alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Berbeda Dengan Tahun 1998 Antisipasi Pemerintah Sudah Benar
3 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9cc29356e6af4d718b4571/berbeda-dengan-tahun-1998-antisipasi-pemerintah-sudah-benar

Berbeda Dengan Tahun 1998 Antisipasi Pemerintah Sudah Benar

Berbeda Dengan Tahun 1998 Antisipasi Pemerintah Sudah Benar

Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Rhenald Kasali menyebut banyak pihak yang memahami fenomena pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS sepotong-sepotong atau tidak utuh.

Hal itu akan membuat orang menjadi cemas, terlebih jika ada pihak-pihak tertentu yang sengaja memanfaatkan hal tersebut untuk kepentingan tertentu.

"Saya adalah seorang ilmuwan di Fakultas Ekonomi. Saya diundang media untuk berbicara dollar AS saja saya tidak berani. Saya ahli bisnis melihat hanya sepotong, dari satu aspek. Saya tidak mengerti kalau ada orang yang merasa ahli segala-galanya," kata Rhenald saat ditemui di Jakarta Convention Center, Rabu (12/9/2018).

Rhenald menjelaskan, untuk memahami tentang dollar AS dan pengaruhnya ke mata uang negara lain, harus dilihat secara komprehensif dari berbagai sudut pandang. Tidak bisa dari satu atau dua sudut pandang saja, misalkan dari kacamata moneter dan fiskal, namun juga harus lihat dari sudut pandang sektor perdagangan, perubahan teknologi, hingga bidang lain seperti hubungan antarnegara dan sebagainya.

Menurut Rhenald, dirinya mendapati banyak orang yang merasa sudah paham tentang pelemahan nilai tukar dan hanya memahami dari sudut pandang tertentu saja, kemudian langsung membuat kesimpulan. Hal itu membuat masyarakat jadi lebih khawatir, tanpa tahu apa yang sebenarnya sedang terjadi di tataran global.

"Bayangkan kalau masyarakat hanya melihat dollar dari kacamata Indonesia saja, terjadi depresiasi, dikaitkan lagi dengan psikologi tahun 1998, kita keliru," tutur Rhenald.

Jika dibandingkan dengan negara berkembang lain, Rhenald menyebut Indonesia termasuk negara yang tahan terhadap ketidakpastian global, terutama dalam hal pelemahan nilai tukar. Dia pun mengajak agar masyarakat yang mengikuti isu tersebut lebih banyak mencari referensi terkait dan dari sumber yang terpercaya, serta tidak mudah membuat kesimpulan berdasarkan sumber yang minim.

"Ini terjadi di seluruh dunia, dan Indonesia salah satu negara yang dampaknya kecil dibandingkan di negara-negara lain. Ini penyebabnya AS melakukan kebijakan, sehingga dollar-nya pulang kampung. Sama seperti Lebaran kemarin, pembantu kita pulang kampung, kita harus bayar (pembantu) infal yang mahal," ujar Rhenald.

Dalam menghadapi pelemahan nilai tukar rupiah, pemerintah telah menempuh sejumlah kebijakan, di antaranya mengendalikan impor barang konsumsi, peningkatan devisa dari sektor pariwisata, hingga menunda proyek infrastruktur yang memiliki komponen impor yang tinggi.

Selain itu, Bank Indonesia selaku otoritas moneter juga mengantisipasi dampak tersebut dengan menaikkan suku bunga acuan dan melakukan intervensi ganda, baik di pasar valas dan beli SBN (Surat Berharga Negara) yang dilepas investor di pasar sekunder.


Spoiler for Sumber ::

Nasbung nemang manusia2 salah urus.

Makanya susah cari makan... emoticon-Ngakak
Diubah oleh nataliuspigai.
Tahun 1998 tuh Rupiah-USD nya tuh Naik dari Rp. 2.500 sampai Rp.16.800.... ter-Devaluasi 670 %... Makanya Krismon...

Kalo yang sekarang itu Rupiah-USD nya Naik dari 12.000 ke Rp. 15.000.... ter-Devaluasi 12,5 %.... Krismon Pala Lo Peyang....


Berbeda Dengan Tahun 1998 Antisipasi Pemerintah Sudah Benar
buzzer anzing bikin thread satu2 bknnya digabungin aja.
Kok masih negatif CAD nya?
Balasan post Malioboror
Quote:


maklum gan dapat duit haramnya perthread emoticon-Kemana TSnya?
Ya kalau bisa jangan lah sampai 98! emoticon-Cape d...
Quote:


Jadi kalau mau sama ke 1998. Dari 12000 rupiah ke 92400.wah sudah modar kita
Balasan post president.trump
Quote:


Setahu gw 98 tuh awal tahun sudah 6000 lebih darimana bisa 2500
98 kurs rupiah masih 8000-an per dolar, baru naik ke 14000-an setelah kerusuhan mei


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di