alexa-tracking

5 Games dengan Hype Terbesar namun Hasilnya Mengecewakan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9c0a5c1a9975b6108b4569/5-games-dengan-hype-terbesar-namun-hasilnya-mengecewakan
icon-hot-thread
5 Games dengan Hype Terbesar namun Hasilnya Mengecewakan
5 Games dengan Hype Terbesar namun Hasilnya Mengecewakan

Baru-baru ini temen ane hyped banget soal Monster Hunter World selama beberapa bulan, dan ternyata emang gamenya bagus. Walau ane kagak beli atau mainin sama sekali, ane cukup hepi buat temen ane. Tapi ga seringkali hype itu berakhir bahagia kayak temen ane dan Monster Hunter World. Kali ini ane akan ngebahas list game-game yang hypenya gede banget tapi hasilnya juga sangat mengecewakan. Langsung aja yuk, ini listnya :


5 Games dengan Hype Terbesar namun Hasilnya Mengecewakan

1. No Man's Sky

5 Games dengan Hype Terbesar namun Hasilnya Mengecewakan


No Man's Sky membuat heboh dengan janji-janji fantastisnya seperti jumlah planet yang tak terbatas, random generation yang seharusnya membuat game ini memiliki tingkat replayability yang sangat tinggi dan khususnya fitur multiplayer.

Beberapa presentasi yang dilakukan oleh Hello games memang sangat impresif terlebih lagi saat pertama kali game ini diumumkan belum ada game yang setara dengan skala yang dijanjikan. 

Spoiler for No Man's Sky Trailer:


Namun ketika release, game ini banyak yang menilai sangat membosankan dan terlalu repetitif. Random generationnya pun terasa sangat terbatas, dan tidak begitu terasa perbedaannya antar planet yang dikunjungi. Akibatnya game ini sempat mendapatkan review negative dari Steam user review dan 2.8 dari user review pada website Metacritic. 

Ane sendiri pas waktu awal game ini diannounce ngeliat yang transisi take off dari planet ke angkasa ata landing ke planet itu masih keren gan. Sekarang diupdate lagi dan ditambahin subtitle jadi No Man's Sky : Next. Reviewnya setelah update ini kelihatannya bagus sih. Tapi ga tau juga, agan ada yang udah mainin ini game?

5 Games dengan Hype Terbesar namun Hasilnya Mengecewakan

2. Mighty No. 9

5 Games dengan Hype Terbesar namun Hasilnya Mengecewakan


Franchise Mega Man ditelantarkan Capcom, dan orang-orang yang terlibat dibelakangnya (khususnya Keiji Inafune) memulai crowdfunding untuk sebuah game yang mirip dengan franchise Mega Man (atau Rockman di Jepang), yaitu Might No. 9 yang mana character designnya sangat mirip dengan Mega Man.

Tentunya setelah bertahun-tahun tanpa ada kabar dari Capcom mengenai franchise yang sangat dicintai gamer ini menjadi kabar yang sangat menggembirakan. Bahkan Kickstarter campaign dari game ini memperoleh hampir 4 juta dolar. Setelah Kickstarter, Comcept masih membuka donasi melalui Paypal.

Tentunya dengan dana sedemikian besar Might No. 9 akan menjadi game crowdfunded yang sukses bukan? Sayangnya kenyataan berkata lain. Pada saat releasenya, Mighty No. 9 gagal dalam memenuhi janjinya. Bonus-bonus para backer tidak sesuai dengan harapan atau malah tidak sampai ke tangan pembelinya, namun khususnya gamenya sendiri ternyata sangat mengecewakan.

Spoiler for Mighty No. 9 Trailer:


Dari website metacritic, Mighty No. 9 mendapat score 52 dari critic reviews dan 3.6 dari user reviews. Banyak yang berpendapat bahwa Mighty No. 9 sebenarnya bukanlah game yang jelek, namun mekanisme yang tidak terpoles dan benar-benar mengadopsi gaya gameplay dan mekanisme tahun 90'an tanpa penyesuaian dengan perkembangan jaman.

5 Games dengan Hype Terbesar namun Hasilnya Mengecewakan

3. Aliens Colonial Marines

5 Games dengan Hype Terbesar namun Hasilnya Mengecewakan


Nah ini ane dulu kena hypneya. Apalagi ane fans franchise film Alien, khususnya yang kedua (Aliens), yang action oriented banget. Dari dulu ane ngebayangin ini kalo dijadiin game pasti keren abis. Ada beberapa attempt yang, ya lumayanlah. Misalnya series Aliens vs Predator (1, 2 dan 2010, ketiganya didevelop Rebellion). Tapi pas denger Gearbox (Borderlands, Half Life Opposing Force & Blue Shift) lagi ngedevelop Aliens Colonial Marines, ane jadi ngikutin terus perkembangannya.

Inti permasalahannya adalah development sudah dimulai semenjak tahun 2007, dan berpindah-pindah tangan dari satu studio ke studio lainnya. Khususnya Gearbox sendiri yang terkesan melepas tanggung jawabnya karena mereka lebih terfokus kepada franchise mereka sendiri, yaitu Borderlands. Saat itu Gearbox merasakan kesuksesan Borderlands 1 yang luar biasa, maka dari itu fokus mereka lebih terarah kepada development Borderlands 2.

Aliens Colonial Marines direlease hanya berselang 5 bulan setelah Borderlands 2. Hasilnya jelas. Borderlands 2 mendapat pujian dari berbagai arah sedangkan Aliens Colonial Marines mendapatkan release yang kacau. Gamenya sangat buggy, dengan AI yang sangat bodoh dan ada satu kesalahan kecil (typo) namun sangat fatal yang menyebabkan Xenomorph dalam game ini tidak berlaku semestinya. Kesalahan typo ini jelas menandakan kurangnya quality control dari pihak Gearbox.

Spoiler for Aliens Colonial Marines Typo Bug:


5 Games dengan Hype Terbesar namun Hasilnya Mengecewakan

4. Star Wars Battlefront (EA)

5 Games dengan Hype Terbesar namun Hasilnya Mengecewakan


Battlefied series meraup kesuksesan besar. Star Wars franchise udah sangat populer dimana-mana yang mana pengikut setianya sampe jutaan di seluruh dunia. Gimana kalo kedua franchise ini dikombinasikan? Battlefront ada dua versi, yaitu Battlefront yang didevelop oleh Pandemic Studios diterbitkan oleh LucasArts (2005 dan 2006) dan versi DICE (yang juga mengembangkan Battlefield series dan Frostbite engine) yang diterbitkan oleh EA (2015 dan 2017).

Ane pribadi tadinya sempet tertarik. Battlefield 3 gokil berabis, Battlefield 4 katanya skalanya lebih besar. Kalo digabung sama Star Wars keren nih pastinya. Tapi untungnya ga beli.

Battlefront versi DICE/EA ecara gameplay sepertinya tidak buruk, cuma "scope" atau skalanya dinilai jauh lebih kecil dibandingkan dengan Battlefront versi Pandemic/LucasArts. Tidak hanya itu, pada sequelnya yaitu Battlefront II kontroversi lootbox yang dimasukkan oleh EA kedalam game ini dinilai sangat tidak manusiawi dan hero-hero terkenal seperti Darth Vader, Luke Skywalker di"sandera" dibelakang microtransaction. Sebenarnya bisa saja meng-unlock hero-hero ini, tapi akan membutuhkan waktu yang sangaaattt lama.

Spoiler for Battlefront II Loot Boxes:



5 Games dengan Hype Terbesar namun Hasilnya Mengecewakan

5. Duke Nukem Forever

5 Games dengan Hype Terbesar namun Hasilnya Mengecewakan


Karakter iconic Duke Nukem tidak mendapat banyak perlakuan istimewa setelah gebrakannya di game Duke Nukem 3D. Memang ada beberapa game setelahnya, seperti Time to Kill, Zero Hour dan Land of the Babes, tapi semua game ini lebih pantas disebut "spin off" dibandingkan direct sequel dari Duke Nukem 3D. "True sequel"nya diumumkan pada tahun 1997 menggunakan engine Quake 2 dari Id Software.

Spoiler for Duke Nukem Forever 1997-2011:


2 tahun setelahnya muncul trailer baru yang menggunakan Unreal Engine 1 dan tertulis "2001" yaitu schedule release date versi ini, namun mereka juga mencantumkan "when it's done" pada akhir trailer tersebut. Kemudian pada tahun 2009 muncul sebuah trailer baru yang paling mirip dengan versi Duke Nukem Forever yang kita dapat saat ini.

Secara keseluruhan berarti Duke Nukem Forever setidaknya memakan waktu 15 tahun untuk pengembangannya, yang mana game-game AAA rata-rata memakan waktu 1-5 tahun untuk didevelop. Singkatnya, Duke Nukem Forever hampir menjadi vaporware dan menjadi bahan cemoohan dari berbagai kalangan gamer dan studio-studio game lain.

Spoiler for Duke Nukem Forever di Serious Sam 2:


Tentunya waktu selama itu akan menghasilkan game yang terpoles bukan? Sayangnya tidak. Karena game ini berpindah tangan dari satu developer ke developer lain, dari satu engine ke engine lain; setidaknya berpindah engine 2 kali, yaitu Quake 2/IdTech 2, Unreal Engine 1 dan terakhir Unreal Engine 3. Dikatakan bahwa versi Unreal Engine telah selesai 90%, namun 3D Realms memutuskan untuk membuang semuanya dan beralih ke Unreal Engine 3, yang pada akhirnya diambil alih oleh Gearbox.

Kini hak cipta/copyright nama Duke Nukem dipegang oleh Gearbox, sedangkan 3D Realms dibeli oleh Interceptor Entertainment (sekarang bernama Slipgate Studios) termasuk semua intellectual property yang masih dipegang oleh 3D Realms (Rise of the Triad, reboot direlease tahun 2013).

5 Games dengan Hype Terbesar namun Hasilnya Mengecewakan

Ane seumur-umur ga pernah preorder, sehyped apapun gamenya itu. Karena ya ini, kalo endingnya mengecewakan begini mau gimana lagi. Apalagi game-game sekarang (khususnya PC) lisensinya terikat ke akun kita. Yang ada kalo preorder ternyata mengecewakan setiap kali ngebuka library games kita berasa ditertawakan oleh game yang fail tersebut.


Punya contoh lain hype besar tapi hasil mengecewakan? Atau malah pernah preorder gara-gara hype tapi endingnya gamenya ga sesuai dengan harapan? Monggo dikomen.


5 Games dengan Hype Terbesar namun Hasilnya Mengecewakan

Tulisan ane sendiri, berdasarkan show-show YouTube kesukaan ane (AVGN, WatchMojo, LGR, dst) dan Google search

Gambar dari Google Images


Spoiler for BONUS:


image-url-apps
Game2 besar punya ubisoft mcm assassin's creed unity dan watch dogs juga sempat hype nya besar2an di thn 2014, tapi tiba dirilis malah berakhir mengecewakan... mulai dari downgrade grafis watch dogs, kemampuan hacking yg dirasa cuman pemanis doang (untung ditebus di watch dogs 2), sampai AC unity yg buggy banget wktu dirilis

At least sebelum ngerilis game, developer setidaknya test lagi mana yg dirasa blom rampung... klo gini kan jadi berabe...
KASKUS Ads
Quote:


Watch Dog 1 kemaren sempet dibagiin gratis. Lumayan lah emoticon-Cendol (S)
image-url-apps
Quote:


Betul.. yg dari uplay punya kan... emoticon-Big Grin

2 tahun belakangan ubisoft lagi getol bagi2 game.. kita liat aja akhir tahun ini gimana, lumayan lah kalo bisa buat ngegantiin on the house nya EA yg baru diberentiin
Quote:


Yesss... ane udah dapet Far Cry 3 Blood Dragon, Asasin Creed 3 & Black Flag, For Honor, sama World in Conflict juga. Cuma kagak dimainin haha biarin akun uplay keliatan kinclong ajah emoticon-Malu
image-url-apps
Quote:


Sisa HUT ubisoft ke 30 kemarin ya emoticon-Big Grin

For Honor kalo ga salah kmarin ada free nya di steam, biarpun sebentar doang, ane dapet dari sana. Kalo AC Black Flag sama Watch Dogs 1 tahun lalu dapetnya dari uplay

Kali aja tahun ini giliran AC unity yg dapet gratis emoticon-Hammer
Quote:


Rajin-rajin aja mantengin reddit FGF (free games finding)

kasian memang itu semua game nya
kenapa iklannya itu terlalu berlebihan juga sih
jadi begitu ekspektasi gamer gak sesuai,
ya abis langsung
image-url-apps
Pertanyaannya apakah Cyberpunk 2077 bakal gimana ya emoticon-Ngacir
Quote:


2012-2019

7 taon belon separah DNF emoticon-Big Grin

Tapi emang CDPR dari The Witcher ya emang begini.
image-url-apps
Ane coba yg no.2 ajurrrr gan ajurrrrr

emoticon-Games
image-url-apps
positif thinking ajja mungkinkah Dev nya lupa emoticon-Goyang
image-url-apps
wah no 1 g nyangka bs fail
klo di game online ada Tree of Savior. tai banget itu game
image-url-apps
Itu no man sky bukan nya udh ada patch nya ya
image-url-apps
Ubisoft

For honor , termasuk game tdk sesuai ekspetasi
image-url-apps
Quote:


kykya AC rogue deh gan
image-url-apps
Intinya sih jangan langsung pre order game, btw ubisoft mana nih, tiap release downgrade mulu emoticon-Hammer2
Reply to 00.01's post
image-url-apps
Lol lol
×