alexa-tracking

PDIP: Mahasiswa Demo Itu Biasa

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9baeb6a09a39245e8b4568/pdip-mahasiswa-demo-itu-biasa
PDIP: Mahasiswa Demo Itu Biasa
PDIP: Mahasiswa Demo Itu Biasa
Rabu, 12 September 2018 – 06:48 WIB

PDIP: Mahasiswa Demo Itu Biasa

jpnn.com, JAKARTA - Mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Islam Riau (UIR) menggelar aksi demontrasi karena kecewa dengan kepemimpinan Presiden Joko Widodo.


Mereka melakukan aksi di gedung DPRD Riau, di Pekanbaru, Senin (10/9). Politikus PDI Perjuangan Aria Bima mengatakan aksi demonstrasi mahasiswa adalah hal yang biasa.


 “Mahasiswa demo itu kan biasa. Dulu saya mahasiswa juga demo,” kata Aria di Rumah Cemara, Menteng, Jakarta, Selasa (11/9).


Aria mengatakan,  dulu mahasiswa berdemonstrasi karena sebagai agen perubahan yang memiliki kelebihan daya nalar.
Menurut dia, mahasiswa berpikir secara komprehensif dan tidak parsial, serta tak berpolitik partisan.  “Itu zaman saya mahasiswa dulu,” tegasnya.


Menurut dia, kalau sekarang mahasiswa melakukan demonstrasi juga tidak menjadi persoalan. Sepanjang yang menggerakkannya adalah nurani dan akal sehat.


Selain itu, kata dia, aksi yang dilakukan juga tidak sekadar reaktif, tapi juga memberikan paparan persoalan yang mendasar sampai tidak.


 “Kemudian mengambil suatu alternatif yang solutif. Itulah mahasiswa,” ungkap anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan, itu.

Aria mengingatkan, jangan sampai bertindak seperti menjadi saluran bertindaknya partai politik tertentu yang berpikir konfrontatif dan negatif, serta tidak mendidik buat  mahasiswa itu sendiri.
https://www.jpnn.com/news/pdip-mahas...demo-itu-biasa

Polisi Ancam Pidanakan Mahasiswa yang Anarkis saat Unjuk Rasa
Martahan Sohuturon, CNN Indonesia | Jumat, 14/09/2018 05:20 WIB
 
PDIP: Mahasiswa Demo Itu Biasa
Unjuk rasa terhadap rezim Jokowi oleh mahasiswa di Riau. (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

Jakarta, CNN Indonesia -- Polisi mengancam akan menyeret mahasiswa yang bertindak anarkis saat melakukan aksi unjuk rasa mengkritik pemerintahan Joko Widodo.

Ancaman itu disampaikan merespon aksi unjuk rasa sejumlah mahasiswa di sejumlah wilayah yang berakhir anarkis dalam sepekan terakhir seperti aksi Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) cabang Jember, Jawa Timur, dan mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR).

Dalam tiga aksi unjuk rasa itu, mahasiswa melakukan aksi pembakaran berupa ban hingga pocong.

"Ya bisa kami jerat pidana," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada wartawan usai menghadiri sebuah acara diskusi di salah satu hotel di kawasan Jakarta Selatan pada Kamis (13/9).

Lihat juga:  BEM UGM: Kritik Mahasiswa Riau ke Jokowi Bukan Dosa Besar

Dia menerangkan pihak kepolisian mengizinkan masyarakat untuk menyampaikan pendapatnya di maka umum sebagaimana telah diatur dalam undang-undang.

Namun Dedi menegaskan pelaksanaan penyampaian pendapat tersebut harus tetap mematuhi aturan seperti menghormati hak asasi manusia (HAM), menghargai etika moral, menjaga persatuan dan kesatuan, serta tidak mengganggu ketertiban umum. 

"Kami sudah menegaskan bahwa apabila menyampaikan pendapat di ruang publik harus memenuhi kriteria-kriteria itu," tuturnya.

Lihat juga:  KAMMI Tantang Aria Bima Debat Persoalan Rezim Jokowi

Aksi unjuk rasa sejumlah elemen mahasiswa yang berlangsung di sejumlah wilayah dalam merespon pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat dalam sepekan terakhir berakhir ricuh.

Bahkan, aksi yang dilakukan oleh ribuan mahasiswa UIR pada Senin (10/9) silam berakhir dengan aksi menduduki Ruang Sidang Paripurna DPRD Riau.

Jelang membubarkan diri, ribuan mahasiswa itu juga melakukan pembakaran pocong yang sebelumya telah dibawa saat berdemo dan berorasi di dalam ruang sidang paripurna.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...aat-unjuk-rasa

--------------------------

Ati-ati kalo ngomong, mas Bima!

emoticon-Wkwkwk
image-url-apps
Quote:
image-url-apps
buku putih mana buku putihemoticon-Ngamuk
×