alexa-tracking

Sah, batas bebas bea masuk dan pajak impor jadi US$ 75%

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9bcbb5dc06bd4d348b4567/sah-batas-bebas-bea-masuk-dan-pajak-impor-jadi-us-75
Sah, batas bebas bea masuk dan pajak impor jadi US$ 75%
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 112 Tahun 2018 yang bertujuan untuk mengendalikan neraca perdagangan.

PMK ini juga menurunkan batas pembebasan bea masuk dan pajak impor (de minimis value) yang sebelumnya US$ 100 menjadi US$ 75.

BACA JUGA
Bulog: Serapan beras oleh pasar masih rendah
KEIN: Ekspor pertanian berpotensi perkuat ekonomi pada saat rupiah melemah
Ekspor industri tekstil dan produk tekstil ditargetkan tumbuh 8% tahun ini
"Dasar US$ 75 adalah merupakan rekomendasi dari World Customs Organization (WCO). Jadi, WCO mengeluarkan rekomendasi itu," kata Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi di Jakarta, Jumat (14/9).

Ia mengatakan, besaran US$ 75 itu adalah untuk total transaksi dalam sehari sehingga, di atas batas tersebut akan dikenakan ketentuan normal baik bea masuk maupun pajak impornya.

"Contohnya, kalau seseorang dalam sehari melakukan tiga transaksi, transaksi pertamanya US$ 50, US$ 20 yang kedua, dan kemudian US$ 100 yang ketiga, maka yang hanya diberikan pembebasan bea masuk dan pajak impor adalah yang pertama dan kedua. Sedangkan yang ketiga dikenakan tarif normal," jelasnya.

PMK ini sendiri, diundangkan pada 10 September 2018. Dengan demikian, aturan ini akan berlaku 30 hari terhitung sejak tanggal diundangkan.

Ia pun memaparkan, kebijakan ini dibuat sebab pihaknya menemukan importir nakal yang melakukan transaksi sebanyak 400 dokumen dengan total US$ 20.300 dalam sehari.

Rata-rata nilainya per dokumen adalah di bawah US$ 100. Mulai dari US$ 55,16 hingga US$ 84,04

"Data transaksinya ini meliputi arloji, tas, baju, kacamata, dan sarung HP. Totalnya US$ 20.300 dalam sehari. Ini satu orang saja," ujar dia.

Reporter: Ghina Ghaliya Quddus
Editor: Yudho Winarto

https://m.kontan.co.id/news/sah-batas-bebas-bea-masuk-dan-pajak-impor-jadi-us-75


https://www.cnbcindonesia.com/market/20180914200032-17-33236/batasan-barang-impor-bebas-bea-masuk-turun-jadi-us-75

cebong tolol penggemar bakso 10rbuan tapi sok kaya pasti seneng nih dgn aturan baru ini emoticon-Tai:
image-url-apps
Sableng ini pemerintah, sudah dollar naik, pajak imporpun juga naik emoticon-Tai:

Pengusaha makin sengsara, pns pajak makin gendut
image-url-apps
negara gak genah indonesia ini
KASKUS Ads
kabar buruk importir hape bekas emoticon-Wowcantik
image-url-apps
SAMPAH!! BUKA MATA KALIAN WAHAI NASTAK DONGOK!!! INI KERJAAN JUNJUNGAN KALIAN!!! emoticon-fuck3
Quote:



aturannya ga jelas, kmrn2 ga diitung seperti itu..selama dibawah 100usd tetep bebas bea masuk, skrg kog pake totalan brg? kl beli di aliexpress kan nyampenya ga satu 1 hari itu jg, ngitungnya gmana itu? cm akal2an meres pajak doank kayanya
Reply to temonoid's post
Quote:


Disuruh ngurangin borong zamzam
Makanya koleksi rupiah lain riyal
emoticon-thumbsup
image-url-apps
imfortir terfukulemoticon-DP
image-url-apps
Quote:


Quote:


emoticon-Mewek

emoticon-Ngakak
Quote:


Iya, ini paling akal2an petugas pajak korup dengan dalih bahwa bnyak importir nakal yg memakai bnyak dokumen untuk menghindari batas bebas bea cukai (Padahal ane yakin bnyk juga petugas pajak yg ikut membantu mereka, cem si gayus)

Jadi tujuan mereka untuk memeras warga sipil non pengusaha dan juga memeras pengusaha importir dengan aturan baru yg makin ribet. Just like killing two birds with one stone emoticon-Tai
75 usd termasuk ongkirnya bukan nilai barangnya doang.

Bea cukai mah nakal-nakal orangnya.
Quote:


Exactly
Reply to temonoid's post
image-url-apps
Quote:

Terus pilih sebelah ?
Pilihan sebelah lgs berubah ?

Quote:


Ya maklum bos, rupiah udah tolol gini.

Keluar deh kebijakan2 yg sebenernya kl dipikir2 emng logis sih.

Tapi

mampus rakyatnya.

Toh klo diliat2 ini rupiah emng tolol aja, liat aja 2018 YTD, jgnkan sama USD, sama THB ato MYR aja udah naek 10% (bahkan lebih) padahal sama2 negara third world.

Masi aja ngeles perang dagang.

Emang dasar dagelan aja.

Seumur2 baru pertama kali ada presiden dikatain "gak tau apa2 sama menterinya sendiri" emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga

http://www2.jawapos.com/baca/artikel/19628/Ini-Transkrip-Pernyataan-Seorang-Menteri-Yang-Menghina-Jokowi
image-url-apps
Importir terpukul

Pedagan retail tertindas

Pembeli teraniyaya

Reply to fghjjhgf's post
image-url-apps
Quote:


Jadi ente tetep mau pilih yg terbukti gagal? Pilih sebelah masih ada kemungkinan perubahan loh. emoticon-Smilie
Reply to temonoid's post
image-url-apps
Quote:


Coba gan promosiin junjungan agan prestasi n program nya kedepan apaan kali aja ntar banyak yg milih emoticon-Busa
Quote:


Nilai mata uang rupiah cuman unggul diatas vietnam dong, dollar zimbabwe dan venezuela. Ane mau nukar rupiah di singapura saja selalu ditolak kok. Gini mau ngaku perang dagang? Trump dan xi jinping ngentut bersama aja sudah bisa bikin mata uang rupiah ambruk ke 50ribu, jadi jangan sok2an lah indonesia emoticon-Leh Uga

Karena batas tempo utang makin sempit, sedangkan pns2 pajak korup kitak perlu beri makan istri pertama sampai kesepuluh mereka, maka mereka kembali memeras pengusaha impor lagi, seperti yg sudah2 dengan dalih nasionalisme. Kalau tidak mau, maka dianggap makar emoticon-Leh Uga

image-url-apps
Tinggal bayar orang custom
×