alexa-tracking

Darmin Sebut Lama Penundaan Proyek Infrastruktur Bisa Capai 6 Tahun

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9c3658a09a39e3788b4568/darmin-sebut-lama-penundaan-proyek-infrastruktur-bisa-capai-6-tahun
Darmin Sebut Lama Penundaan Proyek Infrastruktur Bisa Capai 6 Tahun
JAKARTA, iNews.id - Pemerintah masih menggodok penundaan proyek infrastruktur, termasuk jangka waktu penundaan dan mana saja proyek-proyek yang ditunda. Penundaan proyek ini untuk menekan impor sehingga defisit transaksi berjalan bisa dipangkas.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, pemerintah tidak bisa memukul rata jangka waktu penundaan untuk semua proyek infrastruktur, khususnya proyek strategis nasional (PSN).

"Harus dihitung ditundanya berapa lama, setiap proyek itu kan tidak bisa ditunda ramai-ramai lima tahun gitu. Misal listrik, ramai-ramai digeser 5 tahun, nanti kalau tahun ketiga kurang bagaimana? Repot itu namanya," ujar Menko di kantornya, Jakarta, Jumat (14/9/2019).

BACA JUGA:

Masih Diseleksi, Proyek Infrastruktur Akan Ditunda hingga 3 Tahun

Proyek Strategis Ditunda, Menko Darmin Pilih Selamatkan Rupiah

Dengan kata lain, kata Menko, lama penundaan proyek harus disesuaikan dengan kebutuhan pemerintah. Bahkan, tak tertutup kemungkinan ada proyek yang ditunda lebih dari lima tahun kalau belum diperlukan. "Kalau perlu ditunda sampai 5 sampai 6 tahun ya dilakukan," katanya.

Namun, lanjut Menko, proyek yang mendesak dibangun nantinya tidak akan ditunda terlalu lama. Selain itu, penundaan juga dilakukan secara bertahap, tidak bisa serempak. "Tergantung kebutuhannya, kalau di list ada 10 atau 12, misalnya, tahun depan ditunda dua, tahun depan lagi dua atau tiga," tuturnya.

Yang jelas, Mantan Gubernur Bank Indonesia itu kembali memastikan proyek yang ditunda adalah proyek yang belum mencapai tahap financial closing. Semua PSN akan dikaji, bukan hanya proyek pembangkit listrik dan migas yang selama ini dikenal tinggi kandungan impor.

"Bisa juga yang lain, tergantung jika proyek itu masih persiapan (belum financial closing)," ujarnya.


Editor : Rahmat Fiansyah

https://www.inews.id/finance/read/247193/darmin-sebut-lama-penundaan-proyek-infrastruktur-tergantung-kebutuhan

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai salah satu upaya untuk menekan risiko melebarnya deifisit transaksi berjalan, pemerintah akan menunda beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan, penundaan beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN) bisa mencapai 6 tahun.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian ESDM telah menunda proyek kelistrikan dengan kapasitas 15.200 megawatt (MW).

"Ya kalau perlu 5 sampai 6 tahun, artinyatergantung kebutuhannya. Kalau di daftarnya ada 10 atau 12 (proyek) misalnya, ini misalnya, tahun depan 2, tahun depannya 2, tahun depannya 3, boleh jadi 5 sampai 6 tahun," ucap Menko Darmin di kantornya, Jumat (14/9/2018).

Baca juga: Pemerintah Harus Hati-Hati Menunda Proyek Listrik

Menurut dia, nantinya tidak hanya proyek kelistrikan saja yang akan di tunda tetapi juga proyek lain yang belum melakukan finansial closing.

"Bisa juga yang lain (selain proyek ketenagalistrikan), syaratnya dia masih persiapan," ujarnya.

Rincian proyek yang akan ditunda pun masih belum dipastikan. Sebab, Darmin menjelaskan pemerintah membutuhkan waktu untu memilah proyek apa yang sekiranya memiliki tingkat impor yang besar maka akan ditunda.

Saat ini, proyek yang sudah pasti ditunda adalah proye kelistrikan lantaran dalam proyek kelistrikan rata-rata TKDN hanya mencapai 20-40 persen dan sisanya dipenuhi oleh impor. Perihal proyek yang pendanaannya belum tertutupi, Menteri ESDM Ignasius Jonan mengungkapkan akan digeser ke tahun-tahun berikutnya.

"Proyek 35,000 megawatt yang belum financial close digeser ke tahun berikutnya. Itu sekitar 15,200 megawatt. Jadi saya ulang, bahwa proyek ini hanya ditunda," tuturnya.


Penulis: Mutia Fauzia
Editor: Erlangga Djumena

https://amp.kompas.com/ekonomi/read/2018/09/14/200800226/darmin--penundaan-proyek-strategis-nasional-bisa-capai-6-tahun


Investor Minta Kepastian Proyek Listrik yang Ditunda

Investor meminta kepastian proyek mana saja yang ditunda. Alasannya, ada proyek yang sudah berjalan. Jika itu ditunda, bisa merugikan investor.


KATADATA | ARIEF KAMALUDIN

Investor yang tergabung dalam Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) meminta kepastian mengenai penundaan proyek yang direncanakan pemerintah. Ini untuk menghitung ulang kelanjutan bisnisnya.

Juru bicara APLSI Rizal Calvary mengatakan ada beberapa proyek listrik yang sudah jalan. Ini artinya investor sudah mengeluarkan biaya operasional. Jika, proyek-proyek seperti itu ditunda, maka ada potensi kerugian.

Untuk itu, Rizal berharap PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) bisa menjalin komunikasi yang baik dengan produsen listrik swasta. “Kami berharap ada kepastian yang ditunda,” kata dia kepada Katadata.co.id, Rabu (12/9).

Di luar itu, investor menyoroti regulasi di sektor listrik, terutama untuk energi baru terbarukan (EBT). Mereka menilai tidak ada kepastian regulasi karena sering berubah-ubah. Apalagi, regulasi mengenai harga listrik sektor EBT.

Hal lainnya yang menjadi fokus investor adalah minimnya dukungan pemerintah terhadap investasi. Salah satunya mengenai perizinan. Meski sudah satu pintu, tapi izin tidak bisa keluar kalau Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW).

Ketidakpastian ini juga berdampak pada minat investasi. “Sekarang investasi di EBT sangat menurun terus. Padahal kalau industri EBT kita garap dengan sungguh-sungguh ini sangat berbasis Rupiah, kami tidak mengimpor minyak dan Solar,” ujar Rizal.

Adapun realisasi investasi sektor EBT selama Januari hingga Maret 2018 mencapai US$ 294 juta. Padahal targetnya US$ 2,01 miliar.

(Baca: Proyek 35 GW Dipangkas, PLN Tetap Bangun Pembangkit Energi Terbarukan)

Sebelumnya, pemerintah berencana penundaan proyek listrik. Tujuannya ntuk mengurangi beban impor, sehingga bisa membantu nilai tukar Rupiah (Rp) terhadap Dolar Amerika Serikat (US$) yang kini terus melemah mendekati level Rp 15.000 per US$.

Jadi, dari proyek 35.000 Megawatt (MW), akan ditunda sekitar 15.200 MW. Proyek yang ditunda adalah yang belum mendapatkan kepastian pendanaan (financial close). Jadi, proyek yang seharusnya bisa selesai 2019, ada yang mundur hingga 2021 bahkan 2026.

Fariha Sulmaihati

https://amp.katadata.co.id/berita/2018/09/12/investor-minta-kepastian-proyek-listrik-yang-ditunda

mangkrak? emoticon-Ngakak emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka

Gerindra: Pemerintah Akui Jebloknya Rupiah Akibat Proyek Infrastruktur

image-url-apps
Quote:


image-url-apps
Proyek Infrastruktur Ditunda, Justru Problem Baru



RMOL. Moratorium proyek pembangunan infrastruktur yang banyak mengandung bahan baku impor oleh pemerintah, dikhawatirkan bakal menimbulkan banyak masalah baru.

BERITA TERKAIT
Ibas: Pembangunan Jalan Bisa Percepat Laju Ekonomi Desa
Iklan Jokowi Di Bioskop Bebas Dari Unsur Kampanye
Jokowi Iklan Di Bioskop, PDIP: Kalau Nggak Boleh, Buat Apa Ada Kominfo?

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Poyuono mengatakan, pemerintah memang harus menunda proyek infrastruktur tersebut, jika tidak kurs rupiah menembus angka di atas Rp 15 ribu. Namun dia mempertanyakan waktu kebijakan itu berlaku.

"Artinya proyek-proyek yang banyak mengunakan bahan baku impor seperti proyek pembangkit listrik, kereta cepat, MRT, pelabuhan dan airport yang sudah jalan akan banyak yang mangkrak," katanya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (11/9).

Ia mengingatkan, pemerintah harus menanggung pinalti alias denda yang nilainya tidak kecil dari kontraktor jika proyek infrastruktur itu kelamaan ditunda.


"Yang pasti akan ada pinalti yang harus ditanggung pemerintah oleh para kontraktor-kontraktor yang sudah mengerjakan proyek pemerintah yang sedang berjalan," ujarnya.

Persoalan lainnya yang muncul dengan keputusan tersebut, menurut ketua umum Serikat Pekerja (SP) BUMN Bersatu ini, pengangguran kian bertambah.

"Akan banyak PHK para pekerjanya karena tidak ada bahan baku yang akan digunakan untuk proyek-proyek tersebut," imbuhnya.

Ujung-ujungnya target pertumbuhan ekonomi yang dipatok oleh pemerintah tidak akan lagi tercapai.

"Pertumbuhan ekonomi nasional yang pasti akan di bawah lima persen pada tahun 2018 ini," pungkasnya. [wid]
KASKUS Ads
image-url-apps
"Penundaan"



Candi Jokuwi
image-url-apps
Itu mah.....

MUANGKRAKKK

namanya
PENUNDAAN itu, mangkrak khusus hamabalang saja emoticon-Ngakak
lebih baik menunda 6 tahun daripada mangkrak dan tidak jelas kapan waktu dilanjutkan
Quote:


iya kalo menang, kl kalah udh pasti mangkrak blog..siapa juga yg ngotot pencitraan pake utang sementara apbn defisit parah..tolol lu
bakal banyak candi baru..nominator keajaiban dunia...emoticon-Wkwkwk
sby jauh....
image-url-apps
alias mangkrak....emoticon-Ngakak
image-url-apps
ngebut di awal buat cekrak-cekrek, abis itu berhenti ditengah jalan.... emoticon-No Hope
image-url-apps
Dah di ingatkan jauh jauh hari tapi ndablek ya gini jadi nya, rr dah teriak teriak soal listrik 35.000 mw
image-url-apps
Tinggal ganti nama monas, gelora bung karno, masjid istiqlal dan jokowi dpt prestasi baru emoticon-Christmas
image-url-apps
Mau bilang mangkrak aja pakai kalimat berbelit-belit!
image-url-apps
Kasian para cebong sudah repot puja, malah junjungannya blunder melulu
image-url-apps
Quote:
×