alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Games / Games /
5 Game Controller Fail Sepanjang Masa
4.43 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9c2865582b2e53428b4567/5-game-controller-fail-sepanjang-masa

5 Game Controller Fail Sepanjang Masa

5 Game Controller Fail Sepanjang Masa


Inovasi dalam dunia videogames terus mengalir. Abad ini kita disuguhkan dengan headset virtual reality dan motion controller, beserta berbagai macam controller yang mensupportnya (seperti treadmill statis untuk VR).

Keren ya, tapi untuk mencapai tahap ini, banyak sekali eksperimen-eksperimen metode input untuk video games yang fail banget. Apa aja itu? Langsung aja ini listnya :

5 Game Controller Fail Sepanjang Masa

Roll N Rocker


5 Game Controller Fail Sepanjang Masa


Salah satu attempt awal untuk memanfaatkan bagian tubuh lain selain jari dan tangan, untuk menggunakan Roll and Rocker pemain harus berdiri di sebuah alas dengan dasar yang bulat. Pemain harus menyeimbangkan dirinya diatas controller ini dan mencondongkan tubuh untuk memberikan perintah tertentu ke dalam game.

Spoiler for Roll n Rocker:


Dengan alas yang sengaja dibuat cembung, bisa ditebak betapa susahnya menyeimbangkan diri diatas controller ini. Dan kalo ga hati-hati, bisa-bisa dari yang tadinya niat melepas stress malah masuk rumah sakit karena jatuh dan cidera gara-gara tidak bisa menyeimbangkan tubuh di controller ini.

Mungkin boleh dibilang "jelmaan modern" dari Roll N Rocker adalah Wii Fit balance board. Namun Wii Fit dikembangkan oleh Nintendo seperempat abad (2007) setelah Roll N Rocker yang dikebangkan oleh LJN (1983).

Spoiler for Wii Fit:



5 Game Controller Fail Sepanjang Masa
Konami Laser Scope


5 Game Controller Fail Sepanjang Masa


Voice command kedengerannya konsep yang keren, jadi kita tinggal ngomong maka game akan melakukan perintah kita, kalau bisa bekerja dengan baik. Sayangnya ketika controller ini muncul, teknologi voice command itu masih tergolong sangat mentah dan primitif, sehingga perintah dari pemain sering tidak bisa teregister dalam game dan pemain harus berteriak berulang kali dengan hasil yang berbeda-beda setiap waktu.

Tidak hanya itu, controller ini juga terlihat cheesy dan konyol. Dengan lensa "laser" yang tidak ada gunanya selain untuk menambah tingkat ke"kerenan" aksesoris ini. Well... sebenarnya laser scope bisa digunakan untuk game tembak-tembakan semacam Duck Hunt. Lengkap dengan crosshair yang menyala pada lensanya, namun ini bukanlah cara yang ideal memainkan tipe game tersebut.

Spoiler for AVGN NES Accessories:


Mungkin buat bocah terlihat keren, berasa seperti robot cyborg atau semacamnya ketika menggunakannya. Tapi jelas tidak berfungsi dengan baik dan agan ga bakalan mau kepergok sama keluarga atau teman main game pakai aksesoris ini. Bisa-bisa dibully berminggu-minggu!

5 Game Controller Fail Sepanjang Masa

Sega Activator


5 Game Controller Fail Sepanjang Masa


Attempt lainnya untuk menggunakan bagian tubuh lain. Untuk menggunakan controller ini, pemain harus berdiri ditengah ring yang berbentuk oktagon, kemudian melambaikan bagian tubuh diatas sensor di masing-masing sisi oktagon tersebut.

Sega Activator sebenernya engga jelek dalam konsepnya. Kalau, ya sekali lagi, bisa bekerja dengan baik. Sayang motion sensor pada masa itu masih primitif.

Spoiler for AVGN Activator:


Boleh dibilang Sega Activator adalah Kinect versi 90'an (yang mana sekarang Kinect pun tidak diproduksi lagi).

5 Game Controller Fail Sepanjang Masa

Atari Jaguar


5 Game Controller Fail Sepanjang Masa

Masih berbentuk konvensional dan engga berusaha "reinvent the wheel", sayang controller Jaguar terlalu banyak tombolnya yang mengakibatkan controller ini tidak nyaman digenggaman dan 12 tombol keypad dibawahnya sangat susah diakses dan berakhir tidak berguna sama sekali atau malah tidak disupport oleh game-game Jaguar.

5 Game Controller Fail Sepanjang Masa

Nes Power Glove


5 Game Controller Fail Sepanjang Masa

Nah ini attempt dari Nintendo untuk mencari alternatif metode input game. Secara konsep, well, menurut ane masih tergolong konyol sih. Intinya pemain mengenakan sarung tangan dan membuat gesture-gesture jari dan gerakan tangan untuk memberikan input ke dalam game-game NES.

Power Glove menggunakan sensor yang harus diset pada TV, dan seperti Sega Activator, sayangnya pada jaman ini sensor gerakan masih tergolong sangat primitif yang mengakibatkan input seringkali tidak dikenali.

Tapi tunggu dulu. Untuk dapat memanfaatkan Power Glove, pemain harus menginput kode game yang disupport oleh Power Glove ini. Di masa releasenya yang mana internet belum berkembang sama sekali, akan sangat sulit mendapatkan kode-kode tersebut.

Spoiler for AVGN Power Glove:


Mungkin kalo agan mau lihat implementasi modern dari Power Glove ini, bisa lihat Leap Motion. Walau tidak dikembangkan oleh Nintendo, teknologi jaman sekarang bisa mengadopsi konsep-konsep lama yang nyleneh. Leap Motion dikembangkan oleh Leap Motion Inc. (2013) seperempat abad setelah Power Glove dari Nintendo (1989).

Spoiler for Leap Motion:


Sekali lagi, sebenarnya secara konsep Power Glove tidak jelek. Hanya saja terlalu jauh melihat ke masa depan, sedangkan pada masanya, teknologinya belum mencukupi untuk mendukung visinya secara penuh.

5 Game Controller Fail Sepanjang Masa

Masih banyak sebenarnya cotnroller-controller yang berusaha menjadi "inovatif" tapi berakhir menjadi bencana. Misalnya Kinect yang sudah tidak diproduksi lagi oleh Microsoft. Mungkin agan/sista bisa menyebutkan controller fail semacam ini?

5 Game Controller Fail Sepanjang Masa

Tulisan ane sendiri, berdasarkan show-show YouTube kesukaan ane (AVGN, WatchMojo, LGR, dst) dan Google search

Gambar dari Google Images (sebagian besarnya dari Wikimedia)

Spoiler for BONUS:




Diubah oleh exorio
Halaman 1 dari 3
game aksesoris pada aneh2 amad ya wkwkwk
5 Game Controller Fail Sepanjang Masa
mahal2 lg
Itu Atari kebanyakan tombolnya.

Quote:


Ini antara genius dan low budget emoticon-Ngakak
Muahal kayaknya dehemoticon-Blue Guy Bata (L)
G pernah tau.. Gua cm taunya kinect..
5 Game Controller Fail Sepanjang Masa
main game controller???









5 Game Controller Fail Sepanjang Masa
mending ngejunk dilonje





Kinect failnya gimana gan emoticon-Bingung (S)
Lom pernah punya xbox sih emoticon-Malu (S)
Kalo diliat kayanya ok aja tu
wahh baru tahu ane gan
Nice info5 Game Controller Fail Sepanjang Masa
Diubah oleh rafatharhero
Yg terakhir kaya sarung tangannya thanos emoticon-Leh Uga
Hadeh.... Dimasa nya.. Punya Nintendo yg segede gaban aja dh merasa Wow... Klo maen, yg ntn bocah sekampung... Pada caper dh biar diajak maen... emoticon-Embarrassment
Aneh-aneh bentuknya emoticon-Leh Uga
Dah HT aja nih emoticon-Belo
Haha gak bakal ikutan main kalo bentuknya gitu emoticon-Big Grin
Baru tau ane gan
5 Game Controller Fail Sepanjang Masa
malah enakan yang pake jari ya kallo jaman segitu wkwkemoticon-Ngakak
Quote:


terlalu genius ini mah emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di