alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Lawan Aquaphobia Biar Bisa Ikutan Renang Bareng
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9bd68f12e257bf398b4574/lawan-aquaphobia-biar-bisa-ikutan-renang-bareng

Lawan Aquaphobia Biar Bisa Ikutan Renang Bareng

Halo gan! emoticon-Angkat Beer

Ane suka berenang, apalagi di laut. Bukan aktivitas rutin, bisa dibilang setahun paling 2 kali punya kesempatan renang. Tapi ane kayaknya diberkahi trait adaptasi, jadi gampang-gampang aja. Pertama kali snorkeling pun bisa langsung dive, dan rasanya berenang pake kaki katak tuh enak banget.
Cuman ya, terkadang ane sesekali tetep bisa kena serangan anxiety tiba-tiba. Meskipun sebenernya ane gak takut masuk air, perasaan gelisah ketika di dalam air itu tiba-tiba bisa menyerang. Dan ane biasanya langsung buru-buru ke pinggir atau naik perahu biar bisa ngerasa aman.
Ada aja pikiran negatif, apalagi di laut. Mungkin kebanyakan nonton film thriller yang berlatar belakang laut kali ya. Juga perasaan negatif yang ditimbulkan karena death by drowning, yang ane yakin orang paling males bayanginnya.

Di trit ini, ane mau cover soal gimana caranya melawan rasa takut terhadap air dan berenang. Ada beberapa metodenya, tapi ane kasih satu dulu.
Silakan disimak gan..

1. Transformasikan Pikiran

Dengarkan debat di dalam pikiran. Beberapa orang punya ketakutan terhadap aktivitas renang karena dulunya mungkin pernah hampir tenggelam atau ngalamin kecelakaan di perairan. Tapi bagaimana pun dulunya, mungkin saja rasa takutnya diperparah karena bisikan-bisikan yang ada di pikiranmu.

Agan bisa lakukan hal ini: Ambil alat tulis dan buku/kertas. Lalu sambil nyanti, coba bayangkan agan lagi berenang, duduk di tempat di mana agan lagi berada di sebuah perairan. Perhatikan apa yang agan komentari di setiap adegan di kepala itu.
Tulis apa yang agan komentari ketika membayangkan adegannya. Misal: "Njir, serem beud, ada monsternya gak ya?"; "Kalo gue tenggelem gimana ye nasib orang-orang yang gue cintai."
Tulis semuanya apa yang agan pikirkan.

Jujur, ane pernah mikir di kolam renang ada monster dari deep rising. Itu film, bikin ane traumatik pas pertama kali nonton gan. Bahkan ke WC pun pikirannya negatif aje. Irasional emoticon-Ngakak

Lawan Aquaphobia Biar Bisa Ikutan Renang Bareng


2. Ubah Pola Pikir Tentang Renang

Punya ketakutan renang bisa berarti juga agan punya pandangan absurd, dan yang pasti negatif soal berenang. Supaya bisa melawannya, agan harus mengubah pola pikir.
Kalo tadi udah agan coba dengerin pikiran sendiri, harusnya mulai nongol pikiran seperti "Kok gue aneh sih?" Cara mudah untuk mengubah pola pikir secara kognitif, kita bisa melihat bukti untuk melawan pikiran jelek itu.

Misalnya soal, "Ada monster air". Berapa banyak bukti yang tersedia yang bisa mendukung pernyataan itu? Seperti tadi ane punya trauma gegara sebuah film. Berapa besar kemungkinannya tuh monster bisa nongol di kolam renang? Di situ kita harus lawan dengan logika. Bisa dibantu dengan melihat keadaan sekitar, apakah orang-orang yang ikutan berenang terlihat horor? Atau malah seneng-seneng aja. Bisa juga cara agak konyolnya dengan menambahkan argumen konyol dari pernyataan sebelumnya: "Oke, bisa jadi ada monster air. Dan gue harus siap-siap ngorbanin orang lain buat keselamatan gue."

emoticon-Ngakak (S)

Konyol, iyak, jahat juga mungkin, tapi setidaknya dengan pola pikir seperti itu, ada dorongan untuk lebih berani masuk air. Dan pastinya gak akan nongol kejadian absurd yang cuma ada di pikiran. Dan ketika akhirnya nyaman dengan air, pasti lebih sedikit berkurang anxiety-nya. Selama agan gak ngutarain itu pikiran dengan lantang, kecuali mau dianggap stres. emoticon-Big Grin

Lawan Aquaphobia Biar Bisa Ikutan Renang Bareng


3. Ganti Perspektif

Pola pikir negatif bisa dengan mudah diganti. Coba bayangkan nilai-nilai positif dari berenang, entah di kolam atau di laut. Di mana agan bisa mikir asiknya main air sama temen, pacar, atau keluarga. Ngelihat keindahan bawah laut.

Atau yang agak sedikit nakal, dan biasanya lumrah di manga/anime Jepang. Tiap summertime entah kenapa ada aja scene ngintip dari dalam air, swimwear lepas lah, bra putus, nyenggol2, dada nongol, dan adegan2 ecchi lainnya emoticon-Ngakak (S)
Mungkin ente bisa mikir sedikit ke situ, tapi gak usah dilakuin beneran. Jika itu termasuk nilai positif buat ngelawan rasa takut agan terhadap air.
Perlu diingat, itu pelecehan seksual sih gan. Tapi jujur deh wahai ente para pria hidung belang, sesekali pas bocah, ente pasti pernah usil di kolam renang umum emoticon-Cool

Buat sistah mungkin bisa sebagai ajang cari cowo2 berbadan atletis,, ehem.. emoticon-Cool

Apa pun lah, bikin pikiran positif biar gak lagi takut berenang.

Lawan Aquaphobia Biar Bisa Ikutan Renang Bareng


4. Ketahui agan gak sendirian

Lawan Aquaphobia Biar Bisa Ikutan Renang Bareng


Mau masih bocah, remaja atau dewasa, gak perlu malu dengan fobia ini. Karena ini emang nyata dan jadi concern, tapi banyak kok mereka yang bisa melawan fobia ini pada akhirnya.

Sedikit cerita gan: Ane punya temen yang bener-bener takut sama laut, karena trauma yang dihasilkan film Jaws. Kita waktu itu trip ke Peucang, di tengah trip ke pulau utama, ditunjukin spot foto-foto di sebuah pulau kecil banget, tapi kita harus berenang buat sampai ke situ. Temen-temen udah pada mulai berenang dari kapal terjangkar. Temen ane ngasih amanah, "Lu duluan nyebur, gue foto, tapi JANGAN lu tinggalin gue." Sebelum nyebur dia udah celoteh terus deh soal fobianya dan bagaimana dia pengen banget ikut anak-anak nyebur. Kerennya, dia gak keliatan grogi meski vokal sama fobianya.

Akhirnya ane nyebur duluan, ketika di permukaan ane pantau terus nih anak. Kalo dia panik di aer kan repot jugak. Doi udah ngambil posisi di pinggiran kapal, bersiap lompat. Itu adrenalin dia kayaknya kepacu bgt sih, keliatan dari muka, wkwkwkwkwk.

Jebur!

Air bercipratan karena impact-nya, tapi yang ane heran, kecipakannya kok kagak kelar-kelar padahal ni anak udah lompat. Karena ane kan ngehindarin kontak biar air gak masuk mata, jadi yang berasa guyuran2 air aja. Ini ngapa lompat doang nyipratnya banyak bgt.

Ternyata dia lagi trashing, ngecipak-cipak air kayak lagi main guyur2an.. Terus mendadak dia diem sambil megang vest-nya... dan bengong.

Mukenye priceless abis emoticon-Ngakak

Komennya: "Goblok banget gue, kan gue pake pelampung." Sambil engap.

........

Aslik, ane sih masih ngakak kalo inget lagi.
Setelah itu ane coba bantu seret dia dengan gaya punggung. Dia masih rada panik, karena setiap badannya miring, dia rada ngelakuin gerakan gak perlu yang bikin ane kerepotan. Gak sekali ane nyelem gegara dia gak bener pegangannya.. emoticon-Ngakak

Renang itu enak, dan bisa jadi olahraga yang menyenangkan juga. Berani sama air yuk gan emoticon-Cendol (S)
Jangan takut tenggelam ada Mimi Mermaid yang akan menolong

Lawan Aquaphobia Biar Bisa Ikutan Renang Bareng
Berenang itu seger....

Lawan Aquaphobia Biar Bisa Ikutan Renang Bareng
Kalo ane sih ga takut dg monster/mitos2 gitu sih emoticon-Ngakak
Sampe skrg ane ga bisa berenang gara2 trauma, waktu sekolah dulu waktu pelajaran renang, ane pernah di dorong temen nyemplung kolam yg dalem (dan tentu tenggelam). Oh rasanya di kala tenggelam itu sungguh bikin merinding. emoticon-Takut

Kalo phobia sih engga, tapi ya itu, kalo nyemplung kolam asli trauma, jadi paling cuma berendam doang, ga berenang. emoticon-Ngakak
Gak semudah Itu kaka. Kalo udah takut ya mau gimana lagi.lagian kan renang gak wajip yes emoticon-Embarrassment
Untung ane udah biasa renang dari kecil. Tapi sejujurnya ane gak mau renang kalo airnya gak jernih. Takut ada buaya, uler sama takut ada jurig air emoticon-Hammer2
bawah ane phobia cewek dan jadi mahok laknatemoticon-DP
ajarin renang donk emoticon-Berduka (S)
Balasan post amnessterz
Quote:


Berarti agan udah mulai tahap 'yang penting masuk air dulu', secara gak sadar.. Mulailah coba berenang gan, emang gak akan instan. Tapi bisa dilawan emoticon-Big Grin

Bravo emoticon-thumbsup
Balasan post kamuhajat21
Quote:


Bener susah gan, makanya yang bisa maksa adalah diri sendiri doang.. Ane juga butuh tahunan, di laut aja pun kadang masih tetep nongol anxiety-nya.. Apalagi kalo sambil disengat ubur2.. Itu bikin makin gak betah di aer.

Tetep bakalan ada pemicu fobianya dalam bentuk apa pun, cuman bisa dilawan pelan-pelan..

Pas kecil ane pernah digendong bokap mandi di aer sungai gak jernih gitu, masih inget banget di pikiran ane takut kalo tiba-tiba ada buaya nyerang kita bedua. Ampe nangis gan, sambil tengok kiri kanan antisipasi dari mana tuh buaya bakal dateng.. wkwkwkwkwkwk
Balasan post Pazonda95
Quote:


Ane langsung search gan, dan setelah riset.. Ini fobia ane beud gan.. Ane suka laut, cuman gak dulu deh kalo nyelem di deep ocean... emoticon-Takut

Kesimpulannya, bukan beda atau sama sih gan, tapi ini level di atas aquaphobia. Yang aquaphobia harusnya sih pasti thalassophobia ya, lucu aja kalo takut aer tapi berani sama monster laut. Dan yang gak aquaphobia, kayak ane, bisa punya thalassophobia.

Menambah wawasan, thanks gan emoticon-Cendol (S)
Quote:


Aduh pokok kalo kaki mulai ga napak lantai, udah deh kumat panik nya emoticon-Ngakak
Mending langsung angkat kaki dari kolam.
Balasan post amnessterz
Quote:


emoticon-Ngakak

Apalagi kalo kepleset dong yak
Taro aja 5 cwek telanjang di kolam...aquapobhia auto ilang..emoticon-Traveller


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di