. KPU akan membahas putusan tersebut dalam rapat pleno.


'Klausul tentang mantan napi korupsi, kejahatan seksual terhadap anak, serta bandar narkoba ini menjadi perhatian banyak pihak. Ketika ada putusan MA kami juga perlu hati-hati dan cermat dalam melakukan penyesuaian di PKPU (Peraturan KPU) sehingga tidak menimbulkan permasalahan baru,' kata Komisioner KPU Viryan Azis di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 15 September 2018.


Viryan mengatakan hingga kini KPU belum menerima salinan putusan dari MA. KPU sudah meminta sekretariat jendralnya untuk segera mencari dan mendapatkan salinan putusan tersebut.


Setelah salinan putusan didapatkan, KPU akan menggelar rapat pleno. Rencananya rapat pleno akan digelar malam ini atau besok.


Baca: KPU Segera Gelar Pleno Bahas Putusan MA


KPU juga tidak menutup peluang akan melakukan revisi PKPU 20 tahun 2018 dan PKPU 26 tahun 2018 yang sebagian pasalnya sudah dibatalkan MA. Namun dia kembali menegaskan langkah itu baru bisa diambil setelah KPU mempelajari salinan putusan MA.


'Kita belum menerima putusan dari MA isinya seperti apa. Hanya disebutkan membatalkan klausul tentang napi korupsi. Apakah hanya napi tipikor yang dibatalkan? Lalu konteks waktunya seperti apa? Situasi sekarang ini relatif kompleks, maka kami harus hati-hati dan cermat untuk merevisi peraturan kami,' tandas Viryan.


Lebih jauh Viryan mengatakan untuk merevisi PKPU sekalipun jalan yang harus ditempuh tidak bisa dibilang singkat. KPU harus kembali menggelar uji publik, melakukan rapat dengar pendapat (RDP) dengan DPR, dan mendaftarkan revisi PKPU ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk kembali diundangkan.


Tahapan-tahapan itu, lanjut Viryan, harus dipertimbangkan secara matang mengingat KPU saat ini juga sedang dikejar waktu untuk menyelesaikan tahapan Pemilu serentak 2019 berikutnya.


'Makanya sebetulnya waktu kami ini sangat singkat, tetapi kami sadar putusan ini harus segera kita tindaklanjuti. Prinsipnya KPU menghormati putusan MA dan akan menindaklanjutinya,' tutur Viryan.


MA resmi mengabulkan permohonan gugatan PKPU yang melarang mantan narapidana korupsi maju di pemilihan legislatif. Dengan begitu, mantan napi korupsi bisa kembali nyaleg.


Dalam putusannya, MA membatalkan Pasal 4 ayat 3, Pasal 7 huruf g Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR dan DPRD Kabupaten/Kota. MA juga membatalkan Pasal 60 huruf j Peraturan KPU Nomor 26 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPD terkait larangan mantan narapidana kasus korupsi, bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/politik/...api-putusan-ma

---

Kumpulan Berita Terkait :

- KPU Hati-hati Sikapi Putusan MA KPU Segera Gelar Pleno Bahas Putusan MA

- KPU Hati-hati Sikapi Putusan MA Bawaslu Kota Bekasi Temukan 20.659 Pemilih Ganda

- KPU Hati-hati Sikapi Putusan MA KPU: Larangan Eks Napi Korupsi Nyaleg Terobosan Hukum

×