alexa-tracking

Cara Mengatasi Outlook Yang Tidak Bisa Menerima Email

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9c9b59ddd7707a6e8b4569/cara-mengatasi-outlook-yang-tidak-bisa-menerima-email
Cara Mengatasi Outlook Yang Tidak Bisa Menerima Email

Cara Mengatasi Outlook Yang Tidak Bisa Menerima Email
Cara Mengatasi Outlook Yang Tidak Bisa Menerima Email
Barangkali diantara kita pernah menghadapi masalah dengan Outlook, salah satunya adalah tidak kunjung diterimanya e-mail yang dikirim oleh teman, padahal teman kita sudah memastikan bahwa email-nya terkirim dengan baik, hmm.. kenapa ya? Kok bisa? Setelah kita cek di Inbox sama sekali belum ada e-mail yang dimaksud, tenang, kita cek bagaimana cara mengatasi outlook yang tidak bisa menerima email dan nanti kita pastikan e-mail yang dimaksud akan diterima dengan baik di Inbox kita.
Pertama, kita pastikan dulu versi Outlook yang kita punya, apakah versi Outlook biasa ataukah Outlook beta, karena ada sedikit perbedaan dalam mengatasi masalah tersebut.
Cara Mengatasi Outlook Yang Tidak Bisa Menerima Emailtampilan outlook.com biasa

 
Cara Mengatasi Outlook Yang Tidak Bisa Menerima Emailtampilan outlook.com beta

Nah berikut ini petunjuk-petunjuk yang dapat kita lakukan dengan melihat terlebih dahulu apa versinya. Untuk kesempatan ini mari kita bahas Outlook versi biasa.
Saat kita mengetahui bahwa ternyata tidak ada e-mail yang masuk dari teman kita, berikut tahapan yang dapat kita lakukan :
1. Cek folder Junk e-mail
Sering terjadi bahwa e-mail yang kita terima ternyata tidak masuk ke folder inbox melainkan masuk ke folder Junk E-mail, periksa di folder ini dan kalau ditemukan e-mail yang dimaksud silahkan diganti statusnya menjadi Mark as not junk yang nanti otomatis akan berpindah ke folder Inbox.
Cara Mengatasi Outlook Yang Tidak Bisa Menerima Emailjunk email

2. Cek apakah Inbox sudah full
Pada saat Inbox kita penuh otomatis setiap e-mail yang telah dikirim dari luar belum akan masuk ke Inbox, jadi kalau penuh kita harus hapus sebagian e-mail yang sudah lama atau tidak diperlukan, atau bisa juga kita pindahkan ke folder e-mail offline khusus di hard disk kita guys.
Adapun cara menghapus e-mail bisa satu per satu kita hapus atau bisa juga langsung semua dari folder nya, seperti untuk folder Junk e-mail yang bisa kita pilih opsi Delete all.

Kita juga dapat menghapus data e-mail dengan cara Sweep yaitu kita menghapus e-mail dari pengirim tertentu, pilih pesan yang akan kita hapus kemudian pilih opsi Sweep maka kemudian yang terjadi adalah seluruh data pesan yang telah dikirim dari pengirim tersebut akan terhapus.
3. Cek Inbox filter dan sortir setting
Sebenarnya bisa saja pesan yang kita cari sudah masuk ke inbox, hanya saja dikarenakan settingan filter atau sortirnya tidak seperti biasanya kemungkinan pesan itu tidak bisa terlihat
  • Untuk Filter, pilih Filter kemudian cek All
  • Untuk Sortir, pilih Filter kemudian cek Sort by


Kita dapat memilih berdasarkan e-mail terakhir maka pilih opsi Date, atau berdasarkan dari pengirim tertentu maka pilih From.
4. Cek tab Other
Satu hal yang sering kita kurang perhatikan adalah ada 2 pilihan tab di Inbox, yaitu Focused dan Other, pilihan ini dimaksudkan agar kita dapat memilih mengutamakan pada pesan-pesan tertentu atau tidak, jadi ada kemungkinan pesan yang kita cari ada di tab Other. Kita dapat menentukan salah satu pesan dimasukan ke kategori tab Focused dengan cara memilih Move to Focused inbox atau Always move to Focused inbox.
Cara Mengatasi Outlook Yang Tidak Bisa Menerima Emailcek tab other

5. Cek daftar Blocked senders dan Safe senders
Berikutnya kita cek barangkali alamat e-mail pengirim teman kita masuk kedalam salah satu list yang di block, untuk cek sebagai berikut :
  • Pilih Setting kemudian Options
  • Pada sebelah kiri pilih Blocked senders
  • Jika ternyata alamat e-mail teman kita ditemukan di list Blocked senders maka pilihlah alamat e-mail tersebut, pilih Remove dan kemudian Save.


Dan apabila alamat e-mailnya tidak ada di list maka kita dapat memasukannya ke list Safe senders yang mana dimaksudkan agar setiap pesan yang dikirim oleh teman kita tersebut tidak akan masuk ke Junk email, berikut tahapan instruksinya :
  • Pilih Setting kemudian Options
  • Pada sebelah kiri pilih Safe sender
  • Masukan alamat e-mail teman kita kemudian pilih Remove lalu Save


6. Cek Setting Junk E-mail
 Pilih Setting kemudian Options
 Pada sebelah kiri pilih Filters and reporting
 Dari opsi ini kita dapat menentukan sebesar apa level proteksi yang akan pilih kemudian Save
• Dengan pilihan Standard maka ada kemungkinan beberapa Junk e-mail akan tetap masuk ke folder Inbox karena proteksinya relative lebih rendah dan apabila ditemukan e-mail yang seharusnya masuk Junk e-mail, kita pilih dan beri tanda sebagai Junk e-mail
• Pilihan selanjutnya adalah Exclusive, untuk opsi ini kita harus hati-hati karena bisa jadi malah beberapa e-mail penting bisa masuk ke folder Junk e-mail, so untuk pilihan ini kita harus sering cek Junk e-mailnya.

7. Cek rule e-mail
Tujuan rule e-mail disini sebenarnya adalah agar inbox kita itu bisa lebih rapi dan teratur dengan cara otomatis menghapus, memindahkan, mengelompokan dan meng-flag pesan berdasarkan pengirim, subject dan kriteria lainnya, hanya saja dengan rule yang telah ditetapkan tersebut malah dapat ‘menyembunyikan’ data e-mail dari teman kita tadi.
Adapun untuk merubah rulenya kita dapat lakukan sebagai berikut :
 Pilih Setting kemudian Options
 Disebelah kiri pilih Inbox and sweep rules
 Dan jika kita temukan beberapa rule yang ternyata malah menghambat masuknya e-mail yang kita maksud, maka kita dapat lakukan beberapa hal sebagai berikut :
• Pilih rule yang menghambat tadi kemudian pilih Delete
• Atau bisa juga kita rubah rule-nya dengan cara Edit untuk merubah settingannya
 Untuk menyimpan perubahan-perubahan tersebut jangan lupa kita Save ya guys

8. Cek Setting e-mail Forwarding
Kita cek barangkali email forwardingnya di set On karena bila di set On maka otomatis semua e-mail yang seharusnya masuk ke inbox akan langsung di teruskan ke e-mail yang terdaftar, jadi seandainya tidak perlu settingan On mungkin lebih baik kita off-kan saja, adapun kalau seandainya masih dianggap perlu maka pastikan pilih centang Keep a copy of forwarded messages.
9. Cek barangkali account email kita sudah di block
Bila account e-mail kita diblock maka otomatis sementara tidak dapat mengirim ataupun menerima e-mail, hal ini dapat terjadi apabila pernah ada kesalahan login
Mengatasi outlook yang tidak bisa menerima email 
10. Hapus beberapa account yang terkoneksi dengan accout kita
Kita hanya dibatasi sebanyak 20 account saja yang dapat terhubung langsung dengan account kita, dan apabila account tersebut terhubung dengan lebih dari 20 account maka otomatis tidak dapat menerima maupun mengirim e-mail, jadi silahkan untuk menghapus beberapa account yang terhubung sampai tersisa kurang dari 20 account saja.
Demikian sedikit penjelasan untuk mengatasi outlook yang tidak bisa menerima email, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa untuk keperluan web murahkunjungi web kami ya di https://idwebhost.com/.
Terima kasih
sumber : https://support.office.com/id-id/art...rs=id-ID&ad=ID
×