alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
[VIDEO] Balapan Kura-kura & Kelinci, Siapa yang Menang? Ini Buktinya!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9cc353902cfec31e8b457a/video-balapan-kura-kura-amp-kelinci-siapa-yang-menang-ini-buktinya

[VIDEO] Balapan Kura-kura & Kelinci, Siapa yang Menang? Ini Buktinya!

[VIDEO] Balapan Kura-kura & Kelinci, Siapa yang Menang? Ini Buktinya!

Pernah dengar dongeng tentang kura-kura dan kelinci lomba lari? Siapakah yang menang? Kura-kuralah yang menang! Mungkin kamu terkejut saat pertama kali mendengar dongeng karya Aesop: The Tortoise and the Hare ini. Namun, gimana di kehidupan nyata? Apakah kelinci yang akan menang? Berikut ulasannya selengkapnya dari segi ilmiah?


1. Meski kelinci sempat memimpin, perlahan namun pasti kura-kura sampai lebih dulu di garis finis!
Coba perhatikan video di atas. Ada pertandingan kelinci melawan kura-kura seperti dalam dongeng Aesop. Di awal pertandingan, kelinci dengan cepat memimpin di depan. Berikutnya, perlahan namun pasti kura-kura menyusul dan akhirnya memenangkan pertandingan.

Uniknya, saat kamu lihat, kelinci yang awalnya memimpin, tampak teralihkan. Tiba-tiba dia terdiam dan memandang ke sana kemari. Terlihat seakan dia sudah gak berminat untuk melanjutkan pertandingan.


2. Perlahan tapi pasti lebih baik, daripada cepat tapi mudah teralihkan
[VIDEO] Balapan Kura-kura & Kelinci, Siapa yang Menang? Ini Buktinya!
Dongeng Aesop tadi adalah metafora tentang kehidupan. Adapun, usaha yang pelan-pelan tapi pasti lebih baik, daripada usaha yang cepat tapi sedikit-sedikit teralihkan. Namun, ternyata hal tersebut dapat dijelaskan secara sains loh. Kok bisa?  


3. Para ahli menemukan bahwa hewan tercepat sebenarnya adalah yang paling lambat
[VIDEO] Balapan Kura-kura & Kelinci, Siapa yang Menang? Ini Buktinya!
Dilansir dari ScienceDaily, melalui jurnal Scientific Reports yang terbit pada 27 Agustus, Adrian Bejan, J.A. Jones, profesor Teknik Mesin di University of Duke menganalisis kecepatan hewan darat, laut dan udara. Bejan menunjukkan bahwa dilihat dari kecepatan rata-rata seumur hidup, hewan tercepat sebenarnya adalah yang paling lambat.

Beberapa hewan tercepat di dunia sebenarnya adalah yang paling lambat jika pergerakan mereka dirata-ratakan sepanjang hidup mereka. Mereka boleh bergerak cepat. Namun, sebenarnya mereka lebih banyak menghabiskan hidup mereka dengan berdiam diri.


4. Pesawat jet pun mengalaminya
[VIDEO] Balapan Kura-kura & Kelinci, Siapa yang Menang? Ini Buktinya!
Sama halnya dengan dunia hewan, pesawat jet yang mungkin lebih cepat dari pesawat-pesawat lain pun nyatanya lebih banyak menghabiskan waktu di daratan. Jika dirata-rata dari masa penggunaannya, jet tempur ternyata lebih lambat jika dibandingkan dengan model yang dirancang untuk transportasi atau untuk pengintaian.

Meski awalnya kisah fiksi, ternyata dongeng kura-kura dan kelinci bisa dibuktikan kebenarannya secara sains. Selain nilai moral, sekarang kamu bisa menyampaikan alasan kenapa kura-kura lebih cepat daripada kelinci di kehidupan nyata kepada orang lain.


Sumber : https://www.idntimes.comscience/disc...mpaign=network

---

Baca Juga :

- [VIDEO] Balapan Kura-kura & Kelinci, Siapa yang Menang? Ini Buktinya! Perbandingan Ukuran Hewan dari Terkecil Hingga Terbesar di Dunia

- [VIDEO] Balapan Kura-kura & Kelinci, Siapa yang Menang? Ini Buktinya! Sedih Banget 15 Hewan Ini Ternyata Punah karena Ulah Manusia Sendiri

- [VIDEO] Balapan Kura-kura & Kelinci, Siapa yang Menang? Ini Buktinya! 12 Jenis Burung Cantik Berikut Telah Dinyatakan Punah Dekade Ini

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di