alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Cara Pembuatan dan Bermain Senjata Tulup, Mau Coba?
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9c79f6642eb6203b8b4567/cara-pembuatan-dan-bermain-senjata-tulup-mau-coba

Cara Pembuatan dan Bermain Senjata Tulup, Mau Coba?

Hello, what news everybody? Selamat datang, dan selamat membacaemoticon-Blue Guy Peace

Cara Pembuatan dan Bermain Senjata Tulup, Mau Coba?

Nostalgia sedikit gan. Mungkin waktu Agan kecil sekitar tahun 2000-2010, pasti pernah mendengar atau bahkan punya senjata unik ini? Waduh senjata apa nih, kok kecil-kecil udah punya senjata. Eits, jangan salah sangka dulu gan. Senjata yang ane maksud adalah Tulup.

Tulup merupakan sebuah nama senjata mainan anak-anak yang dibuat dari bahan bambu, dan kalau pelurunya dibuat dari bahan kertas atau koran yang sudah dibasahkan, ataupun juga bisa dengan biji-bijian. Di desa ane nama biji-bijinya "Rompeni" gan, ada yang tau? Apa nama bijinya didaerah Agan?

Senjata mini ini, umumnya dimainkan anak laki-laki yang berusia 6-13 tahun gan. Mereka yang sedang bermain-main dengan senjata ini, seolah-olah sedang menjadi pasukan bersenjata yang berada dalam medan tempur, kadang juga ada yang merasa seperti sedang melakoni adegan dalam sebuah film.

Dengan isi peluru yang dibuat dari barang atau benda yang tak membahayakan, membuat permainan dengan senjata tulup ini sangat aman dan juga bahkan bisa dikatakan tanpa uang alias gratis, karena dibuat dari bambu yang bisa ditemukan dengan mudah dan peluru yang terbuat dari kertas atau biji.

Permainan tulup ini muncul dan populer bebarengan dengan permainan klasik lainnya, seperti congklak, gundu, engkle, dan lain sebagainya. Meski terbilang permainan klasik, bukan tidak mungkin kalau permainan tulup ini bersemi kembali di jaman sekarang. Agan bisa loh, membuat senjata tulup ini dengan mudah di rumah.

Cara Pembuatan dan Bermain Senjata Tulup, Mau Coba?

Untuk alat dan bahan, langkah pembuatan, dan cara bermainnya, berikut penjelasannya gan!

Alat :

- Pisau atau silet
- Geraji atau golok

Bahan :

- Bambu sesuai ukuran
- Kertas basah atau biji

Langkah Pembuatan :

- Tangkai bambu dengan diameter 2 cm dan ukuran panjang 28 cm yang digunakan untuk tabung senjata, gunakan geraji untuk memotong
- Serta bambu berukuran 5 cm untuk tempat pegangan penyodoknya atau pendorongnya, gunakan pisau atau silet untuk membuatnya
- Jangan lupa buat lagi bambu panjang untuk sodokannya atau penyodoknya dengan panjang kira-kira 31 cm dengan diameter yang lebih kecil dari tabung senjata, yang penting bisa masuk kedalam bambu. Usahakan batang bambunya halus, lurus, dan juga kuat.
- Lalu masukkan tangkai sodokan tersebut ke dalam tempat pegangan tulup yang sudah Agan buat, berikan ganjal berupa sisa-sisa serpihan bambu atau kayu untuk memperkuat penyodok.
- Sesudah jadi dan dirasa sudah kuat, penyodok tersebut dan pegangannya, tinggal Agan masukkan ke tabung senjata untuk mengecek pas tidaknya.

Cara Bermain :

- Ambil kertas kecil yang basah, lalu peras setengah kering saja dan masukkan kertas tersebut ke dalam lubang tabung senjata tulup Agan. Masukkan sebanyak 2 kertas yakni di tiap ujung, ujung depan dan belakang untuk pendorong.
- Setelah selesai, pukul-pukul atau ketok kertas basah tersebut dengan pegangan sodokan.
- Jika sudah, sodokan kertas basah yang berada di bawah tadi dengan perlahan dengan kedalaman sekitar 15-16 cm, atau coba Agan kira-kira saja untuk kedalamannya, yang penting jangan sampai melebihi setengah ukuran tulup.
- Kalau sudah klop dan siap, segera dorong atau sodok tulup dengan cepat dan kuat, sehingga tulup Agan akan mampu menghasilkan suara yang kencang dan peluru melontar jauh.

Mudah dan seru, bukan? Buruan bikin dan main bareng temen-temen gan! Tapi ingat, jangan sampai membahayakan ya, jangan sampai mengenai anggota badan yang vital.

Cara Pembuatan dan Bermain Senjata Tulup, Mau Coba?

Cara Pembuatan dan Bermain Senjata Tulup, Mau Coba?

Cara Pembuatan dan Bermain Senjata Tulup, Mau Coba?
Halaman 1 dari 2

DIJAMIN SERU!
Diubah oleh junleon
nostalgia sma nih game seru
Nyari bambunya susah, mending beli dulu di sekolah banyak yang jual.

Kuambil buluh sebatang
Kupotong sama panjang
Kuraut dan kutimbang dengan benang
Kujadikan layang-layang
emoticon-Kaskus Radio
Diubah oleh rausanvikri
Quote:

yoi gan, pletokk pletokemoticon-Ngakak
Quote:

bener gan, 2000 an kalo di sekolah aneemoticon-Leh Uga
Ini salah satu permainan ane zaman bocah Gan. Seru aja mainnya.
Pelurunya pakai kertas basah kurang greget dan menang di bunyinya aja. Impactnya dikit doang ( serasa cuma dipijat kulitnya emoticon-Ngakak (S) ). Tapi coba pakai biji-bijian, nangis-nangis dah anak orang.

emoticon-Leh Uga
Balasan post Agaz15
Quote:

keras ente gan, awas kena phelheremoticon-Leh Uga
Diubah oleh junleon
Quote:

Berharap gk kena lokasi itu Gan. Kalo kena ane juga bakal nangis dah. emoticon-Ngakak (S)
mainan legend nih ...
emoticon-Matabelo


ga kalah keren sama mobalegend ...
maaf gan ane ga mau coba

cuma mau komen aja
Quote:

Wkwk jgn sampeemoticon-Leh Uga
Quote:

Kerenan iniemoticon-Rate 5 Star
Quote:

Oke sippemoticon-Rate 5 Star
tempat gw di sebutnya pletokan bre
mayan jg tapi kalo kena pedihnya
kadang pas lagi kokang tuh patah batang bambu pendorongnya emoticon-Mewek
pletokan, waktu kecil nyoba bikin kaga bisa... ahaha minta bikinin ke temen...
Tp krn banyak korban mata, orangtua banyak yg ngelarang.
Quote:

wkwk hati2 main nya yaaaemoticon-Ngakak
Quote:

sama gan ane juga, suka bikin stok kokang nya 2-3emoticon-Leh Uga
Quote:

wahh salah pemakaian tuh, nais share ganemoticon-Shakehand2
Ane beli aja lah gan kalo ada yg jual sih
Quote:

Emang praktisnya gitu sih, tp klo bikin sendiri lbh kek gimana gitu rasanyaemoticon-Malu
di kampung gw dulu pas kecil itu disebut bebelotokan...

jadi kangen ayahemoticon-Berduka (S)
di tempat ane namanya peletokan, pake koran basah buat pelurunya, klo yg agak jahat pake biji pohon palem pas kena sakit+gatalemoticon-Hammer
Balasan post junleon
Quote:


Ane waktu sd biasa beli nih mainan, tp make kertas basah amunisinya haha
Keren nih jaman haeula...
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di