alexa-tracking

Mahasiswa Ubah Kopi dan Labu Jadi Selai Empat Variasi Rasa

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9bd32cd675d43f368b457b/mahasiswa-ubah-kopi-dan-labu-jadi-selai-empat-variasi-rasa
Mahasiswa Ubah Kopi dan Labu Jadi Selai Empat Variasi Rasa
SURYA.co.id | SURABAYA – Pengolahan produk makanan kerap menjadi alternatif peningkatan nilai ekonomi suatu bahan mentah. Apalagi bagi sejumlah bahan yang selama ini belum digunakan secara maksimal seperti kopi dan labu.

Empat mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Jurusan Teknologi Pangan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FTP UKWMS) pun berinovasi menggunakan bahan baku kopi dan labuuntuk membuat selai.

Mereka adalah Jane Nathania (22), Carolina Hendrianto (21), Alvina Handoyo (22) dan Lovina Aprilia Sugianto (22). Keempatnya membuat selai kopi menggunakan beberapa jenis labu, di antaranya menggunakan labu siam, labu air, labukuning dan labu kabocha.

"Masyarakat Indonesia tidak lepas dari budaya mengkonsumsi kopi dan labuterbatas. Apalagi labu selama ini hanya digunakan sebagai sayur, padahal labumemiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh," ungkap Jane sambil mempraktekkan pembuatan selai, Kamis (12/9/2018).

Proses pembuatan selai ini menurutnya sama halnya dengan pembuatan selai buah pada umumnya. Yaitu dengan membuat larutan dari sari bahan-bahan yang digunakan kemudian diuapkan.

Penggunaan labu ini juga sebagai pelarutkopi sehingga bisa menciptakan tekstur dan wujud selai.

"Karena penggunaan labu yang berbeda, produk kami menghasilkan empat jenis rasaselai, setiap anak membuat selai dengan jenis labu yang berbeda,"urainya.

Jane menggunakan labu siam, Carolina menggunakan labu air, lalu Alvina menggunakan labu kuning, serta Lovina menggunakan labu kabocha.

Jane menjelaskan untuk membuat selai ini mereka membutuhkan labu yang memang sehat dan segar. Selanjutnya labu perlu dicuci bersih dengan air mengalir dan dipotong menjadi ukuran yang kecil sehingga memudahkan proses pengukusan.

“Potongan labu itu dikukus selama kurang lebih 15 menit agar menjadi lunak. Langkah berikutnya labu kukus dihaluskan dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya termasuk kopi. Kemudian dilakukan pemasakan selama 10 menit hingga didapatkan selai yang kental,” jelas Jane.

Mahasiswa Ubah Kopi dan Labu Jadi Selai Empat Variasi Rasa

emoticon-Shakehand2 emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol

Kereen..... Terus berprestasi ya kawan-kawan.....

image-url-apps
INI BARU MAHASISWA.. BUKAN KEK YG SONO MAHASISWA GOBLOK DEMO GA JELAS CIRI2 NUMPANG ABSEN DOANG KALQU KULIAH emoticon-Imlek
image-url-apps
Quote:


Bersaing dengan prestasi aja gan
KASKUS Ads
image-url-apps
Trus kalo mereka ngebuat itu wiwi auto 2 periode? emoticon-Christmas
Quote:


YANG SONO JUALAN SABU AMA GANJA TOP DAH emoticon-Recommended Seller
image-url-apps
Quote:


emoticon-Cape d...
image-url-apps
Buat selai kayak ovomaltine tuh. Enak bener, sayang kgk ada di indonesia emoticon-Ngakak


Awas disini cebong main bata saja emoticon-fuck3
Ini mahasiswa produktif , yang artinya waktu jadi mahasiwa berguna bagi bangsa dan negara setelah jadi mahasiswa menjadi rakyat bermasa depan cerah ... yang sono mahasiwa madesu , waktu jadi mahasiswa berteriak2 merongrong bangsa dan negara setelah menjadi rakyat berubah jadi kampreters emoticon-Kaskus Radio
image-url-apps
Buat TS gue demen nih beritanya inspiratif
image-url-apps
mantab pak eko emoticon-thumbsup:
image-url-apps
Quote:


emoticon-Shakehand2
Quote:


Abis di bata Mulu nihemoticon-Big Grin
image-url-apps
emoticon-2 Jempol
×