alexa-tracking

Ini Capaian Positif Di Sektor Pertanian

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9c586296bde680028b4567/ini-capaian-positif-di-sektor-pertanian
Ini Capaian Positif Di Sektor Pertanian
Ini Capaian Positif Di Sektor Pertanian

Sektor Pertanian masih menjadi sektor yang mampu berkontribusi positif dalam mewujudkan pembangunan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor pertanian masih menjadi salah satu dari tiga sektor utama penggerak ekonomi nasional setelah industri dan perdagangan.

Salah satu target besar yang ingin dicapai adalah mewujudkan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia 2045 melalui penetapan peta jalan program prioritas target swasembada 11 komoditas pangan strategis, seperti padi, jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai, gula, dan daging sapi.

Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian menetapkan target awal peningkatan produksi terhadap tiga komoditas utama melalui upaya khusus (Upsus) padi, jagung, dan kedelai (Pajale), disertai dengan bawang merah dan cabai serta program sapi indukan wajib bunting (SIWAB) untuk swasembada sapi.
Sedangkan untuk gula, selain melakukan revitalisasi pabrik gula yang sudah ada, Kementan juga mendorong investasi swasta untuk membangun pabrik gula baru. Semua program tersebut dijalankan untuk mewujudkan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia 2045.

Upaya lain yang dilakukan Kementan untuk mewujudkan komitmennya menjalankan kebijakan yang fokus terhadap kepentingan petani juga direfleksikan melalui program refocusing anggaran yang telah dilakukan sejak 2015 hingga saat ini. Dalam pagu anggaran Kementan 2018, 85 persen dari total alokasi anggaran sebesar Rp 22,65 triliun digunakan untuk memenuhi kebutuhan petani dalam hal peningkatan produksi, seperti belanja sarana dan prasana pertanian, ataupun pembangunan infrastruktur pertanian di berbagai daerah.

Angka ini meningkat secara signifikan dibanding 2014 yang hanya 35 persen dari total anggaran saat itu. Bahkan, di 2018, Kementan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 5,5 triliun untuk kepentingan bibit dan benih bagi petani.

Upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani juga turut diwujudkan dengan program asuransi tani pertanian. Program ini dilaksanakan untuk melindungi kerugian petani yang disebabkan gagal panen akibat bencana alam pada tanaman padi dan kematian ternak pada sapi. Untuk tanaman padi, pemerintah menyiapkan asuransi untuk 1 juta hektare lahan.


Spoiler for Sumber ::

image-url-apps
Omong kosong emoticon-Cendol (S) emoticon-Tai

Hasil banyak tp dikalahin sm beras impor proyeknya partai naskleng, sama aja bodong emoticon-Cendol (S)
×