alexa-tracking

Inilah Nursaka, Bersekolah di negara tetangga, bantu ayah setelahnya, #AslinyaLo

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9cc2631cbfaa023b8b4567/inilah-nursaka-bersekolah-di-negara-tetangga-bantu-ayah-setelahnya-aslinyalo
Inilah Nursaka, Bersekolah di negara tetangga, bantu ayah setelahnya, #AslinyaLo
اَلسلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
Selamat datang di thread ane
Inilah Nursaka, Bersekolah di negara tetangga, bantu ayah setelahnya, #AslinyaLo

Perjuangan setiap orang berbeda-beda, tak lihat dia sudah dewasa ataupun masih belia, namanya manusia memiliki takdir untuk menjalani hidup seperti apa saja, entah berada di keadaan yang menyenangkan atau bahkan harus berada di keadaan penuh keterbatasan. Manusia hanya bisa menjalani semuanya itu, dan tetap berjuang serta berdoa agar kehidupannya kelak bisa lebih baik dari sebelumnya.

Inilah Nursaka, Bersekolah di negara tetangga, bantu ayah setelahnya, #AslinyaLo

Mari kita mulai mendengar cerita kehidupan dari Nursaka, bocah berusia delapan tahun yang harus bersekolah di Entikong, Indonesia, setiap harinya, ayah dari Nursaka bernama Darsono dan Ibunya bernama Julini, kedua orang tua Nursaka sebenarnya adalah warga negara Indonesia, dulunya keluarga ini tinggal di Entikong, memiliki usaha tempat makan, yang tempat usahanya menumpang orang, namun usaha tempat makannya ini harus gulung tikar karena banyaknya tagihan utang pembeli yang belum dibayar, sehingga perputaran modalnya tersendat, setelah usaha tempat makannya gulung tikar, Darsono dan keluarganya memutuskan untuk mencari pekerjaan di Malaysia, disana pun keluarga ini menumpang rumah adiknya yang menikah dengan orang lokal dan memiliki usaha tempat makan juga, pekerjaan Darsono di Malaysia juga hanya sebagai pengurus kebun orang, sembari berternak. Nursaka sejak masih TK disekolahkan di Indonesia, TK tempat Nursaka sekolah adalah TK Kartika, awalnya untuk bersekolah setiap hari, Nursaka di antarkan oleh ayahnya atau ibunya secara bergantian, karena Nursaka masih TK jadi orang tua tidak tega jika harus melepaskannya sendirian, waktu masuk ke bangku sekolah dasar pun juga sama, kedua orang tuanya lah yang setiap hari selalu mengantar, semenjak sang ibu mengandung adik dari Nursaka, Nursaka tidak lagi di antarkan oleh kedua orang tuanya untuk bersekolah di Indonesia, Ibunya sibuk mengurus kehamilan dan adiknya kelak, sang Ayah juga harus bekerja mengurus kebun orang.

Inilah Nursaka, Bersekolah di negara tetangga, bantu ayah setelahnya, #AslinyaLo

Perjalanan berangkat sekolah Nursaka dimulai dari rumah petak kecil hasil menumpang dari adik Darsono, pukul 05:30 waktu Malaysia, atau di Indonesia pukul 04:30, Darsono sang ayah selalu membangunkan anak kesayangannya Nursaka untuk bersiap ke sekolah, kegiatan setelah bangun tidur, Nursaka biasanya meminum air putih hangat yang di siapkan sang Ayah, kemudian baru bergegas ke kamar mandi, setelahnya segala pakaian dan seragam sudah di persiapkan, sesekali Darsono membantu Nursaka mengurusi perlengkapan sekolahnya, sang ibu Julini yang sibuk mengurusi adik Nursaka, selalu mengingatkan Nursaka agar PR dan perlengkapan lainnya tak tertinggal.

Inilah Nursaka, Bersekolah di negara tetangga, bantu ayah setelahnya, #AslinyaLo

Waktu sudah menunjukkan pukul 05:00 waktu Malaysia atau 06:00 waktu Indonesia, Nursaka harus bergegas di antarkan sang Ayah ke sebuah Kantin di tepi jalan Tebedu, Serawak, Malaysia, untuk mencari tumpangan kendaraan ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN), setiap harinya memang Nursaka hanya menumpang orang kesana, jarak dari tempat Nursaka mencari tumpangan ke PLBN sekitar 3 kilometer, ditempuh dengan waktu 10 menit perjalanan dengan kendaraan.

Inilah Nursaka, Bersekolah di negara tetangga, bantu ayah setelahnya, #AslinyaLo

Sesampainya di PLBN, hal yang harus di lakukan Nursaka adalah dengan memasuki gedung, untuk melakukan registrasi, bocah delapan tahun ini setiap hari selalu melakukan ini,dikeluarkanlah sebuah buku bersampul merah, yang berisi foto ibu dan kedua adiknya, buku itu adalah Pas Lintas Batas (PLB), setelah semua perijinan selesai, Nursaka bergegas keluar dari gedung PLBN.

Inilah Nursaka, Bersekolah di negara tetangga, bantu ayah setelahnya, #AslinyaLo

Di depan gedung PLBN, Nursaka sudah di tunggu oleh seorang perempuan paruh baya dengan motornya, yang ternyata itu adalah ojek langganan pulang pergi Nursaka untuk menuju sekolahnya SD Negeri 03 Sontas, perjalanan Nursaka dari gedung PLBN ke sekolahnya berjarak sekitar 4 – 5 kilometer. Nursaka biasanya selalu datang 30 menit lebih awal ke Sekolah, walau harus menempuh perjalanan cukup jauh dari Malaysia ke Indonesia, tapi Nursaka ternyata adalah anak yang berkeinginan tinggi untuk bersekolah. Jika ditanya kenapa Nursaka tidak sekolah di Malaysia saja, karena untuk sekolah disana memerlukan banyak persyaratan, lebih mudah sekolah di Indoensia. Perjalanan pulang Nursaka hampir sama seperti berangkatnya, saat akan pulang sudah ada ibu-ibu tukan ojek langganannya, kemudian di antar ke gedung PLBN, disana Nursaka mencari tumpangan untuk kembali ke rumah, jika sebelumnya yang mencarikan tumpangan saat berangkat sang ayah, waktu pulang para petugas PLBN atau om-om Polisi yang mencarikan tumpanagan, sampai kerumah biasanya sekitar jam 01:30, misal sampai pukul 02:00 belum sampai rumah biasanya Darsono sang ayah merasa was-was.

Inilah Nursaka, Bersekolah di negara tetangga, bantu ayah setelahnya, #AslinyaLo

Kehidupan sehari-hari Nursaka bocah delapan tahun ini tidak begitu saja, setelah pulang sekolah, harus mengerjakan PR terlebih dahulu dan istirahat, sekitar pukul 05:00 sore waktu Malaysia, Nursaka memiliki kewajiban membantu ayahnya untuk mengurus ternak, dan kegiatan wajibnya Nursaka beserta adiknya Yoga harus mengambil nasi sisa dari tempat makan di dekat tempat tinggalnya untuk dijadikan pakan ternak mereka.

Inilah Nursaka, Bersekolah di negara tetangga, bantu ayah setelahnya, #AslinyaLo

Di sela mengambil sisa nasi di tempat makan, Darsono mengajak kedua anaknya Nursaka dan Yoga untuk berkeliling di pertokoan Tebedu, Darsono mampir ke setiap toko dan POM Bensin, untuk mengecek setiap tong sampah yang ada, dengan semangat Nursaka dan Yoga membantu ayahnya mencari kaleng dan botol minum bekas untuk dikumpulkan, yang nantinya akan dijual kepada pengepul dari Kuching, yang datang setiap beberapa bulan sekali. Uang hasil dari penjualan kaleng dan botol bekas ini, akan di tabung oleh Nursaka di celengan ayamnya berwarna biru. Nursaka selalu mendapat wejangan dari sang ayah untuk selalu mewujudkan keinginan mereka dengan cara menabung. Kata Nursaka untuk apa tabunganna nanti, ternyata untuk membantu biaya sang kakak yang saat ini sedang berkuliah di Jember.

Bocah seusia Nursaka, harus merasakan betapa suahnya untuk menempuh pendidikan, bukan karena fasilitas pendidikannya, tapi karena harus bersemangat setiap hari bolak-balik dari Malaysia ke Indonesia, walaupun tidak begitu jauh, tapi jika harus melalui perjalanan, bergonta-ganti kendaraan seperti ini juga akan tetap melelahkan, bahkan Nursaka tidak akan berangkat sekolah jika sedang terjadi hujan deras. Ini mengajarkan kepada kita jangan mudah mengeluh dengan keadaan kita, hadapi segalanya penuh dengan niat dan sungguh-sungguh.

Terima Kasih sudah berkunjung di Thread ane

Kunjungi Thread ane lainnya gan:
Spoiler for Sebagian di sini:



Model-model wanita di Jepang, dimanfaatkan ketiaknya untuk meraup pundi-pundi uang
https://www.kaskus.co.id/thread/5b52...ndi-pundi-uang

Sosok para maestro gamelan Indonesia
https://www.kaskus.co.id/thread/5b70...elan-indonesia

(Part 1) Timeline cerita waktu ke waktu Marvel Cinematic Universe
https://www.kaskus.co.id/thread/5b77...matic-universe

[Review] IEM Overear DIY Kere Hore mirip QKZ QF2
https://www.kaskus.co.id/thread/5b83...-mirip-qkz-qf2

Ternyata Mobil Bergoyang menjadi hal biasa di Zurich
https://www.kaskus.co.id/thread/5b84...iasa-di-zurich

Spy Shoot, proses shooting film Star Wars Episode IX
https://www.kaskus.co.id/thread/5b86...ars-episode-ix

Para aktor yang gagal menjadi Superhero AVENGERS
https://www.kaskus.co.id/thread/5b8c...rhero-avengers

MARVEL mengungkap cerita tersembunyi antara Wolverine dengan Venom
https://www.kaskus.co.id/thread/5b8c...e-dengan-venom

Begini jadinya saat pemilik dan anjing peliharaan di sandingkan, bisa mirip
https://www.kaskus.co.id/thread/5b8f...kan-bisa-mirip

Redmi 6, tak menarik setelah lihat smartphone ini
https://www.kaskus.co.id/thread/5b8f...xiaomi-redmi-6

Venom versi Tom Hardy bakal Epic, karena alasan ini
https://www.kaskus.co.id/thread/5b92...ena-alasan-ini

Nokia 6.1 Plus, Senjata baru Nokia untuk berperang di pasar Indonesia
https://www.kaskus.co.id/thread/5b92...asar-indonesia

(Part 2) Timeline cerita waktu ke waktu Marvel Cinematic Universe
https://www.kaskus.co.id/thread/5b7b...matic-universe

Perhatikan ini saat berbelanja di minimarket Jepang
https://www.kaskus.co.id/thread/5b93...imarket-jepang

Trend di dunia smartphone dari 2018 dan yang akan datang
https://www.kaskus.co.id/thread/5b94...ng-akan-datang

Di Jepang, mau bayar aja, ada etikanya
https://www.kaskus.co.id/thread/5b96...a-ada-etikanya

Malang nian Pria China ini, lagi santai di pantai, anunya di tusuk ikan pari
https://www.kaskus.co.id/thread/5b97...usuk-ikan-pari

Ini dia produk terbaru dari Apple, setelah di umukan pada acara besar kemarin
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9a...-besar-kemarin

Serba-serbi tentang CPNS yang perlu kamu tahu, sebelum ikut test CPNS 2018
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9a...test-cpns-2018

A. Human, ketika fashion bertemu dengan dunia sci-fi
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9b...n-dunia-sci-fi

Inilah Nursaka, Bersekolah di negara tetangga, bantu ayah setelahnya
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9c...hnya-aslinyalo

FAIL! TOP 5 Game yang bikin Frustasi, bukan bikin Happy
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9f...an-bikin-happy

Menjawab siapa sebenarnya Captain Marvel ? Dari masa lalu hingga kekuatan supernya
https://www.kaskus.co.id/thread/5ba2...uatan-supernya

image-url-apps
waini yg lg rame di tipi itu ya emoticon-Matabelo
KASKUS Ads
image-url-apps
emejing banget emang perjuangannya, ini salah satu yg beruntung dapat memanfaatkan fasilitas dan terespos.

belum lagi sodara kita di tengah pedalaman, sekolah dan jalan pun kadang tak tersedia. emoticon-Berduka (S)



kakaknya kuliah di unej ? emoticon-sudahkuduga
image-url-apps
Beda semangat, orang yang sekolahnya susah sama orang yang sekolahnya enak.
Suka malu sama diri sendiri kalau yang lihat kayak gini emoticon-Berduka (S)
Reply to yunda.me's post
Quote:


iya gan, emang lagi dibahas di tipi.

Quote:


terekspos karena tiap hari wara-wiri gan, ketemu sama orang keimigrasian, dan masuk iklannya keimigrasian kalau tidak salah.

iya katanya sang kakak kuliah di Jember, tidak disebutkan siapa nama kakaknya dan seperti apa orangnya.
image-url-apps
Quote:


memangnya ada yg nggak rame di tipi gan
image-url-apps
Quote:


Ente udah lolos atau gak lolos
Quote:


ente udah lolos lewat pm nih emoticon-Cek PM
Quote:


bener, kadang kalau lihat kayak gini, jadi malu sama diri sendiri, sekolah bisa enak, tinggal naik kendaraan umum atau kendaraan pribadi, tidak jauh, tapi sekolah males-malesan, sering bolos.
mereka yang sekolahnya susah, niatnya luar biasa.

Quote:


Lolos ikut event tidak gan.
tapi kalau lolos review untuk kreator iya.

soalnya di aturan baru, tidak boleh dengan tokoh yang dibahas di media sebelumnya, ane belum sempet baca itu update aturan, udah main post.
Quote:


lolos threadnya gan, kalau untuk lolos ikut event kreatornya tidak.
ane juga udah buat thread kedua, karena ini tidak lolos, tapi ini belum direview.
×