alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rupiah di Level Rp 14.630 Per Dollar Pakar: Kondisinya Beda dengan Krisis 98
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9c9f2b9e7404dc3c8b4568/rupiah-di-level-rp-14630-per-dollar-pakar-kondisinya-beda-dengan-krisis-98

Deleted Thread Gan

Deleted Thread Gan
Diubah oleh pritanatania
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
Ya untuk dibandingkan ke 98 masih jauh sih.

Tapi ingat sekarang kita:
  • Double defisit. Defisit APBN dan defisit ekspor impor.
  • Hutang meningkat hingga 9000T lebih.
  • Hasil pembangunan infrastruktur 33 pelabuhan mangkrak, Tol becakayu, tol waru-mojokerto, tol medan sepi, kereta bandara sepi alias sudah tidak memberikan penghasilan bagi negara, negara masih dibebani biaya operasionalnya.


Jadi apakabar Indonesiaku?
Balasan post baraknaga
Quote:


defisit itu bisa bemacam macam maknanya, APBN defisit kalo dipake buat CAPEX, ya ga maslah, toh ga selamanya negara ngeluarin duit buat modal ,keluar modal buat dapat omset itu biasa, beda cerita klo defisitt buat subsidi, ga akan ada istilah manambah pemaukan negara

hutang, coba dipecah lagi hutang pemerintah, hutang BUMN, hutang swasta, dan diliat juga rating utang dari lembaga pemeringkat, hutang kita termasuk kredible atau sampah

coba disebutin satu satu, pelabuhan yang mangkrak emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin becakayu ya karena belum nyambung ke casablanca, klo dah nyambnugn ane yakin keluara duit 15 rebu ga ada rasanya dibanding macet di jalur setan itu emoticon-Big Grin

sejak kapan negara membiayai operasional, semuanya BUMN, kecuali jalan kereta api dan jalan raya yg emg dianggarkan oleh APBN, lagian tinggal diliata aja cashflownya BUMN, merah atau hijau emoticon-Om Telolet Om!
emoticon-Om Telolet Om!
skrng 2018
Balasan post baraknaga
untuk poin kedua, hutang meningkat sampai 9000T9000T lbh, dpat data darimana?

soal tol medan sepi ente ukur dari sis mana? KA bandara sepi ente dapat data darimana?

jangan hanya sebar hoax tapi gak ada data, blom lg soal proyek yg mangkrak
kalo ekonom kayak gini nasbung ga percaya emoticon-Big Grin

nasbung percayanya sama so called "ekonom" yg entah pernah nulis jurnal ilmiah atau enggak emoticon-Ngakak
Balasan post baraknaga
Quote:


pembuatan jalan tol, infrastruktur itu, ga sepenuhnya dan ga semuanya memberikan kontribusi bagi pendapatan negara. contoh paling simpel, jalan raya, apa nguntungin? engga... berguna? iya..

Kereta bandara sepi karena sarana dan prasarana lainnya belum dipenuhi. Coba agan ke malaysia atau ke singapura. Kereta bandara disana penuh karena keretanya tergantung dengan main hub di stasiun central singapura, yang terhubung ke seluruh penjuru kota.

Kereta bandara kita?

Kebijakan yang ga populer, pembangunan infrastruktur pakai hutang, tapi itu yang dibutuhkan
Ada yg tau jokimanis?
Quote:


Setelah defisit hasilnya ga ada hutang bertambah ya buat apa?
Hutang Pemerintah via APBN 4200 + Hutang Pemerintah via BUMN 4800 = 9000T (itupun di bulan Juli yang kursnya belum meroket seperti sekarang.)
sumber:
Hutang Pemerintah via APBN
Hutang Pemerintah via BUMN

Mau tau berita pelabuhan mangkrak, gw kasih dari 2 buah sumber berita kredibel
Liputan 6
detik
Soal becakayu ya lihat saja nanti apakah seperti yang kau katakan atau sama saja dengan proyek lainnya.

BUMN itu milik negara. Kerugian BUMN adalah kerugian negara. Keuntungan BUMN adalah keutungan negara. Kalo BUMN gagal bayar hutang dan dia menjual asetnya berarti dia menjual aset negara.

Quote:


Soal hutang hungga 9000 T dan projek mangkrak sudah gw jawab dari link di atas. Permasalahan kereta bandara dan tol medan sepi.

Kereta Bandara SEPI
Tol Medan SEPI

Jika hal ini dianggap hoax. Silakan media penyebarnya DETIK, KOMPAS TEMPO, LIPUTAN6 dicabut izinnya agar tidak memberitakan hoax lagi. (Jokowi punya kuasakan?)
Diubah oleh baraknaga
Balasan post cobainmain
Quote:


Tidak menguntungkan tapi dibutuhkan ya?

Memangnya dengan infrastruktur yang dibangun Jokowi apa manfaatnya untuk kita?
Kalo beban hutang yang harus diangsur oleh anak cucu sudah pasti!!

Kebijakan kok pencitraan doang
Balasan post baraknaga
Quote:


mbok ya klo ngasih link itu dibaca dulu terutama yang di bold, biar ga jadi malu..

1. Pelabuhan Tiram, APBN 2012-2014 Rp 21,17 miliar. Mangkrak (dilanjutkan)

2. Pelabuhan Teluk Tapang, APBN 2012-2013 Rp 128,21 miliar. Mangkrak

3. Pelabuhan Barus, APBN 2013-2017 Rp 48,83 miliar. Dilanjutkan

4. Pelabuhan Tanjung Beringin, APBN 2007-2016 Rp 16 miliar. Mangkrak

5. Pelabuhan Pangkalan Sidek, APBN 2012-2015 Rp 45,42 miliar. Dilanjutkan

6. Pelabuhan Tanjung Berakit, APBN 2014-2017 Rp 74,28 miliar. Mangkrak

7. Pelabuhan Malarko, APBN 2012-2014 Rp 112,89 miliar. Mangkrak (dilanjutkan)

8. Pelabuhan Dompak, APBN 2013-2015 Rp 57,34 miliar. Mangkrak

9. Pelabuhan Mocoh, APBN 2013-2015 Rp 62,43 miliar. Mangkrak

10. Pelabuhan Meranti, APBN 2013-2015 Rp 50,72 miliar. Mangkrak

https://www.liputan6.com/bisnis/read...-rp-28-triliun

klo mengharapkan proyek infrastruktur lsg rame stelah dibangun, ya wajar aja sih generasi micin, maunya instan, padahal cipali aja selesai 2015 baru rame 2017


nasbung kok ya kualitasnya makin ke sini maskin mengenaskan emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Om Telolet Om!

Quote:


mau tau pentingnya infrastruktur, coba jalan jalan kesekitar bekasi cikarang cikampek ada tol, terus disitu ada apa aja, atau yg gress liat gimana majunya jatim setelah tol greater surabaya terbangun, industri industri diseputaran pasuruan sidoarjo, sekarang bandingkan dengan pulau yang infrastruktur minim kyk sumatera, kalimantan, papua..keliatan kan bedanya, klo ga keliatan ya wajar nasbung cuma punya gelar aja sarjana. mikir kyk kampret, semuanya kebalik emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Om Telolet Om!
Diubah oleh chibiyabi
Balasan post baraknaga
2014-2019 masanya siapa bro? SBY?
Mengharapkan langsung rame? Jelas tidak.

Okupansi awal sudah sesuai target atau malah jauh dari harapan?

BTW hutang pembangunan infrastrukt harus terus dibayar lho. Bunganya jalan terus dollar naik tinggi.
Balasan post baraknaga
Quote:


hahaha sianjhing sok2an paham ekonomi, itu orang master ekonomi, ngajar di ugm dan kampus lain.

gw lebih percaya dia daripada anjhing kaya elu yg lahir dari rahim babi

emoticon-Traveller
Balasan post baraknaga
Quote:


makanya, untuk yang ruas ruas sepi BUMN yang diberi tugas dikasih subsidi silang, contoh, waskita karya dikasih tugas bikin tol sumatera, hasilnya pasti sepi diawal, makanya dikasih konsesi japek elevated, atau HUTAMA KARYA yang sama ditugaskan bikin infrastruktur yang IRR kecil dikasih konsesi JORR, sudahlah, memang pemerintah banyak kekurangannya, tapi bukan berarti ga ada yang dihasilkan, kuncinya, hilangkan sifat picik dihati, biasakan berfikir dengan berbagai macam sudut pandang, sejelek apapun org pasti ada kebaikannya,

emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om!
numpang mejeng

semakin hari semakin banyak pakar ekonom dikaskus dgn pendapat luar biasa

ane liat seh jokowi da lumayan ok lah
soalnya sebelum era jokowi daerah ane ga ada nampak hasil pembangunan, baru skrng ada kelihatan pembangunan sarana umum
Balasan post baraknaga
Pembangunannya pakai hutang bro. Mau sepi mau tidak hutang tetap harus dibayar. Apalagi hutangnya terus membengkak karena bunga dan kurs yang melambung. Percuma juga ngebangun kalo ujung-ujungnya Indonesia tergadai karena kebanyakan hutang yang gagal dibayar.
Diubah oleh baraknaga
kebanyakan cuman ngeliat pd nominal akhir
Yg penting kera.. kera... kera ... !!!!
Pikir aja pakai otak jaman krismon98 rupiah balik ke 6500 kan memang thn 98 segitu kursnya sebelum krismon. Lah indon ngaku gak krismon tetapi mana ada balik ke 8000... Malah nyungsep tenggelam ke dasar palung.
Balasan post baraknaga
harus di ingat juga gan, hutang negara dan hutang bumn bukan terjadi semuanya di zaman pemerintahan jokowi.
di samping itu setiap pembangunan itu untuk jangka panjang, bukan udah siap di bangun bisa lsg dapat hasil, minimal butuh waktu 5-10 tahun baru bisa balik modal
loe pikir biaya untuk pembagunan hanya pakai dana sedikit. kalo soal proyek mangkrak, kenapa waktu jaman sby ada proyek mangkrak ampe puluhan kenapa kamu gak ribut dan sebutkan, tuh hambalang warisan pemerintahan dl kenapa gak kamu sebutkan.
pembagunan jalan di papua itu dah pasti defisit karena jelas gak ada income, kamu mau bilang itu gak ada manfaat?
pembangunan jalan di kota kota besar jelas juga ada income kamu bilang aja sekalian buat apa karena gak ada income
saya di sini netral, kalo soal pemerintahan skrg gak sempurna itu iya karena manusia gak ada yg sempurna, tetapi jelas pemerintah skrg berusaha semaksimal mungkin

kalo loe nanti bilang soal rupiah terpuruk terhadap dollar, itu iya, banyak juga negara asian yg terpuruh terhadap dollar, soal besar kecil nya persentase itu menurut saya relatif, ada negara yg lain terpuruknya kecil ada juga yg gede, kita gak bisa bandingkan soal itu, yg jelas setahu saya skrg pembangunan merata, rakyat merasakan itu

Balasan post baraknaga
Ya tinggal dilihat melonjaknya hutang APBN dan BUMN di masa Jokowi seberapa banyak, bunganya berapa dan balik modalnya bagaimana.

Infrastruktur memang butuh waktu lama untuk untung tapi tentu ada target awal pengguna. Kalo sepi seperti kereta bandara, tol medan, tol mojokerto atau tidak dipakai seperti pelabuhan untia kapan balik modalnya?
Target awal tidak terpenuhi apalagi balik modal.

Tau darimana gw ga bersuara masalah hambalang. Kalo ane bersuara memang harus laporan sama elu?

Kapan gw bilang ga ada manfaat?

Gw tanya manfaatnya apa. Lalu diukur antara manfaat dan biaya yang harus dikeluarkan apalagi ngebangunnya pake hutang. Jika memang tidak menguntungkan ya jangan lalu jor joran bangun infrastruktur yang tidak menguntungkan. Alhasil infrastrukturn ada namun hutang membengkak dan entah gimana ngembaliinnya. Harus selektif dalam membangun infrastruktur yang tidak menguntungkan kecuali mau pencitraan.

Dan kalo memang mau membangun infrastruktur yang tidak menguntungkan ya jangan bangun jalan tol. Bangun jalan non tol lah. Jalan tol hanya membangun ekonomi di titik pintu tol. Sedangkan jalan non tol membangun ekonomi di tiap titik jalannya.

Saya pun netral memberikan pandangan saya terhadap pemerintah. Apa pemerintah anti kritik atau pendukungnya yang ga mau pemerintah di kritik.

Baik kita lihat kurs uang kita dengan seluruh negara di asean. Apakah matau uang kita menguat terhadap ringgit malaysia, dollar singapura atau dong vietnam dalam 2 tahun terakhir. Yang saya lihat malah melemah.

Dua tahun terakhir masa pemerintahannya siapa ya?
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di