alexa-tracking

Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA.

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9bc4c662088173778b457b/seller-dirugikan-tokopedia-karena-kesalahan-tim-resolusi-tokopedia
Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA.
Dengan surat terbuka ini kami menyampaikan kekecewaan kepada TOKOPEDIA.
Kami sebagai penjual, merasa sangat kecewa dengan kinerja tim resolusi dari TOKOPEDIA dalam menyelesaikan resolusi.
Sebagai market place yang katanya terbesar di indonesia, tapi memilki tim pusat resolusi yg menurut kami tidak mencerminkan itu. Kami sebagai customer tokopedia merasa dirugikan secara materiil oleh TOKOPEDIA.

Berawal dari transaksi dng nomor invoice : 

INV/20180827/XVIII/VIII/195753777 an Andika Judianto dengan tanggal transaksi 28 Agustus 2018.


[spoiler=Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA.][/spoiler]

Disini kami sudah mengirimkan produk sesuai dengan apa yang ada di deskripsi produk kami yaitu warna putih. Akan tetapi pembeli melakukan komplain karena perbedaan warna putih tersebut. Dan alangkah terkejutnya kami yg dijadikan perbandingan oleh pembeli (dengan item yang sama yaitu handuk mandi 70x140) adalah transaksi pada tanggal 20 Januari 2018. Dengan nomor invoice INV/20180120/XVIII/I/130018173  :

[spoiler=Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA.][/spoiler]

Berikut komplain yang masuk ke pusat resolusi Tokopedia per tanggal 28 Agustus 2018 :

[spoiler=Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA. Berikut komplain yang masuk ke pusat resolusi Tokopedia per tanggal 28 Agustus 2018 : 

[spoiler=Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA. Berikut komplain yang masuk ke pusat resolusi Tokopedia per tanggal 28 Agustus 2018 : Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA. Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA. Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA. Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA. Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA. Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA. Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA. Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA. Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA. Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA. Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA. Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA. Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA. Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA.][/spoiler]

Yang kami tangkap disini pihak tim resolusi dari Tokopedia melakukan kesalah penilaian warna putih, tidak bisa membedakan antara kiri dan kanan atau tim resolusi tersebut memiliki penyakit buta warna sehingga tidak dapat membedakan warna mana yang lebih cerah dan warna mana yang lebih gelap.

[spoiler=Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA. Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA. Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA.][/spoiler]

Tim resolusi Tokopedia menilai : handuk yang kami kirimkan berwarna lebih kusam katanya. Padahal faktanya adalah handuk yang kami kirimkan lebih cerah. (BISA DILIHAT PADA LAMPIRAN GAMBAR).

Padahal fakta sebenarnya sudah jelas jika dilihat dari gambar warna putih yang kami kirimkan adalah yang lebih cerah yaitu yang sebelah kanan (di situ sudah jelas dari keterangan pembeli).

Dan pihak tim resolusi Tokopedia berpendapat kami tidak mengirimkan warna sesuai dengan deskripsi produk. Sudah sangat jelas kami mengirimkan handuk tersebut  adalah warna putih (DAN LEBIH CERAH). Kami tidak mengirimkan warna biru, Warna Hijau, Atau warna coklat kan? Kami sudah mengirimkan produk sesuai dengan deskripsi yaitu warna putih.

Alangkah kecewa nya kami dengan keputusan tim resolusi tokopedia yang memutuskan untuk return barang. Keputusan tersebut dibuat pada tanggal 2 september 2018 yang jatuh pada hari minggu (HARI LIBUR) dimana tentu saja kami tidak dapat merespon pada hari minggu.

Yang luar biasanya lagi, handuk yang dibandingkan oleh pembeli adalah handuk yang sudah digunakan (handuk untuk transaksi 20 Januari 2018).


Dengan pertimbangan tersebut kami merasa pembeli mengada” perihal perbedaan warna serta jikalaupun terdapat perbedaan warna putih tersebut adalah hal yang sangat wajar dimana pembelian dilakukan dengan jarak 7 bulan.

Dana kami dan transaksi kami dibatalkan sedangkan posisi barang kami masi ada di penjual. Dan dana dikembalikan ke pihak pembeli. Kami merasa Tokopedia dengan tanpa ketidak hati hatian memberikan keputusan yang merugikan kami sebagai penjual di Tokopedia. Dan keputusan penerusan dana dilakukan pada hari minggu 2 september 2018 dimana hari minggu adalah hari libur.

Lalu kami melaporkan masalah ini melalui twitter Tokopedia. Dimana kami merasa diperlakukan tidak adil karena kesalahan tim resolusi tersebut. Kami melakukan komplain via twitter Tokopedia per tanggal 3 September 2018.

Awalnya kami berharap keadilan dari tim Tokopedia, tetapi alangkah kecewa nya terhadap keputusan Tokopedia via twitter.

[spoiler=Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA. Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA. Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA. Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA. Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA.][/spoiler]

Sebagai catatan pihak tokopedia sempat menghubungi saya via telefon. Dan disitu sudah kami jelaskan duduk permasalahan nya, dan diakui memang terdapat kesalahan penilaian dari tim resolusi tokopedia. Akhir nya kami mengalah dan memberikan kebijakan return dengan syarat “ongkos pengiriman awal dan ongkos kirim kembali ditanggung oleh pembeli”. Kami tidak mau dirugikan sepeserpun, karena kami sebagai seller tokopedia sudah mengirimkan barang sesuai deskripsi produk yaitu warna putih.

Akan tetapi disini pihak tokopedia secara sepihak lagi memutuskan, barang di return tanpa ada pengembalian ongkos kirim awal dikarenakan pembeli melakukan pembelian dengan promo free ongkir. Dan pembeli keberatan. LUAR BIASA!!!!padahal pada percakapan via telfon sudah kami jelaskan jika kami berkeberatan jika menanggung ongkos kirim awal.

Bukan soal nominal ongkos kirim awal sebesar 20ribu yang kami permasalahkan, akan tetapi keadilan dari tokopedia karena kesalahan tim resolusi anda pada awalnya dan kami rasa pihak tokopedia tidak bertanggung jawab akan hal ini. Menerima alasan dari pembeli tanpa melihat fakta yang sebenarnya.Ini malah membebankan kepada kami sebagai penjual dan merugikan kami pada ongkos kirim awal.

Lalu luar biasanya lagi tiba tiba kami diberikan deadline waktu sampai dengan tanggal 15 september pada pukul 9 pagi jika tidak memberikan alamat return maka akan dianggap selesai.

[spoiler=Seller dirugikan TOKOPEDIA, karena kesalahan TIM RESOLUSI TOKOPEDIA.][/spoiler]

Kami disini merasa hak kami sebagai konsumen tokopedia dirugikan oleh pihak tokopedia tanpa melihat sudut pandang kami sebagai penjual. Kami sebagai konsumen pun memiliki hak yang dilindungi oleh undang undang perlindungan konsumen loh.

Dengan surat terbuka ini. Mohon tanggapan dari tokopedia perihal surat terbuka yang kami buat. Kami tunggu untuk itikad baik dari tokopedia untuk menyelesaikan permasalahan ini dengan baik. Tim anda dapat menghubungi kami di nomor 081221682168. Terima kasih


kyknya daripada tokped ato bukalapak, orang2 pada lari ke jd.id deh, maap ya ke seller, kyknya dah banyak yg kesel diruggiin ama tokped, sy jg dah males jualan di tokped, jualan offline aja jadinya , trus kalo mau belanja sy beli di jd.id , kecuali pas ada Big Sale di tokped ya pakai promo2nya. Bye bye rekber rekberan
image-url-apps
Yaelah... anduk sm keset warnanya harus sama2 putih banget gitu??
TS yg sabar aja...

Atas ane iklan.. emoticon-Leh Uga
KASKUS Ads
Spoiler for "quote':




kata admin tokped foto dilapak memang berbeda..
next time mungkin harus rajin2 diupdate gan, foto lapak diupdate dengan stok terbaru
image-url-apps


Quote:


Iya gan jelas berbeda, karena yg dijadikan perbandingan oleh pembeli yaitu handuk yg transaksi tanggal 20januari 2018 (sudah dipakai). Sedangkan transaksi yg di komplain pembeli tanggal 28 agustus 2018. Dan hebatnya lagi menurut admin tokopedia handuk yg saya kirim katanya lebi kusam. Klo menurut agan warna yg mana yg lebi kusam nih?
yang warna putih kategori grade a juga ya ?

mungkin buyer anggap beli di link produk yang sama, judul yang sama, produk yang didatangkan juga harus sama.

palingan agan mesti update foto terbaru deh klo misalkan putih nya beda gradasi.
Reply to czutczut's post
image-url-apps
Quote:


Ya namanya belanja online gan pasti ada celah kekurangannya, kalo saya jadi agan, sejak awal bakal lgsg aja minta pengembalian barang drpd berlarut2, toh kita mesti ngerti orang tokped juga bukan orang yg ngerti barang, kalopun mau ngotot bukan soal di warnanya tapi soal solusi ongkirnya, jadiin pelajaran deh gan...
salah perbandingan tuh, harusnya bandingkan dengan foto produk di etalase ente pas ente jual. Sesuaikah? kalau gak sesuai ya berarti ente ada 'miss' pada representasi produk

karena itu juga, biasanya penjual cantumin: mungkin beda warna dikit karena efek kamera (atau seperti itulah). Yah, pembeli yang ga terlalu ambil pusing sih mungkin biasa aja, tapi kalau dapet pembeli yang ngotot musti sama persis emang agak susah sih.
Reply to czutczut's post
Quote:


jika foto etalase berbeda dengan barang yg dikirim ke buyer ,tentu saja oleh toped akan dinilai seller yg melakukan kesalahan
poin saya sih foto dilapak harus sering2 diupdate gan sesuai dengan kondisi dan bentuk barang yg terbaru
setuju, ini TS nya salah informasi sih....
yg dbandingkan barang yg dikiirimkan dngan foto etalase

ane sih kalo jd agan TS terima aja returnnya , ongkir d tanggung pembeli / bagi 2..... rugi dikit gpp, ane yakin pelayanan no 1 pasti kdpannya jadi barokah...
ane jg seller d tokped , paling ati2 dgn deskripsi produk & gambar
kalo brubah2 produknya (warna corak etc ) saya biasa tulis di deeskripsi produknya corak2 bisa berubah no complain, etc etc.....ga pernah ada masalah tuh.....

×