alexa-tracking

Jawaban Telak Mahfud MD Tanggapi Debat Capres Pakai Bahasa Inggris

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9c5a23620881fa488b4568/jawaban-telak-mahfud-md-tanggapi-debat-capres-pakai-bahasa-inggris
Jawaban Telak Mahfud MD Tanggapi Debat Capres Pakai Bahasa Inggris
Jawaban Telak Mahfud MD Tanggapi Debat Capres Pakai Bahasa Inggris

Dikutip TribunJakarta.com dari Kompas.com usulan sesi debat menggunakan bahasa Inggris itu diungkapkan ketua DPP PAN Yandri Susanto.

"Boleh juga kali ya. Ya, makanya hal-hal rinci seperti itu perlu didiskusikan," ujar Yandri, Kamis (13/9/2018).

Sejumlah tokoh pun memberikan tanggapan mengenai usulan koalisi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang menginginkan debat kandidat berbahasa Inggris di Pilpres 2019.

Sebagian bahkan memberikan kritikan ataupun dukungan.
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD angkat bicara soal usulan debat Capres berbahasa Inggris yang tengah viral itu.

Menurut Mahfud MD, usulan debat berbahasa Inggris tidaklah tepat.
Tak hanya itu debat capres-cawapres yang menggunakan bahasa Inggris juga melanggar Undang-undang (UU) No.24 Tahun 2019.
Pasalnya menurut Mahfud MD UU, tersebut mengatur untuk acara resmi seperti pembuatan kontrak dan pidato para pejabat harus menggunakan bahasa Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Mahfud MD melalui media sosial Twitternya, pada Jumat (14/9/2018).

"Menurut UU No.24/2009 utk acr2 resmi, termasuk pembuatan kontrak2 dan pidato dlm forum internasional pejabat2 negara kita hrs menggunakan Bhs. Indonesia.

Oleh sebab itu tidaklah tepat mengusulkan debat capres/cawapres dlm Pilpres dilakukan dlm Bhs Inggeris maupun bahasa asing lain," tulis Mahfud MD.

Tak hanya itu Mahfud MD menegaskan walaupun dalam forum internasional para pejabat jika berpidato secara resmi tetap diwajibkan menggunakan bahasa Indonesia.

"Ya, di forum internasional pun pejabat2 Indonesia kalau berpidato scr resmi wajib memakai bahasa Indonesia. Coba baca Pasal 28 dan Pasal 31 UU No. 24 Tahun 2009," tulis Mahfud MD
Mahfud MD mengatakan hal tersebut demi menguatkan rasa nasionalisme masyakarat Indonesia.

"Ketentuan itu utk menguatkan nasionalisme kita dari sudut bahasa," tulis Mahfud MD.


https://www.google.co.id/amp/lampung...bahasa-inggris
image-url-apps
denger noh...

emoticon-Ngacir
image-url-apps
nyimak dulu ah
KASKUS Ads
image-url-apps
mahmud memang menggoda..
image-url-apps
emang rakyat cuma dikasih bacot doang
lebih keliatan lrt, mrt, simpang susun, rusun, normalisasi sungai doong
image-url-apps
Oh ada UUnya ya?


Berarti terbantahkan ejekan nasbung jokowi pke bahasa indo di forum internasional...

Bukannya gk bisa ingris, tp ada UU yg mengatur penggunaan bahasa indonesia


Trit bagus sayang nyubitot gk suka kasi sumur emoticon-fuck2
image-url-apps
Gmn bicara nasionalisme wong pernah kabur ke Jordan anak istri ditinggalin..haa..
Memang harusnya debat pakai bahasa indonesia lah, emangnya back to high school pelajaran bahasa inggris debat pake bahasa inggris


jr
image-url-apps
Mahfud auto nastak, serang bung emoticon-Wkwkwk
image-url-apps
Kami putra dan putri indonesia mengaku berbahasa satu: bahasa indonesia

(Sumpah pemuda juga bilang bahasa indonesia, bukan bahasa inggris)
image-url-apps
Ide nya luar biasah....
Emang antara goblok sama tolol beda nya tipis yak...
image-url-apps
Wiwi brarti gak ngerti aturan dong? Udah pake bahasa inggris di forum internasional... belepotan.. Pula... Bikin malu aja...
Bahasa internasional berubah2 tergantung negara penguasa dunia saat ini.

Sebelum bahasa inggris, bahasa internasional di eropa adalah bahasa prancis, sebelumnya lagi adalah bahasa latin
image-url-apps
Lha emangnya berapa persen sih pemegang kartu pemilih bisa fasih bahasa Inggris?

emoticon-Ngakak


Dipaksain pakai Inggris, yang nonton TV ntar baca subtitle nya.

Lha kan koplak namanya.

Jutaan Orang Indonesia nonton debat calon pemimpin nya, mencoba mengerti via subtitle


Paradox bin Ironi geblek itu

emoticon-Ngakak
image-url-apps
Wah.. ada UU nya pak? Serius baru tau..krn ga nya gak nyangka ternyata belasan taun banyak juga pejabat yg melanggar dong ya..

emoticon-Cape d...
*trus kmaren Ape-ngers vs Thai-nos pidato nya pakde itu nyalahin UU dong ya? Klo gt ada yg ngajak debat inggris pun ga jadi salah dong.. kan UU nya udah dilanggar sama pakde sendiri kmaren*
Quote:


Betul sekali, bahasa mandarin, jepang, korea udah mulai juga, liat aja lowongan kerja.

image-url-apps
Mantap. emoticon-Wagelaseh
image-url-apps
Nasbung guoblognya tiada batas..

Benci chinak mborong barang2 chinak buat eksis..
Anti PKI malah cetak Bendera PKI
Membela Ulama malah perintah ulama malah di anulir pake kardus.
Tahu ekonomi Rakyat lg susah malah minta sumbangan ke Rakyat.
Anti pekerja dari chinak malah diperusahaanya sendiri borong tenaga kerja chiak.
Anti korupsi malah semua calegnya koruptor..

Kata org budhisme sih, alam punya keseimbangan..
ada yg pandai ada yg guoblog ( nasbung)
Ada yg emas ada yg comberan (nasbung)
Ada yg di makan ada yg di keluarkan ( nasbung)
Ada yg diangkat ada yg di injek2 ( nasbung)
Ada yg jd tuan ada yg jd jongos/kuli ( nasbung)
image-url-apps
nais info om
Quote:


hasil karya pak ahok emoticon-Frown
sayang maaruf amin dengan fatwa nya bikin anak buahnya demo berjilid-jillid plus plus kesaksian nya yg memberatkan buat pak ahok dipenjara emoticon-Frown
×