alexa-tracking

Anggaran 2019 Dirancang Untuk Kepentingan Petani

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9c577cc0d77099618b4571/anggaran-2019-dirancang-untuk-kepentingan-petani
Anggaran 2019 Dirancang Untuk Kepentingan Petani
Anggaran 2019 Dirancang Untuk Kepentingan Petani

Pemerintah kembali menegaskan komitmennya untuk menjalankan kebijakan yang pro kepada petani. Keberpihakan pemerintah terhadap petani direfleksikan dalam pagu Kementerian Pertanian (Kementan) pada tahun anggaran 2019 mendatang.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, menyebutkan sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Kementan telah melakukan refocusing anggaran. Pada tahun-tahun sebelumnya alokasi anggaran Kementan lebih banyak digunakan untuk belanja operasional yang meliputi perjalanan dinas, rapat, dan rehab gedung.

"Kami mendahulukan petani, membeli bibit, memperbaiki irigasi, penyediaan alat mesin pertanian," jelas Amran.

Dari jumlah pagu anggaran yang diterima Kementerian Pertanian tahun depan, pihaknya menyebut sekitar Rp 1,43 triliun dilalokasikan untuk Sekretariat Jenderal ; Inspektorat Jenderal Rp 94,40 miliar; Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Rp 6,01 triliun; Direktorat Jenderal Tanaman Hortikultura Rp 1,03 triliun; Direktorat Jenderal Perkebunan Rp 1,11 triliun; serta Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Rp 1,95 triliun.

Selain mengenai pagu anggaran kementerian, Amran juga mengusulkan besaran subsidi pupuk tahun 2019 sebesar Rp 29,5 triliun dengan volume pengadaan pupuk sebesar 9,55 juta ton.

Sementara itu, sejumlah apresiasi diutarakan kepada Amran saat rapat Kerja Komisi IV DPR RI beberapa waktu lalu. Seperti yang dikatakan A.A Bagus Adhi Mahendra, Anggota Komisi IV dari daerah pemilihan (Dapil) Bali, yang memuji program pipanisasi Kementan yang manfaatnya kini sangat dirasakan petani.

Adhi mencontohkan, lahan Jembrana yang dahulu tidak teraliri air, dengan adanya program pipanisasi sekarang teraliri air.

"Nanti Bapak Menteri bisa tinjau ada perkebunan kakao, dengan ketinggian pohon 50 cm sudah bisa menghasilkan buah yang super. Pipanisasi ini bagus dilanjutkan karena manfaatnya langsung terasa," ujar Adhi.

Daniel Johan, Anggota Komisi IV Dapil Kalimantan Barat, juga mengaku mendapat informasi dari petani yang merasakan manfaat alat mesin pertanian (alsintan) berupa hand tracktor yang dibagikan Kementan.
"Selama reses banyak aspirasi petani yang membutuhkan power threseher. Banyak yang sudah merasakan manfaat hand tracktor yang cukup banyak dibagikan. Selanjutnya power threseher bisa jadi aspirasi yang direalisasikan", terang Daniel.


Spoiler for Sumber ::

image-url-apps
yg gw tau waktu k pasr bbrp buah2n impor lebih bagus lebh murah daripada lokal
gimana nih pembinaan dr pemerintah kepada petani.
image-url-apps
Semoga terwujud... Intinya gmn pas musim tanam harga bibit n pupuk g melambung. Pas musim panen gmn caranya harga komoditas g terjun bebas. Biar semangat petaninya...
×